Custom Search

2018-12-02

MENGINTIP KEMERIAHAN PROBOLINGGO TEMPO DOELOE DALAM MENYAMBUT MAULID NABI 1440 H

Apa kemeriahan maulid nabi di kotamu? Kalau di kota Probolinggo, maulid nabi dirayakan dengan pengenalan sejarah kota Probolinggo. Pengenalan ini dikemas dalam acara pasar rakyat kota Probolinggo Tempo Doeloe. Acara diadakan di Alun-alun kota Probolinggo selama satu minggu dari tanggal 28 November hingga 2 Desember 2018. Tidak hanya pasar rakyat lho, Probolinggo Tempo Doeloe juga dimeriahkan dengan Gunungan Mangga, kuliner lawas, ludruk, lomba hadrah, permainan anak tradisional, kolektor jaman biyen, semalam di museum Probolinggo hingga final keroncong antar pelajar di malam puncak.

probolinggo tempo doeloe

123456789101112131415

2018-11-25

MEDIA SOSIAL MENYEBABKAN DEPRESI BAGI REMAJA, FAKTA ATAU HOAX?

Kemarin saat membuka akun twitter, saya menjumpai tweet berupa pertanyaan 

pernah berpikir untuk uninstall instagram karena depresi?”

Reply tweet ini mencapai 300-an. Awalnya saya berpikir mayoritas reply mengatakan tidak. Ternyata salah. Hanya 12 komentar yang mengatakan tidak dari 50 reply teratas yang saya baca, sedangkan 31 komentar lainnya mengatakan pernah uninstall instagram dan berbagai media sosial lain karena merasa depresi. Jadi, media sosial bisa menyebabkan depresi bagi remaja merupakan fakta atau hoax?  

media sosial menyebabkan depresi
Sumber : familyandmedia.eu
123456789101112131415

2018-11-14

MENCEGAH PENCULIKAN ANAK DENGAN MENANAMKAN PERLINDUNGAN DIRI

Apakah berita penculikan anak sering mampir di media sosial kita?

penculikan anak
Sumber : dailytimes.com.pk

Penculikan anak bukanlah isu baru di dunia kriminal. Beberapa berita terkadang hanya berupa hoax, namun ada pula berita yang memang benar-benar terjadi. Seperti data Komnas yang menyatakan terjadi peningkatan kasus penculikan anak setiap tahunnya dari 2014 hingga 2017 (liputan6.com/250317). 
123456789101112131415

2018-11-01

DENGAN ECOPRINT, MEMBUAT SAPU TANGAN YANG INDAH JADI MUDAH

Sehari menjelang hari sumpah pemuda, para seniman yang tergabung dalam kegiatan Bromo Health & Art Camp 2018 menggelar kelas seni di SMA Negeri 1 Sukapura. Kelas seni yang diperuntukkan bagi siswa dan masyarakat sekitar Probolinggo ini meliputi kelas menggambar sketsa sederhana, melukis dengan cat air, melukis caping, membuat lampion karakter, print maker, membuat batik dengan lilin dingin, melukis jilbab, dan ecoprint. Berbekal informasi yang didapat dari google, saya memilih mengikuti kelas ecoprint. Hasilnya? Menyenangkan sebab dengan ecoprint, membuat sapu tangan yang indah jadi mudah. Penasaran gak nih? Hehehe.


ecoprint
123456789101112131415

2018-10-16

BAGAIMANA UN 2019 UNTUK SMA?

"Penilaian bermutu kunci pendidikan bermutu" - by Slide Evaluasi UNBK

UN 2019 sma

Bagaimana UN tahun 2019 untuk SMA? Eits, jangan protes lho karena baru duduk selama 3 bulan di kelas XII. Hehehe. Terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional alias UN tahun 2019, beberapa hari yang lalu diadakan rapat koordinasi sekaligus evaluasi pelaksanaan UNBK di Jakarta. Ada beberapa catatan penting yang tentunya bermanfaat bagi kaum pelajar kelas XII maupun guru atau pihak sekolah dalam mempersiapkan ajang tahunan tersebut.

123456789101112131415

2018-10-10

FESTIVAL KOPI 2018 KABUPATEN PROBOLINGGO

Tanggal 6 dan 7 Oktober 2018 yang lalu, pemerintah Kabupaten Probolinggo bersama HIPMI mengadakan acara Festival Kopi 2018. Festival diadakan di alun-alun Kraksaan dari jam 14.00 hingga jam 22.00 WIB. Saya sebenarnya bukan penikmat kopi, tetapi karena setiap hari membaca info festival tersebut membuat saya penasaran untuk datang. Siapa tahu bisa dapat kopi gratis, lumayan kan? hehehe.

Gerbang barat di sulap menjadi semacam terowongan

123456789101112131415

2018-10-06

TIPE-TIPE PELAMAR CPNS 2018

Masih berbicara tentang CPNS 2018. Mengapa? karena lingkungan di sekitar saya sedang sibuk dengan kegiatan yang bernama pendaftaran CPNS 2018. Nah, berdasarkan pengamatan terhadap para pelamar ternyata pelamar CPNS 2018 dapat dikelompokkan menjadi beberapa tipe. Tipe pelamar CPNS 2018 ini murni menurut pandangan dan pengamatan seorang falkhi, jadi boleh saja tidak setuju dengan apa yang saya tulis. Hehehe.

Sumber : sscn.bkn.go.id
 
123456789101112131415

2018-09-29

TIPS SUKSES MEMILIH FORMASI CPNS 2018

Portal CPNS 2018 telah dibuka. Kabar gembira bagi teman-teman yang berniat untuk menjadi abdi negara atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Apalagi untuk tahun 2018 ini ada sekitar 238.015 formasi yang dibutuhkan. Baik formasi pemerintah pusat maupun daerah yang terdiri atas pemerintah provinsi dan kota/kabupaten. Tidak hanya dari formasi, input pendaftar pun beragam, dari pendaftar umum, disabilitas fisik, atlet, putra/putri papua, diaspora, eks honorer, hingga lulusan dengan predikat cumlaude. Nah, banyaknya formasi ini terkadang bikin galau. Mana yang akan dipilih dan mana yang akan diabaikan. Lalu, bagaimana tips sukses memilih formasi CPNS 2018 agar nantinya bisa menjadi ASN?




123456789101112131415

2018-09-16

MENGHILANGKAN STRESS DENGAN MENGACAK ILUSI

Bagi saya, stress adalah tekanan mental yang menyerang pikiran manusia. Tekanan yang kemudian menyebabkan ilusi dan imajinasi terkait suatu peristiwa yang mungkin bahkan tidak akan terjadi. Ketakutan, keresahan, dan kekhawatiran kemudian berlanjut pada runtuhnya kekuatan mental. Serangan itulah yang kemudian diberi nama stress alias depresi. Menghilangkan atau mengobatinya? Tentu dengan serangan yang setimpal, yakni penciptaan ilusi untuk mengacak ilusi yang sebelumnya membuat depresi. Itu menurut saya, hehehe.

Sumber : iconfinder.com
123456789101112131415

2018-09-08

KEMERIAHAN KARO, HARI RAYA ADAT SUKU TENGGER

Suku Tengger merupakan masyarakat yang tinggal di kawasan pegunungan Bromo. Menurut sejarah, suku Tengger adalah keturunan dari para pengungsi kerajaan Majapahit yang melarikan diri karena adanya ekspansi dari kerajaan Islam. Melarikan diri dan terisolasi di daerah pegunungan membuat budaya masyarakat Tengger berbeda dari wilayah sekitarnya. Seperti bahasa, kalender, dan aneka ragam tradisi adat yang masih dipegang teguh oleh keturunan suku Tengger hingga saat ini.   



123456789101112131415

2018-09-01

MENGAPA PEREMPUAN LEBIH SERING BAPER?

Tahu BAPER kan? Itu lho singkatan dari kalimat "Bawa-Perasaan". Kondisi saat terlalu berlebihan melibatkan perasaan dalam menanggapi suatu keadaan. Akibatnya kita lebih mudah sedih, mudah menangis, mudah marah, dan lain sebagainya. Padahal keadaan yang dihadapi termasuk sepele. Misal melihat adegan menangis di televisi, membaca adegan perpisahan di novel, atau mungkin melihat kucing yang sedang duduk sendirian. Sederhana kan? Tapi bisa bikin kita mewek dan menangis berhari-hari. Duh, yang lagi baper. Hehehe.


Sumber : pluspng.com
123456789101112131415

2018-08-23

IKAN ASAP PROBOLINGGO, KULINER KHAS JALUR PANTURA

Tahukah kamu? seluruh wilayah Probolinggo berbatasan dengan selat Madura di bagian utara. Oleh sebab itu, jalur transportasi bagian utara Probolinggo melewati daerah pesisir pantai. Namanya daerah pesisir pasti dihuni oleh mayoritas masyarakat nelayan. Nah, beberapa nelayan di daerah pesisir Probolinggo rupanya kreatif dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Mereka menjual ikan hasil tangkapannya tidak dalam bentuk mentah melainkan dalam kondisi yang sudah siap makan. Ikan-ikan tersebut mereka masak dengan cara diasap di atas kayu sehingga diberi nama ikan asap. Banyaknya penjual ikan asap membuat ikan asap Probolinggo menjadi kuliner khas di sepanjang jalur pantura Surabaya-Banyuwangi.

 
123456789101112131415

2018-08-17

APAKAH KARNAVAL DALAM MERAYAKAN KEMERDEKAAN ITU PENTING?


Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga selalu damai, sentosa dan akan selalu ada buat rakyatnya. Merdeka!

Tulisan ini berawal dari kemacetan yang saya alami kemarin. Sekitar setengah jam, saya terjebak macet dan berada di tengah-tengah anak-anak serta ibu-ibu yang berteriak dan menyanyi seraya mengacungkan bendera. Tanpa henti. Hingga tiba di sebuah pendopo bernama kantor kecamatan. Nah, sudah paham sumber kemacetan yang saya alami? Ayo tebak. Hehehe.



123456789101112131415

2018-08-11

INILAH 5 OLEH-OLEH KHAS PROBOLINGGO

Probolinggo dikenal sebagai kota Mangga dan Anggur. Kedua buah tersebut sukses menjadi oleh-oleh khas Probolinggo selama ini. Sayangnya, buah mangga dan anggur tidak tersedia setiap waktu. Mangga dan anggur hanya tersedia jika musim panen tiba dan terjadi sekali dalam setahun. Lalu bagaimana jika kita berkunjung ke Probolinggo saat bukan musim mangga dan anggur? Gak jadi bawa oleh-oleh dong. Eits, tenang dulu, jangan kecewa. Sekarang ada 5 oleh-oleh khas Probolinggo yang tidak bergantung pada musim.


Oleh-oleh khas Probolinggo ini berbentuk minuman, camilan, hingga lauk untuk teman makan. Berbeda dengan buah mangga dan anggur yang mudah busuk, kelima oleh-oleh ini bisa tahan lama. Bahkan berbulan-bulan. Jadi, gak perlu khawatir lagi jika berkunjung ke Probolinggo di luar musim mangga dan anggur. Sebab masih ada 5 oleh-oleh yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Probolinggo.

123456789101112131415

2018-08-02

CERITA GARUDA WISNU KENCANA DALAM PERTUNJUKAN TARI KECAK


Pernah mendengar GWK alias Garuda Wisnu Kencana? Itu lho patung raksasa Dewa Wisnu dan tunggangannya yang menjadi maskot pulau Bali. Nah, bulan lalu saya berkunjung ke GWK dan memiliki kesempatan untuk menonton pertunjukan tari Kecak di Amphitheatre. Pertujukan tari Kecak yang ditampilkan berjudul cerita Garuda Wisnu Kencana. Oh ya, katanya nih cerita Garuda Wisnu Kencana ini menginspirasi digunakannya burung Garuda sebagai lambang negara Indonesia. Wow, keren!     

Tari kecak Garuda Wisnu Kencana


123456789101112131415

2018-07-26

GAGAL MENDAPATKAN PENGHASILAN DARI ADSENSE?

Gagal mendapatkan penghasilan dari adsense? Sama. kita senasib. Jadi, kalau ada yang baca post ini karena ingin mengetahui cara agar bisa mendapatkan keuntungan dari adsense, anda salah tujuan. Buruan deh tutup blog ini dan pilih blog lain. Sebab, saya juga tidak tahu bagaimana cara agar tidak gagal di adsense, hehehe.



Tulisan ini saya buat karena mendapatkan pertanyaan dari seorang teman, berapa banyak target volume keyword yang dibidik dalam sebulan?

Nah lho, jangankan membidik volume keyword untuk adsense, mencapai target bisa post tulisan di blog dalam sebulan saja sudah merupakan prestasi bagi saya. Hahaha.
123456789101112131415

2018-07-08

PARASAILING TANJUNG BENOA, UJI NYALI YANG SESUNGGUHNYA

Bali adalah salah satu destinasi wisata favorit saat hari libur tiba. Keindahan alam yang bersanding dengan keelokan budaya di pelaminan wisata seakan menghipnotis wisatawan untuk lagi dan lagi berkunjung ke Bali. Tak heran jika TripAdvisor mengukuhkan Bali sebagai destinasi terbaik dari 25 destinasi terbaik di seluruh dunia untuk penghargaan Travellers Choice kategori destinasi wisata terbaik tahun 2017. Prok, prok, prok! 

Apa yang kamu rasakan saat berada di atas?

Bali memiliki aneka ragam wisata menarik yang dapat dikunjungi, antara lain pantai, danau, air terjun, pura, desa wisata, hingga pusat belanja khas Bali. Saya sendiri lebih sering berkunjung ke pantai saat berkunjung ke Bali. Salah satu wisata pantai favorit ala falkhi adalah Tanjung Benoa. Alasannya karena saya bisa melihat hewan yang unyu-unyu, hehehe. Selain penyu, Tanjung Benoa juga menarik karena penuh dengan ragam aktivitas permainan air. Salah satunya adalah Parasailing, permainan yang bertujuan untuk menikmati keindahan wilayah pantai Tanjung Benoa dari ketinggian dengan menaiki parasut yang ditarik oleh speed boat. 

123456789101112131415

2018-06-23

APA ASYIKNYA NAIK FERRY?

Pernah naik kapal Ferry, bagaimana rasanya? Pasti asyik dong. Hehehe. Saya sendiri beberapa kali naik Ferry tetapi ukuran kecil. Sebab saya hanya berpengalaman menyeberang laut via Ujung-Kamal atau Ketapang-Gilimanuk. Penyeberangan itu biasanya memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Sangat dekat bila dibandingkan dengan penyeberangan jarak jauh yang menghabiskan waktu berhari-hari di atas permukaan laut.  

Ferry jalur Ketapang-Gilimanuk


Lalu, apa asyiknya naik Ferry?


123456789101112131415

2018-06-16

UCAPAN IDULFITRI UNTUK MAMA

Selamat Hari Raya Idulfitri 1439 H, mohon maaf lahir dan batin.
Tanpa terasa idulfitri telah sampai pada hari ketiga. Ini pertama kalinya, saya dan mama merayakan hari raya idulfitri tanpa papa. Sejak kepergian papa yang mendadak sembilan bulan lalu, kami hanya tinggal berdua. Sebab, adik kecil kami juga sudah tenang di alam sana sejak beberapa tahun yang lalu. Jadi, tahun ini saya hanya bisa memberikan ucapan idulfitri untuk mama. Eit, jangan berpikir saya membacakan tulisan di bawah ini di depan mama. Oh, no! bisa-bisa saya tidak akan pernah selesai membacanya karena pasti akan ada paduan suara tangisan, hehehe. Mohon maaf juga karena edisi tulisannya berbasis curhat, hihihi.

123456789101112131415

2018-06-10

PERCAKAPAN KURIR DAN PELANGGAN YANG BISA MEMBATALKAN PUASA

Maraknya bisnis online membuat jasa pengiriman semakin populer. Apalagi saat ini jasa pengiriman tidak terbatas pada POS yang merupakan jasa pengiriman milik pemerintah. Ada banyak jasa pengiriman swasta yang menjadi favorit para konsumen, sebut saja JNE, Tiki, Wahana, J&T, Pandu, dan lain sebagainya.
 
Sumber : dreamstime.com

Bagaimana pengalaman dengan kurir setiap jasa pengiriman. Pastinya berbeda-beda. Ada yang ramah, acuh, jutek, hingga tak berwajah. Saya katakan tak berwajah karena tidak tahu siapa kurirnya, sebab paket diletakkan begitu saja di depan rumah. Hehehe.

123456789101112131415

2018-05-25

TEMPAT IKONIK YANG WAJIB DIKUNJUNGI SAAT LIBURAN KE AMERIKA

Apa kabar rencana liburan? Kalau saya sih, sudah banyak rencana. Maklum, hanya hari libur yang bisa memuaskan saya untuk berjalan-jalan. Hehehe. Nah, beberapa waktu lalu seorang teman yang sedang mengadakan kunjungan belajar ke benua Amerika memposting foto-fotonya di Niagara. Duh, saya kan jadi ­mupeng, tapi kapan? Yah, daripada nangis di pojokan lebih baik saya agendakan dulu tempat ikonik yang wajib dikunjungi jika suatu saat saya berkesempatan liburan ke Amerika. Siapa tahu mimpi tulisan ini bisa terwujud. Termasuk salah satunya selfie di depan badan pesawat American Airlines, maskapai andalan untuk ke berangkat ke Amerika. Aamiin.  
  
Yuk, berlibur ke Amerika



123456789101112131415

2018-05-18

TIPS WISATA KE GUNUNG BROMO BAGI PENGUNJUNG PEMULA

Libur panjang segera tiba, eh ini khusus anak sekolah ding. Hehehe. Bagi yang tidak bersekolah, liburan hanya sebatas selama perayaan Idul Fitri. Apakah sudah punya rencana selama liburan selain mudik ke kampung halaman? Jika belum, boleh lah main ke tempat wisata Gunung Bromo yang menjadi maskot kota saya. Wisata yang tak lekang oleh waktu dan selalu menjadi magnet bagi para wisatawan selama liburan. Dampaknya, selama hari libur biasanya kawasan wisata Gunung Bromo akan penuh oleh pengunjung. Nah, berikut ini adalah tips bagi pengunjung pemula gunung Bromo agar bisa menikmati keindahan gunung Bromo. Bahkan pada saat kondisi ramai wisatawan. Sebab, wisatawan Bromo bisa mencapai angka belasan ribu saat musim libur. Tanpa persiapan kunjungan yang matang, keindahan Bromo bisa-bisa terlewatkan lho. Apalagi ada wacana untuk membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bromo.

View Bromo dari Tanjakan Cinta
Berikut ini tips yang harus diperhatikan ketika akan berkunjung ke gunung Bromo untuk pengunjung pemula alias bagi yang bagi yang baru pertama kali ke gunung Bromo.
123456789101112131415

2018-04-30

BINGUNG MENCARI HADIAH PERNIKAHAN YANG UNIK? COBA CEK ANEKA PRODUK HANDMADE INI

Ramadhan belum juga dilalui, tetapi saya sudah memikirkan hari-hari setelah perayaan Idul Fitri hingga perayaan Idul Adha berakhir. Mengapa? Karena hari-hari tersebut dikatakan orang sebagai adalah hari kondangan.  Kok bisa? Coba saja hitung berapa banyak undangan yang didapatkan dalam rentang waktu tersebut. Bahkan saya pernah mendapat tiga undangan pernikahan dalam satu tanggal yang sama. Hyaaa.. laris banget ya sebagai pengunjung pernikahan, hahaha.  

Kalau mendapat undangan cantik seperti ini, apa yang kamu pikirkan? (Sumber: alibaba.com)

Salah satu hal yang memusingkan saat mendapat undangan adalah hadiah apa yang akan saya bawa. Sebelumnya, barang favorit yang sering saya gunakan sebagai hadiah adalah peralatan rumah tangga atau alat elektronik. Setelah bertahun-tahun saya merasa bosan dan ingin memberikan hadiah yang lebih spesial dan bermanfaat. Apalagi jika sang pengantin adalah sahabat dekat. Rasanya memberikan alat rumah tangga atau alat elektronik tidak memiliki keunikan yang akan mengingatkan sang pengantin kepada saya. Hehehe.

123456789101112131415

2018-04-14

MEMASUKI ERA DIGITAL, SAYA BELAJAR MENJADI KONSUMEN CERDAS

 “Tahun 2000 kerja serba mesin
Berjalan berlari menggunakan mesin
Manusia tidur berkawan mesin
Makan dan minum dilayani mesin
(sungguh mengagumkan tahun 2000, namun demikian penuh tantangan)”
Tempat belanja era digital (sumber : www.123RF.com)
 
Ada yang tahu lirik lagu di atas? Lirik tersebut merupakan petikan dari lagu Qasidah berjudul tahun 2000. Lagu populer yang dinyanyikan oleh Nasida Ria pada tahun 90-an. Saat itu, saya  masih anak-anak dan berpikir mesin adalah robot berjalan seperti para pahlawan dan monster dalam film animasi. Sebut saja Ultraman, Satria Baja Hitam, atau Power Rangers. Hiii, takut kan kalau harus tidur dengan makhluk-makhluk tersebut. Jadi, saya simpulkan tidak mungkin lirik lagu Tahun 2000 menjadi kenyataan.  

123456789101112131415

2018-04-13

KETIKA NASKAH “ASYIKNYA MENGAJAR FISIKA” MENJELMA MENJADI BUKU

“Impian adalah rumah dalam satu babak kehidupan”
Setiap orang memiliki mimpi yang ingin dicapai. Begitu pun dengan saya. Salah satu mimpi saya adalah mampu menulis naskah dan mewujudkannya menjadi sebuah buku. Sekarang mimpi ini tercapai. Naskah “Asyiknya Mengajar Fisika” sudah menjelma menjadi sebuah buku. Alhamdulillah, horeee! Hehehe.


Sepuluh tahun lalu, saya menuliskan mimpi untuk memiliki sebuah buku solo kategori non fiksi. Saat itu, saya masih baru belajar menulis. Jangankan menulis buku, menulis artikel dua halaman saja sudah membuat kepala berbintang-bintang. Tapi saya terlalu percaya diri saat itu. Tanpa ragu menulis “menerbitkan buku non fiksi” pada lembar mimpi di agenda pribadi.

123456789101112131415

2018-03-26

MENCARI WEB HOSTING MURAH TAPI HANDAL

Berapa usia blogmu? Kalau usia blog Falkhi sudah mencapai angka 11. Eits, jangan kagum dulu. Walaupun usia Falkhi sudah 11 tetapi pengetahuan saya masih nol tentang seluk beluk blog. Saya tahunya hanya menulis. Itu pun angin-anginan, kadang bisa mengalir dengan sepoi kadang bertiup kencang seperti tornado. Kalau sedang angin sepoi, bisa lama banget updatenya. Tetapi, kalau sedang tornado bisa update berkali-kali dalam sebulan. Sebulan lho bukan sehari, hahaha.    
 
Berbicara tentang blog, saat ini banyak blog yang saya kunjungi sudah berubah nama dari yang awalnya blogspot atau wordpress menjadi .com, .net, .id, dan lain sebagainya. Awalnya sih saya cuek-cuek saja hingga suatu hari ada seorang teman yang bertanya. Berapa domain dan hosting untuk falkhi? Beli dimana? Apakah hostingnya handal? 

Sumber : hostcoupondeals.com

123456789101112131415

2018-03-23

TIPS MUDIK DENGAN BIAYA MURAH

Bulan Maret akan segera berakhir. Setelah itu April, Mei, dan Juni. Hayoo ada apa di bulan Juni? Hehehe. Tahun 2018 bulan Juni memiliki hari istimewa lho, yaitu hari raya Idul Fitri. Nah, hal unik yang dilakukan umat muslim Indonesia saat hari raya Idul Fitri adalah tradisi pulang kampung alias mudik. Agar bisa mudik ke kampung halaman, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Terutama masalah finansial. Gak lucu kan kalau kita kehabisan uang di tempat mudik dan akhirnya berhutang untuk bisa kembali pulang. Hahaha. Untuk itu, sebelum mudik kita harus benar-benar memperhitungkan masalah finansial. Termasuk mencari cara agar bisa mudik dengan biaya murah.


Persiapan kendaraan mudik dari kemenhub (sinarharapan.net)

Biasanya harga-harga selama hari raya Idul Fitri melonjak tajam, bagaimana bisa kita mudik dengan biaya murah? *Nah, lho... gimana coba.

123456789101112131415

2018-03-13

AIR TERJUN MENAWAN DI BETEK TAMAN, PROBOLINGGO

“Tak mudah ku lupakan
Tak mudah bercerai
Selalu ku rindukan
Desaku yang permai”
 
Desaku yang permai, segar ya?

Ada yang ingat petikan lirik lagu di atas? Ya, benar. Lirik di atas adalah penggalan dari lagu DESAKU YANG KU CINTA karya L. Manik. Sebagai orang yang lahir dan hidup di desa, lirik tersebut sangatlah bermakna. Apalagi jika desa tersebut tidak hanya permai namun juga memiliki keindahan. Seperti yang ada di desa Betek Taman, kecamatan Gading, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. 

123456789101112131415

2018-02-28

5 TEMPAT WISATA MENARIK YANG BISA DIKUNJUNGI JIKA MELEWATI PROBOLINGGO


Bagi yang suka mengunjungi Bali dari arah Surabaya melalui jalur darat tentu tahu dengan wilayah kabupaten/kota Probolinggo. Itu lho yang terkenal dengan buah mangga dan gunung Bromo. Biasanya para wisatawan berkunjung ke Probolinggo jika hendak ke Bromo saja, padahal ada banyak tempat wisata lain yang tak kalah asyik lho. Bahkan lokasinya cukup mudah dijangkau karena berada di sekitar jalan utama pantura. Cocok banget deh buat tempat persinggahan ketika sedang melakukan perjalanan Surabaya - Bali via darat.

Tertarik selfie di sini? mampir saja di pantai Bentar, Probolinggo


Berdasarkan kemudahan akses dan ciri khas wisatanya, terdapat 5 tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi jika sedang melewati wilayah Probolinggo. Apa saja kelima wisata tersebut? Silakan intip tulisan berikut ini.

123456789101112131415

2018-02-26

DOMNIS UN DAN USBN 2018 JAWA TIMUR UNTUK SMP/SMA

Yes! Pedoman Teknis (DOMNIS) UN/USBN SMP/SMA tahun 2018 untuk wilayah Jawa Timur sudah final. Seluruh sekolah penyelenggara ujian akhir tingkat SMP/SMA pun dapat bernafas lega. Sebab, persiapan untuk menggelar UN/USBN dapat bisa segera dilaksanakan. Walaupun hanya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, hehehe.

123456789101112131415

2018-02-11

KELULUSAN TAHUN 2018 UNTUK SMA LEBIH BERAT?

Kelulusan selalu menjadi ajang yang membuat hati harap-harap cemas. Utamanya untuk tingkat SMA sederajat. Sebab, ijazah hasil kelulusan menjadi syarat masuk di perguruan tinggi atau pun di dunia kerja. Lalu, bagaimana untuk syarat kelulusan SMA sederajat di tahun 2018? Sama dengan tahun 2017 atau malah memiliki beban yang berat?


123456789101112131415

2018-02-06

KETIKA HIDUP TERASA BERAT, SAYA BERTAHAN DENGAN CARA INI.


Perempuan, sendirian, hujan-hujanan di malam hari sambil mengendarai sepeda motor selama 2 jam. Demi apa coba nekat seperti itu? Demi pulang ke rumah. Hahaha. Setelah kehujanan selama 2 jam sambil mengendarai sepeda motor, akhirnya malam ini saya sukses tidak bisa tidur. Lelah? Pasti. Apalagi besok saya harus menempuh perjalanan yang sama dan bisa jadi hujan kembali turun. Hm, hidup yang berat itu semakin sedap dinikmati ya, hehehe.

Hidup terasa berat
Sumber : www.tobethode.com

123456789101112131415

2018-01-26

SELAMAT JALAN, PAPA

"I'll always remember the things you have taught me and how much you love me"- anonymous 



Minggu, 24 september 2017.

Pukul 05.00 WIB, saya bertemu papa di dapur. Ia duduk santai di meja makan. Saat melihat saya datang, papa meminta untuk dbuatkan segelas air hangat. Hm... Tumben, biasanya papa yang membuatkan air hangat. Saya merasa heran, tapi tidak sempat berpikir panjang. Hanya segera menyanggupi permintaannya. Setelah memberikan segelas air hangat, saya bergegas menuju kamar untuk bersiap-siap menghadiri walimatul ‘ursy adik sepupu.

123456789101112131415