Custom Search

2015-12-08

ANAK MUDA


Anak muda, gemar berwacana. Media sosial tempat mengungkap kata. Tiap detik mengunggah berita. Status, tweet, foto segala rupa. Yang penting eksis di dunia maya.

 
Sumber : previews.123rf.com

Anak muda, suka mencoba-coba. Awalnya segelas minuman bersoda. Lalu sebotol anggur tak bernama. Akhirnya bertemu ganja. Mengkonsumsi narkoba. Yang penting eksis melupakan fakta. Walau hanya sebentar jeda.

123456789101112131415

2015-12-02

DUA MENIT SATU DETIK

Menunggu itu bisa membuat kita grogi, jenuh, kesal, bingung, dan macam-macam rasa lain yang lain. Persis seperti permen gado-gado yang rame rasanya. Yup, itulah yang juga saya rasakan saat menunggu kedatangan buku DUA MENIT SATU DETIK. Buku antologi puisi yang diterbitkan oleh FAM Publishing ini memuat dua puisi saya yang berjudul, Rindu yang Menjadi Abu dan Punggung Ayah.

Buku DUA MENIT SATU DETIK merupakan antologi puisi dari perlombaan puisi bertema Setangkup Kata untuk Orang Tercinta. Jadilah puisi-puisi dalam buku ini bertema cinta. Cinta dalam lingkup yang sangat luas. Tidak terbatas hanya pada keluarga.

Terdapat 73 penulis yang berkontribusi dalam buku DUA MENIT SATU DETIK. Para penulis berasal dari berbagai profesi dan berbagai daerah. Penulis nusantara, begitu yang tercantum dalam buku.

123456789101112131415

2015-11-11

KUBUS WAKTU


Aku membuat kubus waktu
Sisi-sisinya disusun dari batu harapan
Tiang sudutnya dibangun dari kayu kesabaran

Aku sulut lentera di pusat kubus
Asap putihnya membentuk siluet wajah
Memenuhi ruang waktu

123456789101112131415

2015-10-15

AMPLOP KOSONG


Seperti biasa, lebaran tahun ini keluargaku dan keluarga om berkunjung ke tempat simbah. Tepat hari ketiga lebaran, kami yang terdiri atas aku, mama, papa, om, tante, dua adik, dan keponakanku berangkat ke tempat simbah. Simbah tinggal di sebuah desa dataran tinggi yang berjarak 2 jam perjalanan dari rumah kami. Di sana simbah menetap bersama keluarga besarku. Ya, hanya keluargaku dan keluarga om yang tidak menetap bersama disana. Sehingga, setiap lebaran tiba, kami selalu bersama-sama bersilaturrahmi ke tempat simbah dan keluarga besar disana.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, aku memberikan sedikit rejeki pada simbah. Begitu juga dengan mama, tante, dan adikku. Totalnya, simbah mendapat empat angpao dari kami. Angpao dalam amplop itu simbah letakkan di tempat simpanan favoritnya, bawah kasur. Kami pun mewanti-wanti simbah agar menjaga amplop tersebut, jangan sampai hilang.
 
Sumber : s.kaskus.id
123456789101112131415

2015-10-09

KITA DAN ALAM


Lihatlah Sinabung
Lihat baik-baik. Ada bayang janji
Meletup lewat lahar amarah yang terus
Mengalirkan air mata

Janji yang terucap oleh Adam
Menjadi prasasti dalam kawah bumi
Terlupa. Tertutup kabut dari perut manusia

Perut-perut yang menggelembung
Sepanjang garis yang dibuat Adam
Kini menggelambir. Kosong
Meninggalkan gerombolan tulang yang memanggil bumi

123456789101112131415

2015-09-27

EKSTRAKURIKULER MEMBATIK

Kali ini, saya kembali bercerita tentang membatik. Tahun ini, kegiatan membatik menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah tempat saya mengajar, yaitu SMAN 1 Sukapura. Khususnya, untuk siswa siswi kelas XI. Pembimbing kegiatan membatik bernama pak Pri, seorang pengawas sekolah yang tinggal di sekitar sekolah dan bertahun-tahun eksis dalam kegiatan membatik.  

Kegiatan ekstrakurikuler membatik ini mengajarkan siswa membatik dari proses awal mendesain, mencanting, hingga mewarnai. Waktu kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu selama 2 jam. Pada pelaksanaannya, siswa harus berkelompok 2 hingga 3 orang untuk mengerjakan proyek awal membatik di kain sepanjang 2 meter.
 
Kegiatan mencanting
Setiap kelompok ini berusaha untuk mendesain batik sesuai dengan selera. Ada yang mendesain kain batik dengan maskot daerah Sukapura, seperti gunung Bromo, strawberry, anggur, wortel, dan mangga. Ada pula yang menggambar dengan bunga-bunga, ukiran batik, bahkan logo salah satu klub sepakbola. 
123456789101112131415

2015-09-22

TULISAN PERTAMA DI RADAR BROMO

Bulan lalu, tepatnya Minggu tanggal 09 Agustus 2015, tulisan saya terpampang di kolom puisi Radar Bromo. Rasanya... sueneng puol. Hehehe. Maklum saja, beberapa kali mengirim tulisan ke media, baru satu itu yang bisa nongol. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana senangnya hati ini.

Saya mengirim lima judul puisi pada hari senin, minggu sebelumnya. Setelah itu, saya kembali mengirim empat judul puisi pada hari kamis. Tidak disangka, satu minggu kemudian empat judul puisi yang dikirim pada tahap pertama bisa duduk manis di halaman kolom puisi.


Sebenarnya saya sangat yakin kalau puisi saya dapat dimuat dengan segera. Kenapa? Sebab minggu sebelumnya, kolom puisi di Radar Bromo kosong. Nah, bisa jadi kekosongan itu karena tidak ada yang mengirim puisi. Ini saya simpulkan setelah beberapa kali menganalisis kolom puisi hari minggu di Radar Bromo. Pemikiran ini membuat saya memutuskan mengirim puisi pertama pada hari senin. Kenapa hari senin? Alasannya, hari senin adalah awal pekan. Kemungkinan untuk dibaca dan dimuat memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan mengirim pada hari jumat atau sabtu.
123456789101112131415

2015-09-20

SALAH MENDENGAR ITU FATAL LHO...


Pernah punya pengalaman dengan salah pendengaran? Misal yang dikatakan bubur tetapi yang kita dengar busur. Nah lho, bisa berabe kan. Pengennya langsung makan begitu ada bubur, eh malah datangnya penggaris busur. Gak bisa dimakan dong!

Bulan kemarin, tepatnya waktu perayaan lomba untuk menyambut hari kemerdekaan saya mempunyai pengalaman dengan salah pendengaran. Fatal? Menurut saya begitu, hehehe.
 
Sumber : www.systemsalliance.com
Kisahnya begini, salah satu lomba dalam perayaan agustusan di kecamatan tempat saya bekerja adalah lomba membaca puisi dan lomba pantun tingkat sekolah dasar. Sekolah saya kemudian diminta untuk membantu sebagai juri dalam lomba tersebut. Tentu saja, guru yang dipilih sebagai juri adalah guru bahasa Indonesia. 

123456789101112131415

2015-09-18

INI BATIKKU, MANA BATIKMU? : SUSAHNYA BELAJAR MEMBATIK

Yeay! Akhirnya saya punya kain batik produksi sendiri. Senang? Pastinya, apalagi setelah tahu kalau membatik itu susahnya minta ampun. Masih ingat kan, tulisan saya tentang susahnya belajar membatik. Terutama waktu mencanting. Nah, setelah mencoba begadang dan bersemangat 45 di pagi harinya, proses mencanting selesai juga. Rasanya? Lega banget walaupun pinggang dan punggung terasa kaku seperti robot. Maklum, waktu mencanting badan terlalu tegang karena takut hasilnya tidak sempurna. Tetapi, tetap saja hasil cantingan saya masih banyak yang meluber dan tidak tembus. Sedih deh, hiks.

Batik yang sudah dicanting. Masih terlihat bagus nih, hehehe.
Langkah selanjutnya, adalah mewarnai. Proses mewarnai dilakukan dengan mencolet, yaitu memberikan warna pada batik dengan menggunakan kuas. Hampir sama dengan melukis tetapi ini melukis di atas kain. Bagi saya, proses ini lebih mudah dibandingkan mencanting. Walaupun sama-sama memberikan hasil sakit punggung dan pinggang. Hehehe.
123456789101112131415

2015-09-13

PROSEDUR EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah alat yang digunakan untuk mengimplementasikan program peningkatan mutu pendidikan. Adapun prosedur yang dilakukan dalam melaksanakan evaluasi diri sekolah meliputi tahap pelatihan, pelaksanaan proses evaluasi diri sekolah, perencanaan pengembangan sekolah, dan pelaporan temuan.


 a.    Tahap pelatihan
Pelatihan ditujukan untuk mempersiapkan sekolah melaksanakan evaluasi secara transparan, untuk menjamin validitas dan mempergunakan informasi yang dikumpulkan untuk memberikan masukan terhadap perencanaan pengembangan sekolah.
123456789101112131415

PROSEDUR PENILAIAN KINERJA SEKOLAH

Penilaian kinerja sekolah dilakukan secara berkala dan terbuka dalam rangka membantu dan memberdayakan sekolah agar mampu mengembangkan sumberdaya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Adapun prosedur kegiatan penilaian kinerja di sekolah dalam Depdiknas (2005) dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 



a.    Persiapan kunjungan
Sebelum tim penilai melakukan kunjungan ke sekolah, seyogyanya tim penilai mempelajari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan sekolah tersebut, sehingga penilai memiliki pengetahuan awal tentang kondisi sekolah tersebut. 

123456789101112131415

2015-09-07

TAHUN KABEL


Ceritanya nih, saya menjadi pengawas ruang ujian. Tahu kan gimana bosannya menjadi pengawas yang duduk manis di depan kelas. Nah, untuk mencegah bosan yang berlanjut, saya mencoba menulis puisi. Idenya datang dari berita yang lagi marak saat itu, yaitu pembunuhan seorang wanita dengan cara dicekik menggunakan kabel. Setelah selesai, puisi itu saya beri judul tahun kabel. Mau tahu isinya? ini dia....

TAHUN KABEL
 
Sumber : i01.i.aliimg.com

Kabel-kabel kini sudah pintar
Bahkan banyak media menjadikannya superstar
Membuat kabel senang
Walau tak punya sepeser uang
123456789101112131415

2015-09-03

MAWAR-MAWAR

Lembar-lembar mawar yang jatuh ke bumi membisikkan wangi
kuncup baru,
yang menunggu pergantian waktu
mengecup ujung merah mahkota bergincu

Sumber: 3.bp.blogspot.com

Lalu, jadilah mawar-mawar
penghias sudut ruang
tamu atau meja yang berkisah tentang kerja

Kuncup lain pun kembali bertunas
sampaikan salam pada perputaran jarum menara
jam yang mengelilingi nisan-nisan dengan tulisan tua

123456789101112131415

2015-08-29

TEPI JENDELA


Jendela dua daun
Terbuka saat pagi
Dengan mawar-mawar merah di mulutnya
Memantulkan garis mancung sebuah hidung
Berkawan dua mata bola

Sekejap, aku tergoda
Jatuh cinta pada pemilik jendela

Maka tanpa suara aku meraba
Mawar merah di mulut jendela
Mencari pemiliknya


Sukapura, 050715, 01:25 PM



123456789101112131415

2015-08-24

KOMITMEN MENURUT PARA AHLI

Zangaro (2001) membagi komitmen organisasi dalam dua pandangan. Pandangan pertama mengacu pada komitmen organisasi sebagai perilaku. Pendekatan ini mencontohkan seorang karyawan yang berkomitmen pada organisasi karena adanya gaji, seperti dalam tulisan Becker dan Salancik. Pandangan kedua mengacu pada komitmen organisasi sebagai pendekatan sikap, dimana komitmen organisasi didefinisikan sebagai keadaan seorang karyawan yang mempertahankan keanggotaan dalam organisasi agar tujuan pribadinya tercapai, seperti dalam tulisan Blau dan Boal. Pada tahun-tahun selanjutnya, dua pandangan ini digabungkan oleh Etzioni dan Kanter.

Sumber : www.danabrahams.com
Kanter (1968) menyatakan komitmen organisasi adalah bentuk kesediaan pekerja untuk mencurahkan energi dan loyalitas terhadap norma-norma maupun sistem sosial organisasi. Kanter menyarankan tiga jenis komitmen, yaitu continuance, cohesion, dan control. Komitmen continuance mengacu pada partisipasi individu dalam sistem organisasi, komitmen cohesion mengacu pada ikatan emosional individu terhadap organisasi dan semua anggotanya, dan komitmen control mengacu pada prestasi kinerja individu dalam mematuhi aturan dan norma organisasi.
123456789101112131415

2015-08-21

PEREMPUAN PENUNGGU HUJAN


Ceritanya nih, saya berencana ikut berpartispasi dalam lomba pusigrafi yang bertema perempuan dalam hujan. Puisigrafi adalah lomba puisi yang dilengkapi dengan ilustrasi gambar. Nah, pas dapat ide untuk puisi dan konsep gambarnya, ternyata saya malah lupa dengan tanggal deadline. Jadinya... ya puisinya di pos di blog aja. Hehehe.

Puisi yang sudah saya tulis berjudul Perempuan Penunggu Hujan. Puisi ini terinspirasi dari tukang ojek payung yang bergembira waktu hujan turun. Berbeda dengan saya yang langsung cemberut begitu melihat langit mendung dan akan turun hujan. Hahaha...

Ini dia puisi yang saya tulis untuk para tukang ojek payung


PEREMPUAN PENUNGGU HUJAN

Sumber : v-images2.antarafoto.com
123456789101112131415

2015-08-19

RIMBA DI KOTA MATI


Ini kota mati
yang penduduknya diam-diam pergi
ke dalam rimba

Menebang gedung-gedung tua
sebagai penyulut api
Daging-daging buruan
yang diborgol dengan dasi warna warni
Sedang minumannya di saring dari keringat
Yang tercecer pada janji yang melumat
Kota di mulut rimba

Pesta rimba di mulai
Pemimpinnya penduduk kota
Yang diam-diam menikmati
Kemarahan masyarakat rimba

123456789101112131415

2015-08-14

SUSAHNYA BELAJAR MEMBATIK



Sejak batik mulai membumi diseluruh kalangan masyarakat, saya bercita-cita untuk bisa belajar membatik. Setelah bertahun-tahun, keinginan itu bisa juga terwujud. Ya! Sejak kemarin sore saya resmi belajar membatik, dan.... ternyata membatik itu tidak semudah yang saya lihat. Hiks.

Sebelumnya saya pernah berkunjung ke kampung batik Laweyan di Solo. Disana saya melihat kegiatan para pembatik dan tak lupa memotret keasyikan para ibu-ibu dengan canting malamnya. Saya melihat mereka nikmat sekali dalam membatik, sama seperti saya ketika mendapat makanan gratis di saat perut keroncongan. Hehehe.
 
Kegiatan membatik di kampung Laweyan, Solo

123456789101112131415

2015-08-13

GANJA


Tumbuh liar
Hidup liar
Membuat liar

Ah! Liar sudah menjadi identitasmu
Yang kini merasuk dalam
Identitasku

Membuat onar
Hidup dikejar-kejar
Dalam labirin pencarian jejak pengedar



Sukapura, 100815, 05:56 PM
123456789101112131415

2015-07-12

ROKOK

Bersama kepulannya ada tangis dari tangan legam matahari, juga
tangis dari tangan yang terbelit cairan nutrisi

Bersama kepulannya ada senyum dari wajah cerah di kursi kekuasaan, juga
senyum dari wajah yang membiaskan kepuasaan

Bersama kepulannya
tangis dan senyum menjadi mata api
melebur dalam abu yang abu-abu
sampai udara mati



BT, 100715, 09:07 AM
123456789101112131415

2015-06-29

KHAWATIR TELAT SAHUR? INI TIPSNYA!


Ramadhan tanpa berkumpul dengan keluarga? Sudah biasa. Tapi melewati Ramadhan tanpa siapa-siapa... baru kali ini saya alami. Rasanya? Deg-degan, apalagi menjelang sahur. Rasa was-was selalu datang. Bisa bangun gak ya? Telat sahur gak ya? Apa makan malam saja? Hm, bingung bin rempong kan? Untuk itu, saya punya tips-tips ampuh agar tidak telat makan sahur.
 
Sumber : apptekno.com
1.    Tidur lebih awal
Rasa was-was karena tidak ingin telat sahur membuat saya mengurangi jatah jam tidur malam. Saya berusaha tidur lebih awal, sebelum pukul 22.00 wib. Alasannya, tentu saja agar tidak telat bangun sahur. Pernah suatu kali karena terlalu asyik, saya baru sadar ketika jam menunjukkan pukul 23.00 wib. Saya pun tergesa-gesa untuk tidur. Setelah itu, saya terbangun kembali 5 menit sebelum imsak diumumkan. Wow! Padahal saya sudah membayangkan makan sahur dengan nikmat tanpa harus tergesa-gesa. Hiks... Kejadian ini membuat saya akhirnya berusaha untuk disiplin menerapkan jam tidur malam, apapun yang terjadi. Hehehe...
123456789101112131415

2015-06-25

TIPS MENGHILANGKAN BOSAN DI PERJALANAN


Melakukan suatu perjalanan itu menyenangkan lho, apalagi jika tempat tujuannya adalah tempat yang sudah diimpikan sejak lama. Pasti rasanya tak sabar untuk segera tiba di tempat tujuan. Sayang, terkadang tujuan tersebut harus ditempuh dengan perjalanan panjang dan lama. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan kebosanan di perjalanan. Benar kan? Nah, agar perjalananmu tetap menyenangkan dan terhindar dari kebosanan, ada baiknya kamu mengikuti tips-tips di bawah ini.

1.    Mendengarkan lagu
Punya lagu kenangan? jika iya, inilah saat yang tepat untuk kembali menikmati lagu-lagu tersebut. Kenapa? Mendengarkan lagu kenangan dapat membuat pikiranmu terlempar ke tempat dan waktu yang lampau. Menikmati masa-masa kenangan. Akhirnya, perjalanan panjang nan lama pun tidak akan terasa. Eit, tapi ingat, sebaiknya lagu yang dibawa adalah lagu yang memberikan kenangan manis dan menyenangkan. Bukan lagu yang sedih dan bikin kamu nangis. Ok?

Sumber : clipartion.com

2.    Memainkan games
Buat kamu-kamu yang suka banget main games, jangan pernah lupa ya untuk menyiapkan seabrek games menantang jika berencana melakukan perjalanan panjang. Games yang banyak tantangan ini bisa bikin perjalananmu terasa sekejap. Sebab fokus pikiranmu hanya akan tertuju pada games, bukan pada perjalanannya. Jadi, jangan heran kalau nanti pak sopir akan menegurmu karena tidak segera turun ketika sudah sampai di tempat tujuan. Hehehe.
 
Sumber : thedailygrindshow.files.wordpress.com

123456789101112131415

2015-06-13

PRAKTIK PERNIKAHAN DINI : POLA PIKIR DAN PERGAULAN


Saya tinggal di sebuah desa dataran tinggi di kabupaten Probolinggo. Sejak kecil hingga saat ini, praktik pernikahan dini di desa saya adalah hal yang lumrah dilaksanakan. Oleh sebab itu, tak perlu heran jika melihat perempuan-perempuan muda belasan tahun berlalu lalang di jalan desa sambil menggendong anak. Hanya saja, setelah saya perhatikan alasan dilakukannya pernikahan dini antara jaman dulu dan sekarang berbeda. 
 
Sumber : www.radenmasivan.esy.es
Tahun 90-an, desa saya masih belum tersentuh listrik. Jalan desa berupa batu-batu sungai yang ditata rapi. Sekolah yang ada hanya Sekolah Dasar (SD). SMP terdekat berada di ibu kota kecamatan yang berjarak sekitar 10 km, sementara letak sekolah menengah atas semakin jauh lagi, yaitu sekitar 15 km. Kondisi ini kemudian menjadi penyebab tingginya angka tidak melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Pertama, letak sekolah yang jauh. Kedua, sarana transportasi masih sulit. Ketiga, tingkat perekonomian dan pola pikir masyarat tentang pendidikan masih rendah. Akibatnya, setamat SD para perempuan dinikahkan oleh orang tuanya. Sedangkan laki-laki, bekerja membantu orang tua atau menjadi TKI di Malaysia.

123456789101112131415

2015-05-23

KONSTRUKTIVISME PENDIDIKAN (PERAN DAN DINAMIKANYA)

Peran guru dan Siswa
Guru dalam aliran konstruktivisme tidak lagi menduduki tempat sebagai satu-satunya sumber belajar. Namun guru lebih diposisikan sebagai fasilitator yang memfasilitasi siswa untuk dapat belajar dan mengkonstruksi pengetahuannya sendiri (Hudojo, 1998:5-6). Sebagai fasilitator guru bertanggung jawab terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. Diantara tanggung jawab guru dalam pembelajaran adalah menstimulasi dan memotivasi siswa. Mendiagnosis dan mengatasi kesulitan siswa serta menyediakan pengalaman untuk menumbuhkan pemahaman siswa (Suherman dkk, 2001:76). Oleh karena itu, guru harus menyediakan dan memberikan kesempatan sebanyak mungkin kepada siswa untuk belajar secara aktif. Sedemikian rupa sehingga para siswa dapat menciptakan, membangun, mendiskusikan, membandingkan, bekerja sama, dan melakukan eksperimentasi dalam kegiatan belajarnya (Setyosari, 1997: 53). Berdasarkan konstruktivisme, akibatnya orientasi pembelajaran bergeser dari berpusat pada guru mengajar ke pembelajaran berpusat pada siswa (student centered instruction).

Sumber : blogspot.com

123456789101112131415

2015-05-22

TENTANG MATAHARI


Penggalan-penggalan kata untuk sang matahari, yang tak pernah henti menggugah hati

Lelah,
Permainan ini semakin cepat berputar
Membuatku terdiam dalam gumam, “apa lagi yang akan aku lakukan?”
Hanya terdiam
Melihat kelebat jarum jam berlari kencang
Sedang engkau enggan beranggapan
Pada kembang disepanjang jalan

171114, 05:24 PM

Menatap punggungmu, selalu
Dalam air waktu yang mengalirkan gerimis, malam
Hingga jauh
Jeda, dan wajah tak kunjung berbalik
Menatap pendar lampion, di atas kulitku

190115, 07:44 PM

123456789101112131415

2015-05-13

PIALA SUDIRMAN DALAM #RIPTVNASIOANL

Dunia  bulutangkis sedang menyelenggrakan perhelatan akbar dua tahunan pada tanggal 10 - 17 Mei 2015. Ajang perlombaan untuk beregu campuran ini mengambil nama bapak Bulutangkis di Indonesia, yakni Sudirman. Piala Sudirman dilaksanakan pertama kali di Indonesia pada tahun 1989. Saat itu Indonesia menjadi juara dalam kejuaraan tersebut dan itulah satu-satunya gelar piala Sudirman yang dapat diraih oleh pebulutangkis Indonesia, sebab hingga tahun 2013 Indonesia belum lagi menjadi jawara dalam ajang piala Sudirman.


Atlit Indonesia di piala Sudirman 2015 (antaranews.com)
Saat ini, para atlit bulutangkis Indonesia kembali berjuang untuk menjadi jawara pada ajang piala Sudirman. Sayangnya, perjuangan para atlit Indonesia dalam ajang piala Sudirman tidak dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Ya! Pertandingan memperebutkan piala Sudirman tidak ditayangkan dalam televisi nasional maupun televisi swasta. Ini tentu membuat kecewa para pecinta bulutangkis, termasuk saya sendiri. 
123456789101112131415

2015-05-12

KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN


Pendekatan konstruktivisme menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada keaktifan siswa. Dikatakan konstruktivisme merupakan proses pembelajaran yang mengkondisikan siswa untuk melakukan proses aktif membangun konsep baru, pengertian baru, dan pengetahuan baru berdasarkan data. Oleh karena itu, proses pembelajaran harus dirancang dan dikelola sedemikian rupa sehingga mampu mendorong siswa mengorganisasi pengalamannya menjadi pengetahuan yang bermakna. Jadi, dalam konstruktivisme peran siswa sangat penting untuk membangun constructive habits of mind. Agar siswa memiliki kebiasaan berpikir, maka dibutuhkan kebebasan dan sikap belajar. Teori belajar yang mencerminkan siswa memiliki kebebasan artinya siswa dapat memanfaatkan teknik belajar apa pun asal tujuan belajar dapat tercapai (Brennan, 2006).
 
sumber : theeducatedsociety.com
123456789101112131415

2015-05-10

MAKNA GLOBALISASI DALAM PENDIDIKAN


Globalisasi mulai banyak diperbincangkan sejalan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Terutama teknologi informasi, dimana semua orang bebas berkomunikasi dan berinteraksi tidak hanya antar kota, atau provinsi melainkan juga antar negara. Menghapuskan batas geografis, bahkan juga ras dan etnis. Akibatnya terjadi perubahan dan pergeseran di berbagai aspek. Ekonomi, politik, sosial, budaya dan pendidikan.
Sumber : www.shydgm.com
Memasuki globalisasi sama halnya dengan memasuki dunia yang penuh persaingan dalam berbagai segi kehidupan. Persaingan memunculkan pemahaman daya saing bangsa. Berkaitan dengan itu, Hatten dan Resenthal (2000:5) menyatakan bahwa penguasan bidang ilmu dan teknologi dalam kadar yang memadai sangat diperlukan agar masyarakat dapat meningkatkan kemampuan kreativitas, pengembangan, dan penerapan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) sebagai tuntutan yang mutlak dalam kehidupan global.

123456789101112131415

2015-05-07

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI


Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Tanpa adanya komunikasi yang efektif, mustahil sebuah organisasi dapat merealisasikan program kerja sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Oleh sebab itu, tercapainya tujuan organisasi sangat bergantung pada proses komunikasi yang efektif antar anggota organisasi.

Sumber : idepernikahan.com
Sebenarnya apa definisi dari komunikasi? Hasil penelitian Dance pada tahun 50-60an terhadap sembilan puluh lima publikasi ilmiah menemukan banyak sekali perbedaan definisi dalam menjelaskan komunikasi (Craig, 1999). Perbedaan definisi tentang komunikasi disebabkan komunikasi memiliki banyak fungsi yang berbeda, sehingga memungkinkan kajian konsep komunikasi dari berbagai macam teori (Littlejohn & Foss, 2008).

123456789101112131415

2015-05-05

KOMPETENSI MENURUT PARA AHLI

Sering mendengar kata kompetensi? Atau sering dikatakan orang yang tidak berkompetensi? Sebenarnya apa sih arti dari kompetensi? Mau tahu...? berikut adalah rangkuman beberapa definisi kompetensi dari para ahli.

Sumber : confidentparentsconfidentkids.files.wordpress.com
White (1959: 297) mendefinisikan kompetensi sebagai sebuah konsep motivasi dalam kinerja dengan menuliskan “..Competence refer to an organism's capacity to interact effectively with its environment.... includes visual exploration, grasping, crawling and walking, attention and perception, language and thinking, exploring novel objects and places, manipulating the surroundings, and producing effective changes in the environment.”

123456789101112131415