MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

ASYIK! BANYAK HARI LIBUR DI MEI 2024

ASYIK! BANYAK HARI LIBUR DI MEI 2024
Add Comments
2024-05-03

Selamat datang, Mei!


Asyik, banyak hari libur di Mei 2024. Eits, tapi tunggu dulu. Jumlah hari libur yang banyak ini khusus untuk pelajar dan pekerja kantoran yang menganut Sistem masuk hari senin sampai jum’at. Bagaimana dengan yang tidak menganut system masuk kerja seperti yang dijelaskan? Tentu saja hari libur menyesuaikan dengan kebijakan para pemimpin dan pemberi cuan, hehehe.

Terkait hari libur, kita buka kalender dulu yuk. Mengapa mei 2024 dikatakan memiliki banyak hari libur.

Pertama, libur tanggal 1 Mei.

Tanggal 1 Mei 2024 dinyatakan sebagai hari buruh internasional atau yang dikenal dengan may day. Hari buruh diperingati pertama kali di Indonesia pada tanggal 1 Mei 1920. Saat itu, serikat buruh dan pekerja melakukan aksi mogok kerja dan berdemonstrasi untuk menuntut dan memperjuangkan hak mereka.

Pada masa reformasi, hari buruh rutin dirayakan di berbagai kota dengan berbagai macam tuntutan. Akhirnya, sejak tanggal 1 mei 2013, presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan bahwa tanggal 1 Mei dijadikan hari libur nasional untuk ikut serta memperingati hari buruh internasional.

Kedua, libur tanggal 9 dan 10 Mei.

Tanggal 9 Mei 2024 merupakan hari libur untuk memperingati kenaikan Yesus Kristus. Tanggal 10 Mei dinyatakan cuti Bersama berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menpan RB No, 236, 1, dan 2 Tahun 2024. Cuti Bersama tanggal 10 Mei mengikuti perayaan Kenaikan Yesus Kristus.

Libur pada tanggal 9 dan 10 Mei menjadi libur panjang pertama di bulan Mei. Sebab jika dilihat dalam kalender libur tanggal 9 dan 10 berlanjut pada tanggal 11 dan 12 yang merupakan hari sabtu dan minggu. Libur empat hari deh, yuhu!

Ketiga, libur tanggal 23 dan 24 Mei.

Tanggal 23 Mei 2024 merupakan hari libur dalam rangka memperingati hari raya Waisak. Sedangkan tanggal 24 Mei merupakan cuti bersama sebagai bagian dari peringatan hari raya Waisak. Jika sebelumnya, cuti bersama hanya ada pada hari raya Idulfitri maka untuk saat ini cuti bersama disertakan dalam semua perayaan hari raya keagamaan. Semakin senang dong, karena kita bisa menambah hari libur, hehehe.

Banyaknya hari libur yang membahagiakan ternyata tidak bisa serta merta dirasakan oleh siswa-siswa SMA kelas XII. Alasannya bulan Mei merupakan hari-hari penentuan bagi mereka. Pertama terkait hari kelulusan pada tanggal 6 Mei 2024. Selanjutnya bagi mereka yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi melalui jalur tes SNBT maka bulan Mei merupakan hari pelaksanaan SNBT. Semakin dag dig dug ser nih kayaknya, hehehe.

Lalu, bagaimana denganmu? Apakah masuk tim asyik dengan banyak hari libur, tim dag dig dug ser atau tim yang tidak terpengaruh hari libur?

Apapun timnya, semoga hari-hari di bulan Mei tetap menyenangkan dan membahagiakan, aamiin.

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com