Custom Search

2007-12-28

ANTOLOGI THO 1

selamat pagi, di antara debur ombak yang pasang dan ratusan mayat terapung
sambutan hangat dari samudera yang gerah atas volumenya
selamat pagi, pada hutan yang tinggal nama dan tanah-tanah yang mulai menggugurkan dirinya
daun kering tertiup mengucap selamat tinggal
selamat pagi, pada matahari yang kian perkasa dengan terik sinar dan panas cahyanya
atmosfer takluk tak lagi menghadang

selamat pagi, terlantun lembut dari bibir kering manusia tanpa dosa
123456789101112131415

2007-12-13

WANITA YANG SELALU BERTANYA


wanita yang selalu bertanya,
mencari jawab dan tak pernah ia temukan
bahkan dalam remah roti dan botol bekas alkohol

gurat perih dan kelam tertahan
dalam mata yang sayu

jeritnya melenguh
mencoba menggapai tanya yang terlontar
tapi hanya angin membelai
menyentuh bibir pasi terkatup
lembut
mengusap debu di sekujur tubuh yang kini kaku,
mati dalam pencarian jawabnya


malang,131207
123456789101112131415

2007-11-21

SEPI


kutemukan sepi menggayut hati
melambai gerimis yang mulai datang
saat pelangi mulai memudar di lengkung cakrawala

sepi yang membuatku sendiri
menatap kerikil tajam sepanjang jalan
namun tak jua ku temukan kembang bermekaran
hanya seikat melati layu
tetap tergeletak di altar penantian

malang, 211107
123456789101112131415

2007-11-17

ANTOLOGI 7

RUH

Malam bertandang
Siang berdentang
Diam,
Diam,
Diam!
Aku mengerang
Aku meregang
Aku menggelepar
Dalam ruhku,



Malang, 121107


GERBANG

Merajam rupa
Bau arak menyergap
Menyelubungi sekat-sekat raga
Ku temukan sepotong ruh terperangkap
Berjeruji jaring kematian
Matanya melotot menyembur kemarahan
Merah
Letupan darah
Akhirnya rebah dalam kebisuan
Membumbung menuju panggilanMu



Malang, 270807


SORE YANG MENANTI

Lontar kering terserak digundukan merah
Menyapa kamboja di pucuk senja
Mantra mulai berbicara
Lagu rindu terekam
Mengitari kesepian
Merayu kembang melati yang mulai layu
Menghiba kedatangannya
Dalam tapak perjalanan dan geliat sendi kehidupan



Malang, 080907


DI UJUNG JALAN

Detak jantung tak menemukan iramanya lagi,
Sesak menyeruak,
Degup berdesak,
Bibir menggetar,
Airmata terpecah,
Rindu ini...
Begitu hina ku hantarkan dalam penantian panjang di jalanMu


Malang, 211007


PINTU LANGIT

Dalam senandung biru
Lantun berirama, melodi rebana, tetabuhan bergelar, gesek suara, dengung berbisik,
Nada sayup terlena melepas petang
Bergegas membuka tabir-tabir cinta
Menyentuh tirai bersulam kembang fajar
Lembut merangkai satu demi satu ketakperdayaan yang terbungkam
Menyisir aroma wangi taman firdaus di pintu langItMu



Malang, 251007


HANYA UNTUK CINTA

Di balik bocah-bocah
Kursi rotan tak pernah berpindah tempat
kelambu usang tertiup angin kemarau
daun pintu mengerit tak tertahan
merekam pasrah yang terus berputar

Di balik bocah-bocah
bibir tak henti mengembang
wajah tak layu berdendang
menggumamkan rasa yang terpendam

Di balik bocah-bocah
Jerit menjadi sekelumit senyum terkembang
Menyimpan kepahitan hanya untuk dia seorang
Untuk cinta yang dia rasakan
Pada kekasih di muara kehidupan


Malang, 121107


SEBELUM TUHAN MEMANGGIL

Kau pikir Tuhan peduli,
Tahajjudmu mewarnai malam demi malam
Sapaan fajarmu bergulir setiap waktu
Pundi uang tercipta dalam panti yatim dan jompo
Puasamu tak pernah berhenti
Lima waktu slalu kau tepati
Dzikir dan doa bersahutan melalui senyum bibir yang tersungging

Kau pikir Tuhan peduli,
Jika semuanya karena kewajiban
Karena manusia adalah makhluk Tuhan
Karena Muhammad yang menyampaikan
Karena kau tak berkesempatan meninggalkan semuanya
Karena kau takut berdosa dan masuk neraka

Kau pikir Tuhan akan peduli, dan memberimu rejeki
Memberimu anugerah
Memberimu kasih sayang
Kemudian memasukkanmu ke surga

Kau pikir Tuhan layaknya orangtua,
Yang akan memberi imbalan karena melakukan perbuatan
Yang harus di sayang ketika tua karena telah menyayangi sedari kecil
Yang harus dipatuhi perintahnya karena berakibat pada kelanjutan sandang, pangan dan papanmu

Kau pikir hanya untuk itu,
Lalu apa sebenarnya arti Tuhan bagimu?


Malang, o61107
123456789101112131415

2007-10-25

TENTANG AKU


Aku menemukannya,
Sapaan halus lewat tangan preman
Yang menjegalku tadi pagi sebelum ke pasar

Ketika ku lengah,
Terbuai keacuhanku

Aku menemukannya dalam tangan yang menengadah,
Pengamen jalanan di atas bus kota

Ketika ku berpaling,
Memilih ketidakpedulian

Aku telah menemukannya


Malang, 180907
123456789101112131415

LEBARAN

Baru aja kita ngerayain lebaran, yang dikenal juga sebagai hari kemenangan karena udah ngejalanin puasa 1 bulan. Lebaran juga dikenal sebagai hari yang fitri, mudah2an setelah lebaran bener2 jadi orang yang fitri. Tapi rada susah juga setelah libur lebaran cz tugas2 udah pada numpuk n minta di kerjain, semangat aja kali ya..
123456789101112131415

2007-09-12

ANTOLOGI 6

SAJADAH KUSAM

Seperti lapak, terhampar
Serat-serat tenunnya mulai kehilangan warna
Sobekan kecil menjaring laba-laba
Membekas jejak kaki dan kening
Di kala burung hantu memangsa
Kembali ku usap serat-serat tenunnya
Jejakkan pinta dalam doa
Tak letih menunggu hingga kokok ayam menyapa
Karena hanya dermaga ini yang ku punya, tuk bawaku menuju samudraMu

Malang, 090907



HARI INI SAJA…

Ijinkan aku hari ini,
Meneguk arak dan berbuat zina
Menyembah dewa dan menyekutukanMu
Aku ingin, sebab ibu selalu membungkam pertanyaanku
Jadi, ijinkan aku hari ini saja untuk mencari jawabnya

Malang, 090907
123456789101112131415

2007-08-31

ANTOLOGI 5

SEBUAH PINTA

Buat yang kurindukan di akhir malam
Jemput jiwaku tuk menemani dalam detik-detik kelam
Dan bawa aku menuju tirai harapan

Buat yang ku rindukan di akhir malam
Bukalah mataku tuk memandang kemilau getar cintaMu
Dan jagalah hatiku tuk selalu datang bercinta
Dalam lafadh-lafadh dzikir dan doa


Malang. 131206



HARAP SEORANG HAMBA

Dalam tanya ku bersujud
Pantaskah aku memintaMu
Menjadikanku sebagai kekasihMu
Sedang aku tak pernah menyebutMu
Bahkan dalam alam bawah sadarku

Malang, 280905




MACET

Berbaris seperti semut
Merangkak, melangkah, berlari
Secepat kilatan cahaya petir
Kemudian berhenti
Diam
Menunggu
Berlalu
Waktu
Melempar dadu

Gempol, 230906
123456789101112131415

2007-08-25

ANTOLOGI 4

AKU HANYA BERTANYA

Kenalkah kau pada lekuk semesta?
Horison, khatulistiwa, aurora, galaksi
Atau….kau hanya mengerti pada lekuk tubuhmu?
Ah, sudahlah…
Tak usah mengelak,
Tak butuh celoteh panjangmu
Aku hanya bertanya, kenalkah kau pada lekuk semesta?

Malang, 040807



MENUNGGU KABAR

Kabar berita tak kunjung tiba,
Mungkin di sana masih ada pesta
Hura-hura atau huru hara
Malaikat, bidadari ??
Ku tunggu deh,
Sampai malam berganti pagi
Pagi berganti malam
Terus…
Terus…
Hingga usiaku semakin berang
Tak kunjung datang,
Yah…Mungkin di sana memang ada pesta


050807


AKU AKAN BERTEMU TUHAN

Usaplah titik air mata yang kau undang
Lendir penghias dua rongga hidungmu
Atau gradasi warna merah yang mulai mencumbu kedua bola mata itu

Biarkan malaikatNya bertandang
Menjemputku di ujung petang
Biarkan..
Janganlah kau jadi penghalang
Aku tak ingin kau meradang
Sebab aku akan bertemu Tuhan

110807


BUKAN TUHAN

Hanya manusia buta,
Meraba dan merasa hidup adalah takdir
Hanya manusia bisu,
Mengangguk dan menggeleng pada aliran kehidupan
Hanya manusia tuli,
Berteriak dan menjerit kesakitan saat cobaan datang perlahan-lahan
Hanya manusia kikir,
Menyesalkan jumlah rupiah yang menghilang
Hanya manusia sombong,
Melontarkan sedikit bantuan yang diberikan
Hanya manusia egois,
Merengek dan selalu meminta perhatian
Hanya manusia….. bukan Tuhan

Malang, 300707
123456789101112131415

2007-08-15

PERTIGAAN


Tak banyak yang peduli, sesosok lelaki tua dengan sebuah meja berisi koran dan tabloid dihadapannya. Wajah yang telah keriput dan usia menghampiri senja tak membuatnya menyerah pada kehidupan. Ia tetap berjuang demi sesuap nasi untuk bertahan hidup. Ia tetap tersenyum pada setiap orang yang melewatinya seraya menawarkan koran dan tabloidnya.Ia tetap bersemangat walaupun tak ada yang memperdulikannya.

Sumber : image.freepik.com


Lelaki setengah baya dengan gerobak bakso datang menghampiri. Gerobaknya ia letakkan bersebelahan dengan dagangan pak tua. Pak tua tersenyum,"Sudah laku banyak Nak?"

"Lumayan, tinggal separuh."

"Kau tidak berkeliling lagi? sekarang jam istirahat biasanya orang suka makan bakso."

123456789101112131415

SAHABATKU, ISSEL

Aku memasuki gerbang sekolah SMA Paranala, suasana sekolah masih sepi, ku lirik jam di tangan kiri, menunjukkan pukul 06.05 WIB. "Pantas saja masih sepi" ujarku dalam hati, kemudian berlalu menuju kelas paling pojok. Sebelum masuk aku melongok ke dalam kelas lewat jendela, "gak ada orang" bisikku lirih. Akhirnya ku putuskan pergi ke belakang sekolah, biasanya Pak Juned (satu-satunya pak kebun di sekolahku) masih membersihkan halaman belakang, siapa tahu aku bisa membantu.
Sumber : s-media-cache-ak0.pinimg.com
Ternyata dugaanku benar, Pak Juned sedang mencabuti rumput liar di beberapa pot bunga yang diletakkan di belakang sekolah. Melihat kedatanganku Pak Juned tersenyum.

"Wah….Mbak Ije kok pagi benar datangnya?"

"Gak tau Pak, lagi males aja di rumah" jawabku sambil berjongkok di dekat Pak Juned.

"Waduh…pasti Mbak Ije lagi ada masalah," tanyanya penuh selidik, "soalnya yang bapak tahu mbak, semua orang pasti merasa senang di rumah."

123456789101112131415

MEDIA MASSA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI PERBANKAN SYARIAH DI NUSANTARA

Komunikasi (dari Latin "Comunicare") biasanya diartikan sebagai suatu proses penyampaian lambang-lambang antara dua atau lebih orang (atau sistem) yang dapat diberi makna tertentu oleh kedua belah pihak (encoded-decoded) dan biasanya menghasilkan umpan balik (feedback). Adapun Harold D. Lasswell secara sederhana mendefinisikan komunikasi adalah siapa mengatakan apa, melalui saluran apa, kepada siapa dan apa akibatnya.

Sumber : www.justme.ws
Pakar komunikasi Rogers dan Shoemaker menyatakan bahwa komunikasi adalah proses pesan yang disampaikan dari sumber kepada penerima. Sedangkan Koncaid dan Schramn menyatakan komunikasi sebagai suatu proses, artinya komunikasi merupakan proses berbagi/menggunakan sebuah informasi secara bersama dan pertalian antara peserta dalam proses informasi tersebut dinamakan komunikasi. Ciri adanya proses komunikasi menurutnya adalah : harus ada dua pihak atau lebih, dan ada proses berbagi informasi, sehingga harus selektif dalam memilih alat komunikasi dan memilih pola yang sesuai untuk menggambarkan pikiran. Lebih jauh dia menyampaikan bahwa langkah-langkah dalam sebuah proses komunikasi adalah menciptakan informasi, menyampaikan informasi tersebut, memperdalam perhatian, menafsirkannya, memahaminya lalu melaksanakan, serta timbulnya pengertian bersama.

123456789101112131415

ANTOLOGI 3

MENJELANG SHUBUH

Terngiang, ketukan alarm berlari
Menyongsong fajar,
Bias cahaya terpancar
Bermandikan gelembung udara segar

Ketukan alarm terus berlari
Dan aku tak akan mencari
Cukup di sini,
Bertangkup selimut berselendang mimpi

070807



123456789101112131415

ANTOLOGI 2

 KEPADA TUHAN
 

Kepada Tuhan,
Kepada Tuhan,
Kepada Tuhan,
Aku…………. Kepada Tuhan,
Aku…………..Kepada Tuhan,
Aku…………. Kepada Tuhan,
Bernyanyi
Menari
Tertawa
Aku…………..
Kamu………...
Dia…………...
Kepada Tuhan,
Kepada Tuhan,
Kepada Tuhan,


Malang, 010807

123456789101112131415

2007-06-23

SURAT UNTUK HAMBA

Pada siapa semua kan berlabuh,
Tiap molekul gas yang terhisap dan terbuang
Pada siapa semua kan terhampar,
Guratan senyum yang selalu tercermin

Terkadang adaNya tak didaftar
Hanya sebagai tempat memaki dan mengadu jika kehidupan tak sesuai dengan keinginan
Tempat keluh kesah dari semua masalah
Akhir dari segala usaha yang dilakukan

Dimana kau letakkan cinta dan kasihNya?
Kapan kau ucapkan lafal-lafal kerinduan untukNya?
Atas segala yang kau miliki
123456789101112131415

2007-05-22

FRAME


Jeruji yang terbingkai
tampakkan wajah-wajah asing

Seringai yang tak ku kenal dan pandangan tajam menusuk
satu persatu menghantui
datang dan pergi tanpa permisi
dalam deretan cemara berkabut

Serumpun padi nan wangi mengguyur imajinasiku
membubarkan petak benih yang ku tanam
menutup lembar kusut, diary hitam dalam detakan jantung
123456789101112131415

2007-05-11

JENDELA MATA


Dalam detik yang terus berputar
Pertanyaan silih berganti
Jawaban tak pernah pasti
Hanya ragu dan sepi, selalu menemani
Dalam kesendirian
Pelita mungkin tak akan padam
Bersinar dalam gulita
Namun, adakah bumi berevolusi sendiri tanpa bulan?
Matahari berotasi tanpa planet dan gugusan asteroid?

Gulita semakin pekat, berlumur duri yang menusuk
Jengah, pasrah, tak tentu arah
Tangan dan kaki terkunci mati
Telanjang dalam lumpur keterasingan



Malang, 11 Mei 2007
123456789101112131415

2007-04-24

ANTOLOGI 1


DI AKHIR MALAM


Ijinkan aku menjadi budak
Karena tak sanggup menjadi kekasih
Karena tak sanggup untuk selalu mencintai


Ijinkan aku kembali
Mengais cinta yang kau relakan
Gelimang kasih tanpa balasan


Ijinkan aku kembali
Mengetuk pintuMu di setiap hembusan nafasku



Malang, 02 desember 2006




123456789101112131415

2007-04-13

YANG DI TUNGGU


Berjuntai kalimatMu dalam lirik
Terangkai menjadi mata rantai tak putus ujungnya
Bergemerincing memanggil
Sayup
Menunggu jawaban
Menunggu balasan
Menunggu kedatangan
Kiranya kembali kalimatMu dalam suara doa nan suci
Wangi terhantar gelombang elektromagnetik
Merangkul memuji sang pemilik diri
Kiranya hanya angan
Kiranya hanya bayangan
Maya terpantul dalam bilik ArsyMu


130407
123456789101112131415

2007-04-05

DIALEMA


kelelahan yang tak kunjung usai
ketakutan akan adanya perubahan
bergejolak, riuh bercampur peluh
berharap nahkoda akan berlabuh

kelelahan, menjalani ritme yang tak pernah berubah
sebuah dialema
kehidupan

050407
123456789101112131415

2007-03-08

CAHAYA


Warna yang terus memudar, menyapu titik kulminasi
merah dan biru
bersembunyi dalam gelembung embun pagi yang tak pernah bisa ditemui
Seperti salju, putih membiru
dan warna mawar, merah merona
cahaya tampak dalam duniaku
123456789101112131415

MEMBANGUN MASYARAKAT SEHAT MELALUI MEDIA MASSA


Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan salah satu penyakit yang berisiko tinggi dan banyak menyebabkan kematian. Bisa dikatakan penyakit jantung sebagai penyebab utama meningkatnya kematian di beberapa negara termasuk Indonesia. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah meningkat secara tajam.Hal ini tentu sangat memprihatinkan, terlebih lagi di Indonesia. Akan tetapi jika kita perhatikan peningkatan itu sangatlah wajar. Bagaimana tidak, pola hidup di masyarakat telah berubah seiring dengan makin pesatnya IPTEK. Sehingga tak heran jika kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah meningkat secara tajam.

Sumber : 2fhjuw36qc3g36anx54adxd2nje.wpengine.netdna-cdn.com
Salah satu cara untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah adalah merubah pola hidup masyarakat menjadi pola hidup sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara istirahat yang cukup, olahraga, menghindari rokok, gizi seimbang dan sebagainya. Walaupun pada dasarnya cara-cara di atas cukup mudah untuk dilaksanakan tetapi hanya sebagian masyarakat saja yang menerapkannya. Sedangkan sebagian besar masyarakat tidak peduli dan bahkan tidak tahu tentang pola hidup sehat. Padahal keuntungan dari pola hidup sehat sangatlah besar terutama dalam bidang kesehatan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu upaya agar masyarakat tidak lagi menyepelekan pola hidup sehat.

123456789101112131415

GELOMBANG SINUSOIDA PENDIDIKAN


Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi. Oleh sebab itu pendidikan sering dijadikan tolak ukur kemajuan generasi dari suatu bangsa.

Sumber : www.wuskosova.org
Indonesia sendiri hingga saat ini mutu pendidikannya masih rendah. Dilihat dari laporan tentang pembangunan manusia Indonesia yang dipublikasikan UNDP pada tahun 2004, di mana Human Development Index Indonesia berada di urutan ke-111 dari 175 negara. Sementara penguasaan matematika siswa kelas II SMP, sebagaimana tercermin dalam hasil tes Trends in Mathematics and Sciences Study 2003, Indonesia berada pada urutan ke-34 dan 36 untuk sains dari 46 negara. Walaupun dalam beberapa catatan ada beberapa siswa yang secara individual menunjukkan prestasi dalam olimpiade sains tingkat internasional. Namun keberhasilan ini tidaklah semata-mata mencerminkan mutu pendidikan di Indonesia secara umum.

123456789101112131415

DIBALIK DOA SEORANG ULAMA


Do’a adalah permohonan seorang hamba kepada Rabbnya untuk diberikan perlindungan (inayah) dan pertolongan(ma’unah).Dalam islam do’a adalah salah satu ajaran pokok atau inti di sebut juga sebagai otaknya ibadah (al-du’a mukhkhu al-‘ibadah).Pada hakikatnya do’a adalah ekspresi ketidakmampuan dan kefakiran kepada Allah SWT,simbol dari penghambaan serta kesadaran bahwa manusia hina dan lemah di hadapan Allah SWT.

Sumber : kusmono.com
Berdo’a dapat dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja,tidak terbatas pada suatu waktu tertentu atau oleh orang tertentu seperti firman Allah dalam surat Al-mu’min :60,"Berdo’alah kepadaKu,Aku akan mengabulkannya"dan hadis nabi berdo’alah kepada allah…..Namun sudah menjadi tradisi di lingkungan kita untuk meminta do’a kepada para ulama atau kyai dengan alasan agar do’anya cepat dikabulkan.Apakah do’a seorang ulama atau kyai memang cepat dikabulkan? Wallahu a’lam bissawab kita tidak pernah tahu itu.
Nabi bersabda carilah ilmu sampai ke negeri cina,begitu pentingnya sebuah ilmu hingga nabi memerintahkan mencari ilmu ke negeri cina yang pada saat itu mengalami kemajuan di bidang ilmu pengetahuan.Ilmu pengetahuan tanpa agama buta dan agama tanpa ilmu pengetahuan pincang ungkapan einstein ini juga menjelaskan bahwa ilmu pengetahuan itu sama pentingnya dengan agama karena dengan mendalami ilmu pengetahuan kita dapat lebih memahami tentang agama bukan hanya sekedar adat yang diturunkan oleh nenek moyang.

123456789101112131415

BIDADARI KECIL

Sudah hampir dua bulan, seorang gadis kecil berseragam merah putih selalu meletakkan selembar uang seribuan pada mangkok plastik didepanku disertai ucapan selamat pagi dengan tersenyum manis. Terkadang aku heran dengan sikapnya, tidakkah Ia bosan melakukan rutinitas itu setiap hari. Meletakkan selembar uang seribuan dan mengucapkan selamat pagi pada setiap orang sepertiku yang duduk berjajar di trotoar pasar ini. Ia memang tidak seperti kebanyakan orang yang ku jumpai, memberikan sedikit uang karena rasa belas kasihan tanpa ucapan apapun, bahkan terkadang dengan wajah keprihatinan. Sedangkan gadis itu, ucapannya tulus layaknya kepolosan gadis kecil seusianya. Ya, dia memang masih kecil, mungkin kelas tiga SD. Tapi tidak ada salahnya jika aku kagum pada sikapnya.

Sumber : www.gambaranimasi.org
Tak perlu tau namaku, toh aku bukan orang terkenal hanya seorang pengemis jalanan yang sering mangkal di trotoar pasar minggu ini. Sebenarnya aku tidak bercita-cita jadi pengemis tapi apa boleh buat, setahun yang lalu kaki kiriku diamputasi karena kecelakaan. Akibatnya aku dikeluarkan dari pekerjaan sebagai penjaga toko dan sejak saat itu tidak ada lagi yang mau menerimaku bekerja apalagi pendidikanku hanya tamat SMP. Keluarga…ya aku memang masih mempunyai kedua orang tua dan seorang adik perempuan yang usianya sebaya dengan gadis kecil itu. Tapi keluargaku di kampung.

123456789101112131415

PULANG


Aku mengunci pintu kamar dan merebahkan tubuhku di atas ranjang. Barang-barangku masih teronggok di sudut kamar. Kelelahan di perjalanan membuatku tertidur.

Tok….Tok….Tok……
"Zahwa….sudah sore nak, sudah sholat Ashar belum?". Suara ketokan pintu Uma membangunkanku. Aku bergegas bangun dan membuka pintu kamar.
"Zahwa..! kau belum berganti pakaian sejak tadi." Uma terkejut melihatku masih mengenakan jilbab dan pakaian lengkap dari pondok. Di pondokku setiap anak yang akan pulang di haruskan memakai seragam pondok, yaitu baju kurung dan rok panjang berwarna biru muda serta jilbab biru berbunga-bunga.
"Zahwa tadi ketiduran, belum sempat berganti pakaian" jawabku berdalih.

Sumber : pengayuhkereta.files.wordpress.com
123456789101112131415

SENJA


"Plung………." Terdengar suara batu yang menyentuh air. Ku ambil sekali lagi batu yang lebih besar. Byuur……..
"Kau masih ingin di sini?". Sebuah suara berat mengagetkanku.
"Sekarang masih belum sore, ijinkan aku di sini beberapa saat lagi," pintaku lirih.
"Jangan menunggu matahari tenggelam, kau akan kesulitan berjalan." Lek Cokro menjawab sambil berlalu pergi menuju sapi-sapinya. Aku hanya mengangguk samar, toh Lek Cokro tidak akan melihatku.

Sumber : www.gocelebes.com
Aku kembali memandangi danau, airnya tenang, setenang hatiku saat ini. "Hmm……….." aku menarik nafas panjang, ku lihat Lek Cokro masih asyik memandikan sapi-sapinya. Caranya memandikan sapi-sapi itu mengingatkanku pada Mbah Joyo. Mbah Joyo adalah kakek dari ayahku, yang juga ayah Lek Cokro. Rumah Mbah Joyo ada di sebelah barat danau, bersebelahan dengan rumah Lek Cokro. Sebelum Mbah Joyo meninggal dua tahun yang lalu, setiap liburan aku pasti ke sini. Selain kangen pada Mbah Joyo, aku juga kangen pada danau ini. Jika dilihat dari jalan diatas sana, pemandangan danau ini sangat indah, dikelilingi tebing yang ditumbuhi pohon-pohon besar. Beberapa meter di atas danau terdapat mata air yang jernih dan menyegarkan. Oleh masyarakat desa mata air tersebut dijadikan sebagai sumber kehidupan karena daerah ini termasuk daerah yang kesulitan air.

123456789101112131415

KETIKA MANUSIA TAK LAGI BERMAKNA

10 September 1986
Selamat pagi dunia,adakah peristiwa penting terjadi hari ini?. Jawab dong,kok diam saja. Sariawan ya?.
Selamat pagi semua,boleh aku bergabung?. Jangan tertawa dulu walaupun aku hanya masih bisa menangis tapi aku sudah tahu kok siapa saja yang ada di sini. Kalau ngga’ percaya aku sebutin satu persatu ya,mulai dari yang pakai kopyah,itu ayahku,yang lagi merokok di pojok kakekku,yang memakai kebaya biru nenek dan yang tersenyum dan menggendongku, ibu tersayang.

Sumber : emformyplace.files.wordpress.com
Di ruang tamu ramai sekali,banyak keluarga dan tetangga yang datang. Mereka menyambutku lho…..(jadi geer). Ngomong-ngomong kenapa aku harus di sambut yah,aku kan bukan presiden apalagi sekjen PBB,jauh banget tuh. Tadi aku juga diadzanin sama ayah,aku tidak tahu buat apa. Kata orang-orang agamaku islam,islam itu apa ya?. He…he…he…aku belum tahu,habisnya aku warga baru jadi masih belum tahu apa-apa. Kapan-kapan aku akan bertanya pada ayah,islam itu apa. Menurutmu islam itu apa?. Kok malah balik tanya ya,udah dulu ah aku ngantuk. Met bobo’ (zzzzzzzzzzzzzz).






123456789101112131415

2007-02-13

PERJALANAN

Tertatih
Menggapai setangkai melati dalam semak
Wanginya tercium tak bisa di raih
Putihnya meranum menebar senyum


123456789101112131415

MY DAY


ada resah yang terpasung,
menuaikan sejuta warna dalam sepekat angan
menahan gejolak semu yang mulai terbungkam

butir-butir waktu, menggilas kelelahan dan kerinduan
hingga akhirnya merona
berseri dalam sekejap mata
namun resah mulai merenda
menyulam sepi dalam penantian


123456789101112131415

2007-02-08

BINGUNG

berkarib selusin jerit yang terampas,
biarkan sepenggal kepala menjadi korban
sekalipun darah tercecer membuat jejak

Hanya sepenggal kepala
sepenggal kepala yang mungkin melahirkan beribu bayi
dan membalik peredaran semu langit dan bumi

123456789101112131415

2007-02-01

KADO BUAT BUNDA


Sekuntum mawar ku haturkan
Sebagai pengucap rindu
Yang lama terpendam
Akan luap cinta tersayang

Kenangmu tak pernah memudar
Membuatku semakin berkobar
Memakai topi benang terurai

123456789101112131415