Custom Search

2017-12-16

BUTIK CAPSULE HOSTEL, PENGINAPAN MURAH DAN NYAMAN DI MALANG

Butik Capsule Hostel, penginapan yang murah dan sangat nyaman sebagai tempat tinggal selama di Malang.

Butik Capsule Hostel
Hostel tampak depan

Empat tahun lalu, saya mendapat kesempatan berkunjung ke Singapura. Selama di sana, saya yang saat itu berstatus sebagai mahasiswa tinggal di hostel berkonsep kapsul. Pengalaman menginap di kapsul menjadi salah satu kenangan yang tidak bisa saya lupakan. Kerinduan itulah yang membuat saya iseng mencari penginapan berkonsep kapsul saat akan berkunjung ke Malang beberapa hari lalu. Mungkin saja ada, itu yang saya pikirkan. Dan taraaa... keisengan saya membuahkan hasil. Ada beberapa penginapan berkonsep kapsul. Setelah memilah-milah, pilihan saya jatuh pada Butik Capsule Hostel. Penginapan yang terletak di pusat kota Malang dan dekat dengan stasiun Malang ini membuat kesan pertama yang nyaman dan murah di kantong. Hm... benar gak ya?

123456789101112131415

2017-12-05

MERASA GUNDAH? LAKUKAN 6 HAL INI

Pernah merasa gundah? Duh, garing banget pertanyaannya ya? Hahaha. Iya lah. Karena pastinya setiap manusia pernah merasakan gundah. Entah karena cinta, keluarga, karier, pekerjaan, dan masalah kehidupan yang lain. Lalu, bagaimana cara mengatasi gundah? Kalau saya yang rasanya sering sekali merasa gundah melakukan 6 hal berikut ini untuk mengatasinya.



123456789101112131415

2017-11-26

INGIN BERKUNJUNG KE BOSSCHA? BEGINI CARANYA


Saya ingin berkunjung ke Bosscha gara-gara film Petualangan Sherina. Pernah menonton film Petualangan Sherina? Kalau pernah, kita seumuran dong, hehehe. Bagi yang belum pernah, saya kupas sedikit ya. Petulangan Sherina adalah salah satu film musikal anak-anak yang menceritakan Sherina dan Sadam (Derby). Kedua anak ini awalnya bermusuhan, namun berubah menjadi sahabat sejak keduanya diculik oleh pak Raden. Saat diculik, mereka sempat terjebak dalam observatorium Bosscha. Penampilan Boscha dalam film ini digambarkan dengan detail. Mulai dari bentuk bangunan yang terlihat kokoh, taman rumput disekeliling bangunan hingga bagian dalam bangunan yang menyimpan teropong bintang.

berkunjung ke bosscha
Gedung berkubah, keren kan? Hehe
123456789101112131415

2017-10-31

MENJUAL SUNYI

Namaku Rara
Siswa kelas tiga
SD Internasional milik bangsa Eropa

Sumber : i.pinimg.com
 
Hari ini aku gembira
Mendapat nilai tertinggi ulangan IPA
Tak sabar aku bercerita
Belajarku yang tak sia-sia

123456789101112131415

2017-09-21

GAGAL MOVE ON, TELAT SIH!

Hai blog, baik-baik saja kan aku tinggal berhari-hari? *tampang mewek, hiks*

Sumber : imgflip.com

Kali ini abaikan tentang SEO, google trends, atau mungkin aturan penulisan, gak perlu protes bagi yang baca, hahaha. Sekarang, yang penting nulis aja. Biar kepala gak puyeng gara-gara gagal move on. Tuh kan, belum bisa lupa dengan yang namanya move on. *Tutup mata, tutup telinga, tutup panci, eh hahaha*

123456789101112131415

2017-09-06

HAPPY BIRTHDAY, VIRGO! CEK KARAKTERMU DISINI

Siapa yang berzodiak Virgo? Happy birthday, semoga kita selalu ada di jalan yang benar. Aamiin.

 
September merupakan urutan bulan ke-sembilan dalam kalender masehi. Dalam Astrologi, zodiak yang berlindung di bawah September adalah Virgo dan Libra. Zodiak Virgo dimulai dari 23 Agustus hingga 22 September, sedangkan Libra berawal dari 23 September hingga 22 Oktober.

Sumber : www.astrograph.com

Ngobrolin tentang September, katanya sih karakter seseorang itu banyak dipengaruhi oleh bulan lahir alias zodiaknya. Nah, bagi pemilik zodiak Virgo yang sedang ulang tahun, penasaran gak nih dengan karakter zodiaknya? Kalau saya, penasarannya pakai banget. Hahaha.

123456789101112131415

2017-08-21

BERIKAN 100% UNTUK MENCAPAI KESUKSESAN YANG SEMPURNA


Akhirnya bisa posting juga, setelah hampir satu bulan off. Bahkan untuk sekedar blogwalking. Duh, kayak sibuk banget ya, padahal sebenarnya sok sibuk. Hehehe. Terkait dengan baru updatenya blog falkhi, saya teringat tulisan Azrul Ananda di Harian Jawa Pos. Tulisan itu berkisah tentang berapa persen kemampuan dan kemauan yang kita berikan untuk kesuksesan yang sempurna dalam pekerjaan atau kegiatan.


Sumber: id.pinterest.com

123456789101112131415

2017-07-22

PERJALANAN MENGAJARKAN KITA MAKNA KETULUSAN

Apa makna terindah dari sebuah perjalanan? Jawabnya, ketulusan. Ya, ada banyak ketulusan yang dapat kita nikmati ketika melakukan sebuah perjalanan. Baik perjalanan pendek maupun perjalanan panjang yang memakan waktu berhari-hari. Semuanya mengajarkan kita akan makna ketulusan.

 

Apakah ada ketulusan dalam gambar ini? Hehe
Seperti yang saya alami sekarang. Saat ini saya sedang dalam perjalanan dari Surabaya menuju Bandung dengan kereta api bisnis. Saya memilih tipe bisnis karena tidak kebagian kereta ekonomi dan harga kereta ekskutif lumayan mengikat kantong. Hehehe.
123456789101112131415

2017-07-05

BLACK HOLE

Lubang dengan kekuatan
Hitam rupa
Hitam Jiwa

Lubang yang menyeretku
Menjadi hitam sebagai makhluk

123456789101112131415

2017-06-30

PUISI DAN KEBINGUNGAN SAAT SEPI

Kau tahu? Puisiku
Ditulis saat sepi
Dengan udara 
yang menggaris-garis
Antara langit dan bumi

123456789101112131415

2017-06-27

HARI RAYA IDUL FITRI, SAATNYA MEMBUKA KENANGAN

Selamat Idul Fitri 1438 H, semoga hari yang ditasbihkan menjadi hari kemenangan ini menjadi pondasi dalam membangun kenangan tentang persaudaraan yang hakiki.




Apa yang menjadi simbol dari raya Idul Fitri? Ketupat, opor ayam, mudik, sungkeman, halal bihalal, foto keluarga, atau ucapan-ucapan mutiara? Tidak perlu bingung. Simbol-simbol itu bukan pilihan ganda yang harus dipilih salah satu. Silakan pilih dua, tiga, empat, atau semuanya. Bebas. Menyesuaikan pilihan hasrat, pikiran, dan keinginan.

123456789101112131415

2017-06-12

BAJU JAS KOKO : HADIAH ULANG TAHUN UNTUK AYAH

Baju Jas Koko - Pernah menjalani bulan puasa di perantauan? Bagi yang pernah atau sampai sekarang masih menjalani ramadhan jauh dari keluarga pasti tahu bagaimana kerinduan untuk berada di tengah-tengah keluarga. Sahur bersama, buka bersama, hingga berangkat ke masjid bersama-sama untuk tarawih. Sungguh kebahagiaan yang jarang bisa saya dapatkan karena hampir setiap tahun saya menjalani ramadhan di perantauan. 


Sumber : s-media-cache-ak0.pinimg.com

123456789101112131415

2017-06-01

APAKAH BENAR DIAM ITU EMAS?

Diam itu adalah emas. Percayakah dengan kata-kata tersebut?


Sumber : www.ngasih.com
Dulu saya merasa kata-kata tersebut kurang tepat. Mengapa kita yang hanya bersikap diam bisa dikatakan memiliki watak seperti emas. Emas lho ya? Logam yang selalu dipuja para wanita dengan harga stabil setiap waktu. Padahal dalam kehidupan sehari-hari saya melihat bahwa acungan jempol itu biasanya diperlihatkan ketika kita bisa berpendapat. Contoh kecilnya adalah kehidupan dalam suatu kelas pembelajaran. Apakah ungkapan hebat itu dikatakan pada anak yang hanya duduk diam? Tentu tidak. Sorot bahagia guru biasanya diberikan pada anak yang berani bertanya dan berani berpendapat. Lalu, bagian mana yang menyatakan bahwa bersikap diam itu memiliki nilai yang sangat istimewa?
123456789101112131415

2017-05-25

APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN GURU MENYAMBUT TAHUN AJARAN BARU 2017?

Kalender pendidikan tahun 2016/2017 sudah mendekati detik-detik perpisahan. Ya, berdasarkan kalender pendidikan 2016/2017 pembelajaran akan berakhir pada tanggal 17 Juni 2017 yang bersamaan dengan pembagian raport. Dengan demikian, awal pembelajaran baru akan segera dimulai. Lalu, apa yang bisa dipersiapkan guru dalam menyambut tahun ajaran baru 2017/2018?

Sebentar lagi libur lho...
Guru adalah seorang pelaku seni. Itu dalam pandangan saya. Sebab, guru selalu dituntut kreatif menciptakan suasana belajar yang menarik dalam setiap waktunya. Dituntut untuk selalu memiliki amunisi rencana dari A hingga Z ketika masuk ke dalam kelas. Hal ini dikarenakan yang berada dihadapan guru adalah seorang manusia. Makhluk hidup sempurna dengan kekuatan akal dan kelembutan perasaan. Sehingga, selalu memunculkan perubahan suasana dalam setiap detik-detiknya. 
123456789101112131415

2017-05-18

ICON TIDAK ADA YANG MUNCUL DI BLOG SETELAH GANTI TEMPLATE

Apakah teman-teman pernah mengalami hal yang sama? Mengganti template blog dengan template gratisan, setelah dipublish ternyata semua icon tidak ada yang tampil. Lalu, bagaimana solusinya?

icon tidak ada yang muncul di blog

Awalnya saya tertarik dengan sebuah iklan penawaran domain. Harganya cukup murah sehingga tanpa pikir panjang saya approve untuk membeli dan membuat blog baru. 

123456789101112131415

2017-05-13

SAAT SAYA RINDU MENULIS



Bagaimana rasanya rindu? Gundah gulana pastinya. Itulah yang sedang saya rasakan. Hati hampa, pikiran berkelana, dan badan serasa lemah tanpa tenaga. Rindu saya untuk menulis benar-benar membuat hidup ini hambar tanpa selera.

Namun, rindu ini tidak menemukan dermaga. Saya tidak bisa menulis. Ide yang berlompatan terlintas di kepala seperti mendadak hilang ketika akan menulis. Semangat yang awalnya membabi buta, kini seperti kerbau yang tak punya tanduk dinkepala. Energi saya melemah begitu senja muncul di cakrawala. Dan alunan lagu dari ranjang begitu menggugah selera. Membuat saya lebih memilih untuk merebahkan raga.

123456789101112131415

2017-04-28

INILAH ASRAMA LPMP JATIM YANG MENAWAN

Asrama LPMP Jawa Timur sangat menawan lho, fasilitasnya juga cukup lengkap. Butuh bukti? Cek dokumentasi di bawah ini.

123456789101112131415

2017-04-15

SETELAH 10 TAHUN NGEBLOG, SAYA MASIH HARUS BELAJAR MENJADI BLOGGER PROFESIONAL

Belajar menjadi Blogger Profesional


Oh, tidaaak... rupanya sudah tahun 2017, artinya sudah sepuluh tahun berlalu sejak blog falkhi dibuat dan lima tahun dari pengalihan blog menjadi TLD.  Bukan hanya blog yang berusia sepuluh tahun, tetapi juga usia keanggotaan saya dalam google adsense. Ya, saya mendaftar adsense beberapa bulan setelah blog falkhi dibuat. Jadi, pada tahun 2017 ini blog falkhi dan adsense saya sudah berulang tahun yang kesepuluh. Horeeeee!



123456789101112131415

2017-03-17

TIDAK PERLU GALAU, UN BUKAN KRITERIA KELULUSAN 2017 LHO

Bulan Maret- April adalah bulan tersibuk bagi siswa yang duduk di kelas akhir pendidikan tingkat menengah. Berderet jadwal ujian sudah menuggu di depan mata dengan muaranya berjudul Ujian Nasional (UN). Biasanya nih kalau lihat kata UN, pikiran udah galau. Bingung bagaimana jika nantinya tidak lulus dalam UN, iya kan? Hehehe. Tenang, UN tidak lagi menjadi kriteria kelulusan untuk tahun ajaran 2017.

kriteria kelulusan 2017
Kriteria Kelulusan 2017

123456789101112131415

2017-03-16

SAYA INGIN BISNIS RUMAHAN TANPA MODAL, BISA?

Memasuki tahun 2017, keinginan saya untuk berbisnis di rumah semakin kuat. Tapi, mau bisnis apa? Bingung. Apalagi modal yang seharusnya ada sudah amblas. Duh, ada gak bisnis rumahan tanpa modal? Kalau ada, bisakah berbagi ilmu dengan saya?

bisnis rumahan tanpa modal
Sumber : images.glaciermedia.ca


123456789101112131415

2017-03-08

MINYAK JELANTAH MENUMPUK? LAMPU MINYAK GORENG SOLUSINYA


Lampu minyak goreng itu hemat, unik, dan yang paling penting dapat mengurangi dampak negatif akibat membuang minyak goreng bekas sembarangan. Yuk, belajar jadi kader lingkungan. 

lampu minyak goreng

Sering menggoreng dan kebingungan dengan minyak goreng bekas alias minyak jelantah hendak dibuang kemana? Sama dong. Saya sering bingung ketika minyak jelantah sudah meluber di tempat penampungan. Mau dibuang ke saluran pembuangan atau ke tanah? Jika dibuang ke saluran pembuangan apakah tidak menyumbat saluran? Jika dibuang ke tanah, apakah tidak berbahaya bagi tumbuhan yang hidup disekitar tempat pembuangan? Duh, gimana ini. Saya jadi pusing tujuh keliling. Hingga suatu hari seorang teman menceritakan tentang lampu dari minyak goreng. Memangnya bisa ya? **mikir**

123456789101112131415

2017-02-27

CARA PALING SERU MENIKMATI MACET

Apa yang teman-teman lakukan saat terjebak macet, kepanasan, dan pasti telat berjam-jam untuk hadir ke suatu acara? Panik, bingung, marah, sedih, menyesal, atau masih ada rasa yang lain. Itulah yang saya rasakan saat ini. Saya terjebak macet di jalur Pasuruan - Malang. Lalu, bagaimana cara paling seru menikmati macet ala falkhi? Nikmati kisahnya di bawah ini.

123456789101112131415

2017-02-24

DOMNIS UN 2017 JAWA TIMUR UNTUK SMP/SMA

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya DOMNIS (Pedoman Teknis) untuk UN, USBN, dan US 2017 Jawa Timur keluar. Kebingungan akan penyelenggaraan UN, USBN, dan US pun menghilang. Maklum, pelaksanaan UN 2017 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana dengan teman-teman guru yang lain, apakah mengalami kebingungan pelaksanaan seperti saya? Hehehe (*edisi cari teman seperjuangan)


123456789101112131415

2017-02-17

6 WISATA GLENMORE BANYUWANGI YANG MENARIK


6 wisata Glenmore Banyuwangi yang menarik antara lain 

Perkebunan Kendeng Lembu, waduk Sidodadi, umbul Pule, umbul Bening, candi Agung Gumuk Kancil, dan pura Beji Ananthaboga. 

wisata glenmore banyuwangi
Sumber : cdns.klimg.com
Glenmore adalah salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Banyuwangi. Daerah ujung timur pulau Jawa. Jika menilik nama, saya sangsi daerah ini berada di pulau Jawa. Namanya mengingatkan nama-nama daerah di Eropa, apalagi penyebutan Glenmore tanpa menyertai huruf “e”. Serasa berada di Eropa, kan? Hehehe. 

Akhir tahun 2016, saya berkesempatan mengunjungi Banyuwangi. Saya memilih rute pergi melalui Situbondo dan rute pulang melalui Jember. Rute Banyuwangi-Jember ini melewati kecamatan Glenmore. Nah, teman-teman menyarankan untuk istirahat dan berwisata sejenak di Glenmore. Katanya, tempat-tempat wisata di Glenmore Banyuwangi sangat menarik.
123456789101112131415

2017-02-04

LIBURAN KE GILI KETAPANG, YUK!


Pernah mengunjungi Bali via darat dari Surabaya? Jika pernah, pasti tahu dong dengan Probolinggo. Daerah yang dikenal dengan Bromo dan suku Tenggernya. Selain keindahan pegunungan, ternyata Probolinggo juga menyimpan eksotisme bawah laut lho. Kecantikan karang yang dikelilingi ikan Nemo itu tersembunyi di sekitar pantai pulau Gili Ketapang. Pulau mungil yang terletak di sebelah utara kota Probolinggo. Cocok banget deh buat mengisi liburan.



123456789101112131415

2017-01-22

DIMANA KESABARANMU GURU?

"Teaching can be an extremely stressful job, it is your responsibility as a teacher to have patience when dealing with your students"

(DialMyCalls - www.slideshare.net)


Salah satu perilaku yang diharapkan dari seorang guru adalah sabar. Sikap yang menurut KBBI harus ditampakkan dalam bentuk perilaku tenang, tidak tergesa-gesa, dan tidak lekas marah. Emosi positif yang diharapkan nantinya akan membantu siswa dalam menemukan jati diri dan masa depannya.
123456789101112131415

2017-01-16

MEMBUAT SKPP UNTUK PENGAJUAN GAJI

Awal bulan adalah waktu yang ditunggu-tunggu bagi kaum pegawai sipil seperti saya. Khususnya ketika terdengar bunyi notifikasi banking yang menunjukkan sejumlah dana masuk rekening. Waaa... rasanya dunia seperti pelangi, indah dengan warna-warna yang mencerahkan hati.

Sumber : www.clipartkid.com
Lalu bagaimana jika di awal bulan tiba-tiba namamu tidak ada dalam daftar gaji? Bukan hanya nama tapi rekeningmu juga membisu tanpa adanya notifikasi dana yang masuk. Hmmmm... serasa pelangi pindah tempat ya. Kemana? Ke matamu. Ups :D

123456789101112131415

2017-01-10

MANAJEMEN WAKTU : RESOLUSI 2017


Tahun 2017 sudah mencapai hari ke 10, dan saya masih setia tanpa adanya kalender. Akibatnya, jadwal pekerjaan hingga keinginan untuk tema #Resolusiku2017 belum dapat terdeteksi. Sebab, tidak ada tanggal yang pasti. Semua masih berupa bayangan dalam imajinasi. Eh, kok malah berpuisi. Hihihi...

Ngomongin tentang resolusi, saya teringat resolusi awal tahun2016. Ada resolusi khusus yang ingin saya capai di tahun 2016. Tetapi ternyata hingga tahun berganti, resolusi utama itu tidak dapat saya laksanakan. Sedihnya, hiks :’(
Sumber : previews.123rf.com
Setelah mencoba mengevaluasi diri tentang resolusi tahun 2016, saya menemukan satu hal penting yang menjadi kunci. Kemungkinan penyebab tidak tercapainya beberapa resolusi, termasuk resolusi utama. Kunci penyebab itu adalah waktu. Yups, manajemen waktu saya benar-benar buruk tahun kemarin. Padahal, pengelolaan waktu merupakan acuan dalam mencapai target-target yang diinginkan. Jadi, untuk tahun 2017 resolusi utama saya adalah manajemen waktu dengan baik.

123456789101112131415