Custom Search

2019-07-04

CANTIKNYA BUNGA DI NGADISARI, ADA YANG TAHU NAMANYA?

Ngadisari adalah nama desa di Probolinggo yang letaknya dekat dengan kawah Bromo. Wilayahnya yang sejuk membuat aneka bunga bisa tumbuh dengan subur. Salah satu tempat yang ditumbuhi aneka bunga adalah di halaman SDN Ngadisari II. Cantiknya bunga-bunga di sekitar SDN Ngadisari II membuat saya tak sabar untuk segera mengambil gambar si bunga. Sayang, saya bukan pecinta bunga. Begitu ditanya, bunga apa yang saya potret, kepala jadi bingung. Nah, teman-teman pecinta bunga, ada yang tahu nama bunga-bunga cantik yang saya potret di Ngadisari?


quote bunga cantik
Bunga apa saja di dalam gambar?
Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan numpang tidur di SDN Ngadisari II. Numpang tidur kok di sekolah bukan di hotel? Ini bentuk penghematan, hahaha. Bagi yang pernah berkunjung ke Bromo via Probolinggo pasti paham betapa tidak ramahnya penginapan di sekitar Bromo terhadap kantong kita. Hehehe.

Saya menginap di SDN Ngadisari II saat melakukan perjalanan mendaki gunung batok. Bagi yang penasaran, sudah saya post lho ceritanya, hehehe. Saya tiba ketika hari sudah gelap. Jadi tidak bisa melihat apa yang ada di sekitar sekolah. Keesokan harinya, saya iseng berkeliling dan ternyata terdapat bunga-bunga cantik yang tumbuh di halaman sekolah.

Halaman SDN Ngadisari II

Bunga-bunga tersebut mekar dengan indah. Beberapa bunga juga masih berpelukan dengan embun yang membiaskan cahaya matahari pagi. Membuat mata saya berbinar dan segera ambil posisi untuk segera memotret. Cekrek. 

bunga cantik
Bunga 1

Saya senang sekali memotret aneka bunga yang terlihat cantik dan menarik. Walaupun pada akhirnya saya tidak pernah tahu apa nama bunga yang saya pottret. Bunga yang saya hafal terbatas pada mawar, melati, anggrek, tulip, bougenvil, lavender, dan bunga sedap malam. Yang lain, mana paham? Hahaha.

bunga cantik
Bunga 2

bunga cantik
Bunga 3

bunga cantik
Bunga 4
Nah, saat melihat koleksi hasil foto bunga-bunga di Ngadisari, saya penasaran dengan nama bunganya. Saya coba mencari tahu dengan cara mencocokkan gambar via google. Ternyata tambah bikin puyeng. Ada banyak gambar bunga yang sama tetapi dengan nama berbeda. Saya jadi tambah bingung. Andai, saya bisa bahasa bunga, mungkin masalahnya tidak akan serumit ini, hehehe.

bunga cantik
Bunga 5

bunga cantik
Bunga 6

bunga cantik
Bunga 7

bunga cantik
Bunga 8

Setelah utak-atik rumah mbah google, saya menemukan informasi tentang aplikasi yang dapat digunakan untuk mengenali aneka jenis tumbuhan, seperti bunga. Ada dua aplikasi yaitu Plantnet dan PictureThis. Dua aplikasi tersebut mengidentifikasi tumbuhan melalui gambar yang kita punya. Wah, sangat membantu bagi orang sejenis saya nih.

Saya memilih menggunakan Plantnet karena berdasarkan informasi yang saya baca, proses identifikasinya jauh lebih mudah. Setelah menginstal, saya mulai mencoba mengidentifikasi salah satu bunga dari gambar yang saya miliki.

aplikasi mencari nama bunga
Instal dulu ya

Untuk mulai mengidentifikasi, kita pilih menu New Observation atau yang bergambar kamera. Sebab, PlantNet tidak hanya menyediakan menu identifikasi, melainkan juga memuat informasi dunia tumbuhan. Ada dua pilihan pada menu observasi, yakni kamera dan galeri. Saya memilih galeri karena bunga yang ingin saya ketahui sudah saya ambil gambarnya dan tersimpan di galeri.

Saat upload gambar selesai, kita diminta memilih gambar apa yang akan diidentifikasi. Daun, bunga, buah, habitat, kulit pohon, dan lainnya. Saya pun memilih bunga. Lalu, taraaa....

Awalnya, saya mengira begitu gambar yang saya miliki di input. Aplikasi akan mengenali gambar dan langsung memberikan nama bunga dari gambar tersebut. Mirip pembacaan barcode di kasir swalayan gitu. Eh, rupanya perkiraan saya salah.

bunga zinnia
Zinnia mana yang harus saya pilih?

Begitu saya masukkan gambar, aplikasi akan memberikan hasil rekomendasi berbagai jenis bunga yang mirip dengan gambar bunga yang saya upload. Rekomendasi bukan keputusan. Artinya, saya tetap harus menentukan bunga apa yang saya potret. Nah lho...

Ternyata aplikasi tersebut belum bisa membantu saya dalam mengenal bunga-bunga cantik di Ngadisari. Namun demikian, aplikasi PlantNet ini sangat bagus karena menyediakan informasi khusus tentang dunia tumbuhan. Bahkan tersedia daftar pustaka yang dapat kita gunakan jika belum puas terhadap informasi yang diberikan oleh aplikasi PlantNet.

zinnia
Informasi si cantik Zinnia

Nah, teman-teman yang baik, adakah yang bisa membantu saya memberikan informasi nama bunga-bunga cantik di Ngadisari tersebut? Itung-itung biar dapat pahala gitu. Hehehe. Terima kasih.


quote bunga cantik
Hai..


Artikel Terkait
123456789101112131415

21 comments:

  1. What a nice Photos 😊 thanks for your sharing 😊 I followed your blog 😊

    ReplyDelete
  2. Dibelakang rumah saya membuat taman mini dengan bunga warna kuning itu mbak tapi ga tau juga namanya kalau bahasa daerahnya sih ga enak disebut hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuningnya ada dua, apa satu jenis ya?
      Hiyaa, jadi penasaran. Bahasa daerah mana itu? 😂😂

      Delete
  3. Bunga warna warni namanya mbak. Heheehe.... ini namanya kenal wajah tak kenal nama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, bunga warna-warni 😀😀. Eh iya ya, kenal wajah tak kenal nama ternyata tidak hanya terjadi pada manusia, tetapi juga pada bunga hehehe

      Delete
  4. Saya taunya bunga krisan aja yang kayak gitu. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krisan yang putih itu ya? Saya sering mendengar namanya tapi tidak tahu yang mana penampakan Bungan Krisan 😂😂

      Delete
  5. Cantik sekali bunga2nya beraneka warna mbak. Mungkin no.1 yg tercantik ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bunga 1 yang beda dari yang lain. Masih ada embunnya juga dan warnanya gradasi, 😊

      Delete
  6. indah sekali bunganya
    saya kurang paham nama-nama bunga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... Kalau nama-nama obat pasti paham ya 😀😀

      Delete
  7. dan saya pernah lihat di facebook kalau harga bibit bunga di atas tidak terlalu mahall

    ReplyDelete
  8. bunga gak pake tanda kutip yah. aman kalo gitu hehehe

    ReplyDelete
  9. Asli gak ngerti semua nama2 bunganya mba... seger liatnya

    ReplyDelete
  10. Bunganya indah sekali ya, apalagi saya seorang lelaki bakalan lebih tidak tahu deh.
    Wah saya baru tahu lo jika ada aplikasi planetnet.

    ReplyDelete
  11. Saya juga bukan orang yang suka bercocok tanam bunga, jadi nggak ngerti nama-namanya. Tapi saya menganggumi keindahan bunga-bunga itu. Cantik-cantik banget ciptaan Allah SWT.

    ReplyDelete
  12. Kok saya berpikiran semua nama dari bunga-bunga itu adalah "BUNGA" aja ya wokwokwokokwkowkowokwkowkokwokowokwkwo :'v

    ReplyDelete
  13. mashaallah, bunga nomor 1 sama 8
    geuliss pisaan :D
    gemas lihatnya..

    ReplyDelete
  14. Masya'allah kata-kata yang dibingkai bunganya pada gambar no 1 keren.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, :-)

~~falkhi~~