Custom Search

2017-05-18

ICON TIDAK ADA YANG MUNCUL DI BLOG SETELAH GANTI TEMPLATE

Apakah teman-teman pernah mengalami hal yang sama? Mengganti template blog dengan template gratisan, setelah dipublish ternyata semua icon tidak ada yang tampil. Lalu, bagaimana solusinya?

icon tidak ada yang muncul di blog

Awalnya saya tertarik dengan sebuah iklan penawaran domain. Harganya cukup murah sehingga tanpa pikir panjang saya approve untuk membeli dan membuat blog baru. 


Selama ini saya selalu menggunakan template default dari  blogger, walaupun dengan berbagai perubahan. Begitu juga dengan blog yang baru saya buat. Namun, setelah beberapa hari saya berpikir untuk mencoba menggunakan template lain. Ganti suasana sekaligus belajar utak-atik blog. So, saya mulai berkencan dengan mbah google untuk mendapatkan template yang pas dihati.

Setelah memilih dan memilah, akhirnya saya bertemu dengan template yang oke punya. Templatenya simple dan widgetnya sesuai dengan kebutuhan. Saya pun langsung mendownload template tersebut dan tidak sabar untuk segera menerapkannyaa di blog baru, www.pendidikan.id

Sebelumnya saya belum punya pengalaman dengan template, jadi sedikit kebingungan ketika download selesai. Bagaimana ya cara menerapkannya diblog? Untunglah dalam folder disertakan petunjuk penerapan template sehingga kebingungan saya terjawab.

Taraaaa!

Dalam beberapa menit, blog www.pendidikan.id berubah desain dan warna. Senang banget deh melihat hasil kerja hari ini. Eit, tapi kok icon medsosnya gak muncul ya? padahal saya sudah mengedit widget sesuai dengan petunjuk. Apa mungkin ada yang lupa?

Saya kembali membuka widget. Mencari tulisan icon atau image yang mungkin harus diganti. Sayangnya, widget ternyata hanya menyediakan kolom nama dan url saja. Saya akhirnya membuka pengaturan html. Browsing dengan ctrl+F untuk mencari nama media sosial seperti facebook, twitter, dll.

Baris html-nya ternyata menunjukkan widget setting. Saya coba klik dan mencari tulisan img atau resource img. Berkali-kali mencari hasilnya tetap nihil. Tidak ada tulisan img atau resource img seperti kode-kode widget media sosial yang open di google. Lalu, saya harus bagaimana? Hiks.

Kenapa Icon Tidak Muncul setelah Blog Ganti Template? Berikut jawaban yang saya rangkum dari google.


Beberapa gambar tidak muncul di blog setelah ganti template dapat disebabkan karena alamat gambar salah, gambar berganti atau dihapus, atau bandwith di penyedia halaman sudah habis.

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan cek alamat gambar yang ada di blog. Jika alamat tersebut masih menampilkan gambar yang sesuai, berarti alasan alamat gambar salah atau gambar dihapus dapat disisihkan. Tersisa bandwith layanan hosting.

Template gratis tentunya banyak yang suka. Begitu pula dengan gambar yang menarik akan disukai oleh para blogger untuk ditampilkan dalam blognya. Jika pengunjung yang membuka blog dengan template sama ada puluhan, ratusan, hingga ribuan dalam satu waktu maka tentu saja bandwith yang disediakan layanan akan habis. Dan, jadilah gambar kita dengan kotak-kotak atau gambar lain yang disediakan layanan.

Solusinya bagaimana?

Carilah gambar pengganti dan upload dengan akun kita sendiri. Terkadang, ada pengembang yang menyertakan gambar dalam folder template. Bisa dicek tuh dalam foldernya. Jika tidak ada, carilah gambar lain dengan ukuran yang sama lalu download dan upload dengan akun kita. Setelah itu, ganti alamat gambar dalam template dengan alamat gambar yang sudah kita upload. Kalau berhasil, maka icon-icon dalam blog kita tidak akan ada lagi yang bersembunyi. Good kan?

Lalu milik saya bagaimana? Tidak ada icon dalam folder template, dan parahnya lagi saya tidak tahu akan meletakkan link gambar dimana dalam baris html. Hiks. *nangis sedih*




Ada yang bisa bantu gak? *ngarep.com*



Artikel Terkait
123456789101112131415