MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

SERUNYA BAZAR RAMADAN DI SMAN 1 SUKAPURA

SERUNYA BAZAR RAMADAN DI SMAN 1 SUKAPURA
Add Comments
2023-04-18

Halo, nama saya Nur Hidayati. Saya pelajar di SMAN 1 Sukapura. Saat ini saya terdaftar sebagai peserta Double Track Kecantikan Tata Rias Panggung. Saya senang sekali karena mendapat kesempatan untuk belajar menjadi seorang perias. Sebab saya nantinya dapat merias diri sendiri agar dapat tampil cantik dan memesona.

Menuliskan pengalaman saat mengikuti bazar ramadan



Awal April saya mendapatkan kabar gembira dari grup Double Track. Pembimbing kami mengumumkan akan diadakan bazar ramadan di sekolah untuk siswa Double Track. Namanya bazar ramadan pastinya membutuhkan tenda, kursi meja, dll. Kami sudah berpikir akan ada biaya untuk itu. Bagaimana ini? Keuangan sudah menipis karena selama bulan puasa kami tidak mendapat bekal uang dari orang tua. Setelah bertanya kepada pembimbing, ternyata semua perlengkapan bazar sudah disiapkan dari sekolah. Kami hanya diminta untuk menyiapkan produk barang/jasa yang akan dijual di bazar. Alhamdulillah… betapa senangnya saya mendengar informasi tersebut.


Bazar ramadan dilakukan selama 3 hari berturut-turut dengan menu produk yang berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan anggota Kelompok Usaha Sekolah (KUS). Kata pembimbing kami, bazar ramadan bertujuan untuk melatih kami menjadi seorang pengusaha. Selain itu untuk memberikan bekal kepada kami yang ingin langsung bekerja sebab sekolah kami tergolong sekolah yang alumninya mayoritas langsung bekerja. Hanya beberapa dari alumni yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Dalam hal seperti ini program Double Track sangat dibutuhkan di sekolah kami.


Hari pertama bazar dilaksanakan pada hari Senin tanggal 10 April 2023. Bazar ditempatkan di depan ruang UKS. Sejak pagi tim Double Track sudah menata tenda, meja, banner dan juga produk-produk yang akan dijual. Produk tersebut berasal dari KUS kecantikan dan tata boga yang ditugaskan mengisi bazar pada hari itu. Bazar juga dilengkapi dengan sound system sebagai sarana untuk menyampaikan informasi dan mengajak seluruh warga sekolah untuk datang membeli atau memakai jasa yang tersedia di bazar.


Tim Double Track kecantikan yang terjadwal hari senin menjual produk kecantikan seperti pensil alis, eyeliner, lipstik, dan lainnya. Mereka juga melayani jasa seperti pembuatan desain henna hingga rias wajah dengan harga yang terjangkau. Sedangkan tim Double Track tata boga mengeluarkan beraneka ragam produk makanan dan minuman yang dibuat sendiri seperti rempeyek, telur gabus, kue dan lainnya. Meskipun acara bazar berada di dalam sekolah, pengunjung bazar masih lumayan banyak. Pengunjung antusias membeli produk-produk tersebut bahkan tim kecantikan mendapat beberapa pesanan untuk merias. Maklum tampilan cantik dengan riasan yang tidak menor adalah idola semua siswi SMA.

Jasa rias laris manis

Hari kedua, suasana bazar sangat berbeda dengan hari pertama karena bazar ramadan dipindahkan ke depan sekolah. Tepatnya di depan gerbang selatan yang berseberangan dengan Gedung TK dan SD. Tim Double Track menjaga bazar ditemani matahari yang bersinar ceria karena kami tidak menggunakan tenda seperti saat di dalam sekolah. Kami hanya memindahkan banner dan meja untuk menata produk yang akan dijual.


Bazar yang diletakkan di depan sekolah rupanya menarik perhatian pengendara sepeda motor yang lalu lalang di jalan depan sekolah. Begitu juga dengan wali dan anak-anak TK, anak SD serta anak SMP. Mereka melihat dan bertanya tentang produk dan jasa yang kami tawarkan. Sebagian dari mereka yang bertanya akhirnya membeli produk bazar ramadan kami. Alhamdulillah. Sungguh membutuhkan kesabaran untuk mencapai target, tetapi kami yang menjaga bazar tidak putus asa untuk melayani pembeli dan menunggu pembeli datang. Hari kedua ini dari tim Double Track kecantikan melayani jasa nail art.

Ayo... ayo... dibeli kue dan minumannya

Hari ketiga, bazar tetap ditempatkan di depan sekolah. Produk yang ditawarkan di hari ketiga sungguh menggiurkan. Seperti es melon, jasuke, banana roll, madu, marning jagung dan lain-lain. Sungguh produknya mampu menggoda kami yang lagi berpuasa. Apalagi melihat es melon segar yang berjajar rapi di atas meja. Untunglah saya masih bisa menahan diri untuk tetap berpuasa.


Sejak pagi kami menjaga bazar di temani matahari yang hari itu tidak bersahabat. Kami menunggu dan terus berdoa agar produk bazar terjual habis. Menit demi menit produk yang ada di meja mulai berkurang. Es melon laris paling awal. Di susul jasuke dan banana roll. Sebagian pembeli makanan adalah teman-teman kami yang beragama hindu. Saya bersyukur memiliki banyak teman yang berbeda agama karena produk kami bisa tetap laris walaupun dijual saat siang hari di bulan puasa.

Rombongan ibu-ibu dari TK memborong beberapa makanan

Sekitar jam 11 kami mulai membereskan bazar. Bukan karena semua produk sudah terjual melainkan karena matahari sudah mulai menipiskan iman kami yang sedang berpuasa. Akhirnya kami menutup rangkaian bazar di SMAN 1 Sukapura dengan membagi-bagikan produk yang tidak terjual kepada bapak dan ibu guru.


Sekian cerita saya tentang serunya bazar ramadan di SMAN 1 Sukapura. Semoga tahun depan bazar ramadan bisa dilaksanakan kembali sehingga saya bisa memperbaiki kemampuan dan mendapat hasil yang lebih baik dan menguntungkan. Terima kasih, Double Track.  

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com