Custom Search

2018-03-23

TIPS MUDIK DENGAN BIAYA MURAH

Bulan Maret akan segera berakhir. Setelah itu April, Mei, dan Juni. Hayoo ada apa di bulan Juni? Hehehe. Tahun 2018 bulan Juni memiliki hari istimewa lho, yaitu hari raya Idul Fitri. Nah, hal unik yang dilakukan umat muslim Indonesia saat hari raya Idul Fitri adalah tradisi pulang kampung alias mudik. Agar bisa mudik ke kampung halaman, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Terutama masalah finansial. Gak lucu kan kalau kita kehabisan uang di tempat mudik dan akhirnya berhutang untuk bisa kembali pulang. Hahaha. Untuk itu, sebelum mudik kita harus benar-benar memperhitungkan masalah finansial. Termasuk mencari cara agar bisa mudik dengan biaya murah.


Persiapan kendaraan mudik dari kemenhub (sinarharapan.net)

Biasanya harga-harga selama hari raya Idul Fitri melonjak tajam, bagaimana bisa kita mudik dengan biaya murah? *Nah, lho... gimana coba.


Hm..., bagaimana kalau dengan dengan mempersiapkan mudik jauh-jauh hari? Misalkan hari raya Idul Fitri jatuh pada bulan Juni maka H-3 bulan sebelumnya alias mulai bulan ini, kita harus mulai mempersiapkan segala hal tentang mudik. Kenapa harus jauh-jauh hari? Karena dengan waktu yang lama kita bisa survei harga, bahkan mungkin mencari promo-promo mudik murah, apalagi kalau sampai gratis. *ngarep, hahaha.

Jika dikelompokkan ada empat bagian pokok dalam tubuh mudik, yaitu transportasi, hadiah/oleh-oleh/angpao, barang bawaan, dan konsumsi selama perjalanan. Agar dapat mudik dengan biaya murah, maka kita harus meminimalkan segala biaya dalam empat bagian tersebut.

Transportasi

Harga tiket maupun sewa kendaraan selama masa Idul Fitri dipastikan mengalami kenaikan. Oleh sebab itu, kita harus melakukan survei terlebih dahulu agar dapat mempersipakan biaya yang dibutuhkan. Jika kita berencana menggunakan sarana transportasi publik, maka carilah promo tiketmudik secara online sejak hari ini. Sesuaikan waktunya dengan anggaran yang tersedia. Jika sudah cocok di kantong, segera eksekusi. Jangan hanya klik untuk wishlist, sebab peminat promo tiket mudik tidak hanya kita. Jadi, sangat penting untuk segera mengeksekusi promo tiket mudik murah yang sudah didapatkan.
 
Jika kita berencana menyewa kendaraan, carilah persewaan yang memiliki kredibilitas dalam menyediakan kendaraan yang aman dan nyaman. Bertanyalah tentang harga setiap mobil dan lakukan negosiasi jika harga yang ditawarkan belum sesuai dengan budget kita. Jika harga sesuai, langsung pesan. Jangan tunggu besok-besok. Bisa berat harganya, dan kamu gak akan kuat, hehehe.

Bagaimana jika menggunakan kendaraan pribadi, apa harus survei harga bahan bakar? Itu mah konyol, hahaha. Jika menggunakan kendaraan pribadi, cukuplah dengan survei jalan-jalan alternatif di setiap kota yang akan dilewati. Pengetahuan tentang jalan alternatif yang memotong jalur perjalanan penting diketahui agar bisa menghemat bahan bakar karena berkurangnya jarak yang ditempuh kendaraan. Selain itu, pengetahuan tentang jalan alternatif bermanfaat untuk menghindari terjadinya macet. Tetapi, kalau sudah terjebak macet, carilah cara menikmati macet. Dengan begitu, perjalanan akan tetap menyenangkan.  

Ingin mudik dengan gratis? Silakan mencari agen-agen yang menyediakan mudik gratis. Ada banyak perusahaan dan kantor pemerintahan yang menyediakan layanan ini. Bertanyalah tentang persyaratan yang diinginkan dan segera lakukan pendaftaran. Jangan terlalu lama berpikir, nanti tidak kebagian tempat, hehehe.

Hadiah/Oleh-Oleh/Angpao

Ketika sampai di tempat tujuan, biasanya para pemudik ditanya hadiah/oleh-oleh/angpao yang akan diberikan pada keluarga dan tetangga di kampung. Tidak ada paksaan untuk memberikan hadiah/oleh-oleh/angpao, tetapi jika ingin bersedekah maka Idul Fitri merupakan momen yang tepat. Oleh sebab itu, jika memiliki rencana untuk memberikan sedekah dalam bentuk hadiah seperti memberi baju jas koko untuk ayah, gamis untuk ibu, atau benda lain kepada sanak saudara, segeralah berbelanja mulai hari ini. Ingat, harga barang menjelang Idul Fitri akan beranjak naik.

Tidak memiliki waktu untuk berbelanja secara langsung? Waktunya berbelanja secara online. Ada banyak olshop dan marketplace yang bisa dikunjungi. Pilihlah toko yang memiliki kredibilitas (bisa dilihat dari testimoni pembeli) sebelum melakukan pemesanan. Poin ini penting untuk menghindari penipuan dengan kedok penjualan barang.

Barang Bawaan

Pernah melihat pemudik membawa barang? Fantastis biasanya, hehe. Sebab mudik dilakukan berhari-hari sehingga membutuhkan banyak persediaan pakaian, dll selama mudik. Terutama jika membawa anak-anak dengan usia balita. Pasti nih emak-emak bakalan rempong dengan barang bawaan. Apalagi kalau ada barang yang tertinggal, duh jangan sampai deh ya.

Bagi yang berencana membawa anak-anak, ada baiknya barang-barang anak dipisahkan dari orang tua. Setidaknya, sediakan koper khusus anak. Hal ini untuk meminimalkan barang yang terlupa. Selain itu, koper anak akan mempermudah pencarian barang jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Terutama ketika masih dalam perjalanan. Sebab, ada banyak alasan dalam perjalanan yang mengharuskan emak-emak mengeluarkan barang-barang anak. Hehehe.     

Lalu, apa hubungannya barang bawaan dengan biaya mudik yang murah? Bagi yang menggunakan transportasi publik khususnya pesawat, berat barang bawaan sangat berpengaruh pada biaya yang akan dikeluarkan. Oleh sebab itu, sebelum mudik sebaiknya catat barang apa saja yang akan dibawa. Jika melebihi batas bagasi yang diijinkan, perkirakan biaya yang timbul dan atur kembali barang yang akan dibawa. Dengan demikian, kantong kita tidak bocor di jalan akibat banyaknya barang bawaan.

Konsumsi Perjalanan

Perjalanan yang jauh akan menguras energi sehingga asupan energi selama perjalanan berlangsung penting untuk diperhatikan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menekan biaya konsumsi dalam perjalanan. Pertama, membawa bekal dari rumah. Biaya untuk memasak makanan sendiri biasanya lebih murah dibandingkan dengan biaya untuk membeli makanan yang sudah jadi. Sediakan juga penganan dan minuman sehingga tidak bingung saat haus di tengah perjalanan.

Kedua, mencari tempat makan yang sesuai budget. Di era teknologi seperti saat ini, sangat mudah sekali mencari tempat makan yang sesuai sebelum datang ke tempatnya. Bisa dengan mencari informasi di google atau aplikasi-aplikasi perjalanan. Biasanya ada banyak review terkait dengan tempat makan, baik dari menu, tempat, maupun harga. Carilah informasi jauh-jauh hari sebelum berangkat untuk mengestimasi biaya konsumsi selama perjalanan. Dengan begitu, kantong akan tetap aman dari kebocoran. Hehehe.

Itulah 4 faktor yang harus diperhatikan jika ingin mudik dengan biaya murah. Semoga tips mudik dengan biaya murah ini bermanfaat untuk mempersiapkan mudik 2018. Jika ada yang memiliki tips lain, boleh lho ditulis di kolom komentar. Hehehe.

Selamat mempersiapkan mudik 2018.  
Artikel Terkait
123456789101112131415