Custom Search

2019-07-28

PERBEDAAN BIAYA, ANGGARAN, DAN KEUANGAN DI SEKOLAH

Ketika berbicara tentang keuangan sekolah terkadang secara tidak langsung kita menyebut biaya, anggaran, dan keuangan sebagai hal yang sama. Padahal ketiganya memiliki arti yang berbeda walaupun sama-sama berkaitan dengan yang namanya uang. Ingin tahu tentang perbedaan biaya sekolah, anggaran sekolah, dan keuangan sekolah? Baca ringkasan berikut.
biaya sekolah
Sumber: www.studentdebtrelief.us


BIAYA SEKOLAH

Secara bahasa biaya (cost) dapat diartikan pengeluaran, dalam istilah ekonomi, biaya/pengeluaran dapat berupa uang atau bentuk moneter lainnya. Hal ini yang sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh Chon dalam Syaeful Sagala (2007:209) mengatakan biaya pendidikan adalah cost yang harus dikeluarkan yaitu perhitungan atau biaya yang dikeluarkan untuk membiayai kegiatan-kegiatan terkait dalam pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2007 pasal 62 disebutkan bahwa:
Pembiayaan pendidikan terdiri atas biaya investasi, biaya operasi dan biaya personal.

Biaya investasi satuan pendidikan meliputi biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumber daya manusia, dan modal kerja tetap.

Biaya personal meliputi biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.

Biaya operasional satuan pendidikan meliputi: gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta segala tunjangan yang melekat pada gaji; bahan atau peralatan habis pakai; dan biaya operasi pendidikan tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dan lain sebagainya.

ANGGARAN SEKOLAH

Anggaran adalah rencana operasional yang ditentukan dalam satuan uang dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan lembaga dalam kurun waktu tertentu (biasanya 1 tahun) (Fattah, 2012:54). Hal tersebut sejalan dengan pendapat Muhaimin, dkk (2010: 357) yang mengungkapkan bahwa anggaran merupakan rencana yang diformulasikan dalam bentuk rupiah untuk jangka waktu tertentu, serta alokasi sumber-sumber kepada setiap bagian aktivitas.

Anggaran juga bisa dinyatakan sebagai deretan daftar atau pernyataan-pernyataan terperinci mengenai penerimaan dan pengeluaran yang diharapkan dalam jangka waktu tertentu. Secara lebih detail, anggaran didefinisikan sebagai hasil perencanaan berupa daftar mengenai berbagai macam kegiatan terpadu, baik yang berkenaan dengan penerimaan maupun pengeluaran, serta di nyatakan dalam satuan uang dan berlaku dalam kurun waktu tertentu (id.shvoong.com).

Selain itu anggaran merupakan sebuah alat perencanaan, pengendalian, dan alat bantu  bagi manjemen dalam memposisikan suatu lembaga (Fattah, 2012:54). Disebutkan pula anggaran merupakan sebuah alat untuk: (1) menentukan sumberdana; (2) membuat perkiraan atau prediksi; (3) membandingkan pengeluaran dan pemasukan; (4) menentukan prioritas; (5) mengkaji nilai rencana alternatif; (6) melaksanakan rencana; (7) mengkoordinasikan kegiatan sekolah; dan (8) memperkokoh tanggung jawab.

Dengan demikian, anggaran dalam dunia pendidikan dimaksudkan pada biaya atau dana yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pendidikan, baik biaya langsung (direct cost) dan biaya tidak langsung (indirect cost). Biaya langsung terdiri dari biaya-biaya yang dikeluarkan untuk keperluan pelaksanaan pengajaran dan kegiatan belajar siswa berupa pembelian alat-alat pelajaran, sarana belajar, biaya transportasi, gaji guru, baik yang dikeluarkan oleh pemerintah, orangtua, maupun siswa sendiri. Sedangkan biaya tidak langsung berupa keuntungan yang hilang (earning forgone) dalam bentuk biaya kesempatan yang hilang (opportunity cost) yang dikorbankan oleh siswa selama belajar.
(Cohn:1979; Thomas Jone: 1985 ; Alan Thomas : 1976 dalam Nanang Fattah, 2009:23)

KEUANGAN SEKOLAH

Keuangan sekolah cenderung dibatasi pada ruang lingkup yang lebih sempit, yaitu pencatatan uang masuk dan uang keluar. Dalam arti luas pengelolaan keuangan sekolah mencangkup kegiatan perencanaan penggunaan , pencatatan, pelaporan, dan pertanggung jawaban keuangan sekolah yang sudah dialokasikan untuk pembiayaan kegiatan sekolah selama periode tertentu, misalnya untuk 1 tahun ajaran (masykurpijay.blogspot.com).





Daftar Rujukan

Fatah, Nanang. 2009. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Fatah, Nanang. 2012. Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin, H, dkk. 2010. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana.
http://masykurpijay.blogspot.com/2011/01/administrasi-keuangan-sekolah-hubungan.html.
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2184201-pengertian-anggaran-pendidikan/



Artikel Terkait
123456789101112131415

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya, :-)

~~falkhi~~