Custom Search

2018-10-16

BAGAIMANA UN 2019 UNTUK SMA?

"Penilaian bermutu kunci pendidikan bermutu" - by Slide Evaluasi UNBK

UN 2019 sma

Bagaimana UN tahun 2019 untuk SMA? Eits, jangan protes lho karena baru duduk selama 3 bulan di kelas XII. Hehehe. Terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional alias UN tahun 2019, beberapa hari yang lalu diadakan rapat koordinasi sekaligus evaluasi pelaksanaan UNBK di Jakarta. Ada beberapa catatan penting yang tentunya bermanfaat bagi kaum pelajar kelas XII maupun guru atau pihak sekolah dalam mempersiapkan ajang tahunan tersebut.


Slide yang menjelaskan tentang kebijakan Ujian Nasional diawali dengan quote dari pak menteri dan pak mantan menteri.

"Pelaksanaan Ujian Nasional bukan hanya sebagai bentuk tanggungjawab konstitusional, tetapi juga tanggungjawab moral" - Anies Baswedan, 2015
 
"Ujian atau evaluasi bagi anak didik adalah bagian dari pendidikan. Maka hindarkan dan cegah semua upaya yang mengarah pada ketidakjujuran, karena itu jelas akan mengingkari hakekat pendidikan" - Muhadjir Effendy, 2017

Selanjutnya, ada penjelasan bahwa standar penilaian dalam pendidikan dilakukan oleh tiga komponen, yaitu guru, sekolah, dan pemerintah. Penilaian oleh guru dan sekolah adalah penilaian internal, sedangkan penilaian dari pemerintah adalah penilaian yang dilakukan oleh pihak eksternal sekolah. Katanya, perbedaan penilaian internal dan eksternal terletak pada apa yang diujikan.

Penilaian internal cenderung menguji apa yang sudah diajarkan.
Penilaian eksternal menguji apa yang mesti dikuasai oleh siswa.

Berdasarkan perbedaan tersebut maka dijelaskan bagaimana perjalanan UN sejak tahun 2005 hingga tahun 2019 seperti pada gambar.



UN 2019 sma


Jika melihat gambar artinya UN tetap dilaksanakan pada tahun 2019 dan kebijakan pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan kebijakan tahun 2018. Perbedaan hanya terletak pada jadwal UN dan proyeksi peserta UN.

Nah, sudah tidak penasaran kan dengan UN 2019 untuk SMA? Untuk lebih jelasnya boleh baca sendiri slide hasil koordinasi kebijakan UN tahun 2019. Selamat membaca.





Artikel Terkait
123456789101112131415