Custom Search

2018-02-11

KELULUSAN TAHUN 2018 UNTUK SMA LEBIH BERAT?

Kelulusan selalu menjadi ajang yang membuat hati harap-harap cemas. Utamanya untuk tingkat SMA sederajat. Sebab, ijazah hasil kelulusan menjadi syarat masuk di perguruan tinggi atau pun di dunia kerja. Lalu, bagaimana untuk syarat kelulusan SMA sederajat di tahun 2018? Sama dengan tahun 2017 atau malah memiliki beban yang berat?


POS (Petunjuk Operasional Standar) untuk Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional sudah diumumkan oleh pemerintah (link ada di bawah). Salah satu bagian di dalam kedua POS tersebut menyangkut tentang kriteria kelulusan. Bagaimana kriteria yang tercantum dalam POS 2018?

 Coba bandingkan dengan syarat kelulusan tahun 2017 berikut ini. Apakah ada bagian yang berbeda atau keduanya sama saja?



Jika dibaca keduanya memiliki peraturan yang sama. UN harus diikuti oleh setiap siswa yang ingin lulus, namun hasil UN tidak menentukan kelulusan. Kelulusan ditentukan oleh sekolah melalui rapat dewan guru dengan mempertimbangkan sikap dan nilai Ujian Sekolah.

Terdapat dua jenis ujian sekolah yaitu USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) dan US (Ujian Sekolah). USBN memiliki aturan kisi-kisi soal dibuat oleh kementerian pusat dan pembuatan soal diserahkan pada forum guru bidang studi. Soal ini pun terdiri dari dua jenis, yakni soal dari forum bidang studi (75%) dan soal dari kementerian pusat (25%). Jumlah soal sudah ditentukan dan terdiri atas soal pilihan ganda dan uraian. Sedangkan US dibuat mandiri oleh guru bidang studi di sekolah masing-masing. Mulai dari kisi-kisi, jenis soal, hingga butir soal. 

Nah, ujian sekolah ini yang memiliki perbedaan pada tahun 2017 dan 2018. Tahun 2017 soal USBN hanya berlaku pada 3 mata pelajaran umum dan 3 mata pelajaran pilihan di tiap penjurusan atau peminatan. Mata pelajaran umum terdiri atas Pend. Agama, PKN, dan Sejarah. Sedangkan mata pelajaran pilihan adalah fisikia, kimia dan biologi (IPA), geografi, ekonomi, dan sosiologi (IPS), dan sastra Indonesia, antropologi, dan bahasa asing (Bahasa).

USBN program IPA tahun 2017

Tahun 2018, USBN untuk tingkat SMA Sederajat berlaku untuk semua mata pelajaran selain muatan lokal. Bahkan untuk pelajaran Seni Budaya, PJOK, dan TIK, kisi-kisi untuk soal teori dan praktik sudah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Untuk Kurikulum 2006

Jadi, berdasarkan informasi di atas mana yang memiliki beban lebih berat bagi siswa. Apakah syarat kelulusan tahun 2017 atau syarat kelulusan tahun 2018?  Bagi saya sih kalau tidak dipersiapkan dengan belajar dan berdoa keduanya sama-sama berat, namanya juga ujian, hehehe. 


POS UN DAN USBN tahun 2018 dapat dibaca pada link berikut.


Artikel Terkait
123456789101112131415