Custom Search

2016-12-30

SERUNYA BELAJAR SAINS

Banyak orang bilang, sains alias ilmu alam khususnya fisika itu sulit, bikin bete, bikin mual dan macam-macam komentar negatif lainnya. Padahal, sains sebenarnya menyenangkan. Apalagi belajarnya dengan membuat proyek-proyek sederhana. Bakalan seru dan bikin ketagihan deh belajar Sainsnya. Gak percaya? Coba tanya sama adik-adik yang kemarin ikut Funtastic Science di Perpusda Kabupaten Probolinggo. (Promosi dikit yah, hehehe). 
 
Foto bersama peserta Funtastic science
Hari Selasa, 27 Desember 2016 kemarin, Perpusda Kabupaten Probolinggo mengadakan kegiatan serunya belajar sains dengan tema Funtastic Science. Kegiatan tersebut diadakan untuk mengisi hari libur adik-adik di tingkat Sekolah Dasar. Peserta awal dibatasi sebanyak 20 orang. Namun, pada saat kegiatan peserta bertambah menjadi 28 orang.  Wah, peminatnya banyak juga ya? Eits, saya gak boleh geer dulu nih. Sebab, kegiatan Funtastic Science juga diramaikan oleh kehadiran Cosplay. Cosplay yang ikut hadir adalah Kakashi Sensei dari serial Naruto. 
123456789101112131415

2016-12-26

MURAHNYA BUAH NAGA DI PANTAI PULAU MERAH


Siapa yang belum kenal buah naga? Itu lho buah dengan warna merah marun dan sisik yang menyerupai ikan. Nah, selama ini saya mengenal buah naga sebagai buah elit. Elit karena harganya yang mahal. Harga minimal yang pernah saya tahu adalah Rp.8000/kg. Setiap kilogramnya bisa berisi 2-3 buah. Jika sedang tidak musim, satu buah naga bisa mencapai harga Rp.15.000. Cukup mahal, bukan? 

Pemikiran saya kemudian berubah saat berkunjung ke Pantai Pulau Merah. Salah satu pantai eksotis yang berada di daerah ujung timur pulau Jawa, tepatnya Kabupaten Banyuwangi. Kawasan di sekitar Pantai Pulau Merah adalah pertanian buah naga. Bahkan hampir setiap rumah memiliki pohon buah naga di depan rumah. Oleh sebab itu, buah naga banyak dijual di sepanjang jalan menuju Pantai Pulau Merah.
 
Satu plastik ini 10 ribu saja
123456789101112131415

2016-12-19

KERIPIK KENTANG: OLEH-OLEH KHAS BROMO

Siapa yang pernah ke Bromo? Sudah merasakan gurihnya keripik kentang Bromo, kan? Kalau belum rugi dong, karena keripik kentang Bromo merupakan salah satu oleh-oleh khas daerah Bromo.

Keripik Kentang Khas Bomo

Sapaan khas bagi orang yang baru datang berlibur, rekreasi, tamasya, atau pulang kampung adalah “OLEH-OLEHNYA MANA?” Ya, oleh-oleh  atau buah tangan seakan menjadi hal yang wajib dibeli jika berkunjung ke suatu daerah, terutama daerah wisata. Buah tangan yang biasanya dicari adalah makanan, minuman, atau souvenir unik yang khas. Hal ini membuat keberadaan produsen buah tangan sangat penting dalam suatu daerah. 
123456789101112131415

2016-12-16

MENANTANG DIRI SENDIRI


Sejak tadi mata sudah berkoar-koar meminta badan merebah, apalagi tumpukan bantal guling melambai-lambai meminta segera didatangi. Tetapi, masih ada tugas yang harus diselesaikan. Otak pun berpikir keras untuk mengenyahkan kantuk. Berbagai ide dilakukan. Lari-lari di tempat, membereskan pakaian hingga membuat segelas kopi coklat. Sayangnya, semua itu tidak berhasil mengusir kantuk. Akhirnya, saya mengalah. Mulai membereskan pekerjaan dan bersiap-siap untuk meluncur ke pulau kapuk. 

Sebelum beristirahat, saya sempatkan membuka facebook, sekedar melihat notifikasi yang sejak tadi mengirimkan sinyal adanya pemberitahuan. Rupanya ada berderet pemberitahuan yang mengarah pada satu halaman. Halaman tersebut berisi informasi yang saya bagikan dari status Perpusda Kabupaten Probolinggo. Mengapa halaman tersebut ramai oleh komentar?

Belajar untuk membimbing anak-anak, biasanya kan remaja, Hehehe
123456789101112131415

2016-12-14

MENGEJAR TARGET 2016

Tak terasa sudah pertengahan Desember. Bulan terakhir dalam kalender Syamsiyah. Hyaaa.... apa kabar target tahun 2016?

Sumber : http://0.s3.envato.com
Setiap awal tahun, saya selalu menulis target yang harus diselesaikan dalam tahun berjalan. Begitu pun dengan tahun ini. Ada beberapa target yang ingin saya capai di tahun 2016. Sekarang sudah pertengahan Desember. Artinya, jatah untuk mencapai target hanya tersisa setengah bulan alias 15 hari.

123456789101112131415

2016-12-11

LIAN


Namanya Lian,
Singa hutan berwajah rupawan
Yang ku kenal lewat tatapan
Antara menghiba dan dendam
Saat
Pohon
Semak
Belukar
Aku bakar


Sumber : https://aws-dist.brta.in
123456789101112131415

2016-11-25

MERAYAKAN HARI GURU 2016

Happy Teachers Day! 

Perayaan Hari Guru 2016
 "Terima kasih untuk para pejuang pendidikan. Tanpamu kami tak bisa hidup sempurna, tanpamu kami hanya manusia tanpa tatakrama, denganmu kami bisa berkarya membangun bangsa."

Tanggal 25 November dipilih sebagai hari guru nasional. Bertepatan dengan peresmian organisasi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Ada banyak perayaan dalam menyambut hari guru. Seperti upacara, apel, dan pelaksanaan lomba-lomba yang pesertanya adalah guru.

123456789101112131415

2016-11-20

JOGGING DI ALUN-ALUN JEMBER

Dua hari yang lalu, saya baru kembali dari kota Jember. Tepatnya sih, baru kembali dari pelatihan profesi di Universitas Jember. Tapi, tempat pelatihannya bukan di kampus, melainkan di hotel Asri yang berada di pusat kota. Sekitar 200-300 meter dari alun-alun kota Jember. Hari-hari awal pelatihan masih santai. Tidak ada tugas yang harus diselesaikan. Jadi, saya sempatkan mampir di alun-alun. 

Posisi alun-alun kota Jember tidak jauh berbeda dengan kota lain. Yaitu berada tepat di depan kantor bupati Jember. Sisi bagian lain adalah masjid, rutan, pemkab, dan bank Daerah. Selain itu, terdapat beberapa pertokoan. Salah satunya adalah gerai Pizza Hut.

Gedung kantor bupati Jember


Masjid di lingkungan alun-alun



Gerai Pizza Hut-nya bikin ngiler, hehe
123456789101112131415

2016-11-10

BIAYA LIBURAN KE PULAU TABUHAN


Maunya segera posting begitu pulang dari berlibur, ternyata... tertunda lebih dari seminggu. Pfiuhf! Begitulah ruh kepenulisan saya saat ini. Lebih banyak pendingnya dengan berbagai macam alasan yang mungkin hanya sekedar alasan. Hehehe...

Nah, ngobrolin tentang tempat berlibur, minggu kemarin saya sempat berkunjung ke salah satu tempat eksotis di ujung timur pulau Jawa. The name is Tabuhan Island. Pulau Tabuhan memiliki pantai yang putih dan dunia bawah laut yang menawan. Rujukan tempat yang tepat bagi para pecinta pantai dan snorkeling. 

Pantai di Tabuhan putih bersih
Perjalanan liburan ke pulau Tabuhan dimulai dari tempat tercinta, Probolinggo menuju Banyuwangi. Saya memilih kereta api sebagai teman perjalanan dengan alasan pemandangan alam sepanjang Probolinggo-Banyuwangi lebih nikmat jika dinikmati melalui jendela kereta api. Selain itu, jatah berlibur hanya satu hari, jika menggunakan transportasi lain dikhawatirkan ada kemacetan sehingga mengurangi jam libur. Terakhir, kereta api mendukung rencana saya mengeluarkan biaya semurah-murahnya untuk berlibur. Hehehe. 

123456789101112131415

2016-10-27

KEMANA AJA SEMBILAN TAHUN?

Hayo, kemana aja sembilan tahun? Hehehe.

Sebelumnya, selamat #haribloggernasional buat semua blogger di Indonesia. Yups, 27 Oktober adalah harinya para blogger. Dan, saya baru tahu. Padahal, blog falkhi sudah dibuat sejak tahun 2007. Sampai saat ini, terhitung sembilan tahun. Walaupun, tidak rajin posting tapi tulisan di blog falkhi tidak pernah absen dalam setiap tahun. Tuh, bisa dilihat di arsip tulisan. Lalu, kemana aja sampai gak tahu hari blogger?

Sumber : www.smoblog.com
Itu yang juga jadi pertanyaan di kepala, kemana aja ya sembilan tahun ini? Perasaan tidak kemana-mana, masih bergumul dengan blog. Hanya saja, saya tidak pernah masuk di komunitas blogger. Mungkin kondisi itu yang membuat saya tidak mengenal hari bogger.

123456789101112131415

2016-10-19

MANAJEMEN HUJAN

Manajemen hujan? 

Emangnya kita bisa mengatur hujan? mengelola kapan harus turun dan reda? Eits, bukan itu. Kita sebagai manusia tidak bisa mengatur "waktu" dari hujan, karena hujan itu adalah hadiah dari Tuhan untuk kita, bener gak? 

Maksudnya manajemen hujan adalah bagaimana mengelola emosi kita saat hujan. Maklum, kisah aku dan hujan dari dulu selalu bertolak belakang. Gak ada manis-manisnya, adanya bikin nangis. Karena hujan selalu bikin hidung mampet, bersin-bersin, dan batuk. Kayak sekarang, kena flu dan batuk sejak kehujanan seminggu yang lalu.  Belum sembuh euy!

Jadi, agar gak marah-marah saat hujan, kita harus bisa mengelola emosi sehingga dapat menikmati hujan. Apalagi jika tinggal di daerah pegunungan yang hujannya gak pernah ijin, apalagi absen. Perlu banget tuh untuk menikmati hujan.
123456789101112131415

2016-10-10

MASKAPAI BERTARIF RENDAH YANG MENJAMIN KENYAMANAN PENERBANGAN


Ada yang memiliki kenangan masa kecil seperti saya? Berteriak dan berjingkrak-jingkrak senang jika melihat pesawat yang melintas di atas rumah. Ada pesawat... ada pesawat... itulah kata-kata yang sering diteriakkan. Lalu, berlari seolah-olah mengejar pesawat tersebut hingga pesawat hilang dari pandangan. 

Sekarang, saya selalu tertawa jika mengingat kejadian itu. Ya, saya hidup di pedesaan dan tidak ada orang yang pernah menaiki pesawat kecuali untuk berangkat haji atau umroh. Oleh karena itu, keberadaan pesawat yang melintas terbang dengan gagah di langit sangat memukau. Saya pun selalu berandai-andai berada di dalam pesawat yang sedang mengudara. Kapan ya bisa naik pesawat? Bagaimana rasanya di dalam pesawat? Apakah nyaman berada di pesawat berjam-jam? Kalimat-kalimat itu memenuhi otak saya sejak kecil.

Mimpi untuk menaiki pesawat akhirnya terkabul setelah saya kuliah. Ada tugas yang membuat saya harus sering melakukan perjalanan dengan pesawat. Beberapa maskapai penerbangan pernah saya coba, terutama maskapai yang sering memberikan promo harga tetapi memberikan kenyamanan penerbangan yang luar biasa. Ya, diskon harga selalu bikin mata saya berbinar, hehehe. Namanya juga perempuan, ups! *hahaha*
123456789101112131415

2016-09-28

BUNYI GARPUTALA DALAM TABUNG (PRAKTIKUM FISIKA)

Hari ini, saya mengadakan kelas praktikum di XII IPA. Materi pokok praktikum adalah gelombang bunyi, khususnya tentang resonansi bunyi. Praktikum ini menggunakan alat tabung resonansi, kebetulan tahun kemarin sekolah kami mendapatkan bantuan alat praktikum fisika. Salah satu alat yang diberikan adalah KIT Resonansi bunyi. Ada 4 set KIT yang diberikan, oleh sebab itu kelas saya bagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5-6 siswa. Sebenarnya, jumlah ideal kelompok adalah 4-5 siswa, namun keterbatasan alat dan waktu membuat saya harus mengefektifkan pelaksanaan praktikum resonansi bunyi dengan membuat kelompok di atas jumlah ideal.

Praktikum resonansi bunyi
Sebelumnya, siswa sudah diberi penjelasan tentang gelombang bunyi dan sumber bunyi. Selain itu, siswa diberi penugasan untuk mencari informasi resonansi bunyi dan praktikum resonansi bunyi. Jadi, saya beranggapan bahwa siswa tidak akan kesulitan dalam melaksanakan praktikum resonansi bunyi. Hm, apakah anggapan saya benar? 

123456789101112131415

MENULIS ITU MUDAH

Tugas utama saya berdasarkan surat keputusan adalah mengajar fisika. Namun, sejak mendapat tugas mengajar 7 tahun lalu, saya juga diberi amanat untuk mengajar TIK. Tugas mengajar ganda ini tetap saya laksanakan hingga sekarang. Kebetulan, sekolah tempat saya mengajar baru menerapkan Kurikulum 2013 di kelas X. Sedangkan, kelas XI dan XII menerapkan Kurikulum 2006 (KTSP). Dengan demikian, pelajaran TIK harus tetap diberikan pada siswa kelas XI dan XII.

Selama ini, penilaian tes tulis yang biasa saya lakukan dalam pelajaran TIK adalah dengan memberikan soal pilihan ganda atau uraian. Pernah juga menggunakan teka-teki silang dan menceritakan gambar. Nah, kali ini saya kembali membuat tes tulis dalam bentuk berbeda, bentuk apa itu? Bentuk karangan.


Siswa serius menulis dengan tema internet

Ya, saya meminta siswa menulis minimal satu halaman kertas HVS. Temanya masih terkait dengan materi pembelajaran, yaitu internet. Bentuk tulisan bebas, essay, artikel, cerpen, atau puisi. Sumber tulisan bisa dari pengalaman, buku, majalah, atau internet. Alokasi waktu yang diberikan untuk menulis adalah satu jam.

123456789101112131415

2016-09-05

SAYA MALAS MENGAJAR

"Rasa malas itu datang tanpa diundang, dan enggan pergi sebelum ditendang."

Sumber : www.quotehd.com

Benar banget kan, kata-kata di atas? Malas bisa datang kapan saja, bahkan terkadang datang setiap waktu. Melebihi jatah jam makan atau pun jam kencan. Malas dapat datang dalam bentuk apa pun. Makanan disaat kita ingin diet, game disaat kita harus mengerjakan tugas, isu disaat kita harus menghemat bergosip, dan banyak lagi. Membuat kita harus siap dengan segala strategi untuk menghadapinya.

123456789101112131415

2016-08-28

BUNGA-BUNGA NAN CANTIK

Sekolah tempat saya bekerja berada di lereng gunung Bromo. Daerah dataran tinggi dengan suhu lumayan rendah dan cuaca yang terkadang berkabut. Dengan kondisi alam yang demikian, bunga-bunga mudah sekali tumbuh. Kami tidak memiliki taman bunga khusus, tetapi semua lahan kosong di sekolah dipenuhi berbagai jenis bunga. 

Tadi siang, hujan sempat mengguyur dengan curah ringan. Tetesnya membasahi dedaunan dan bunga-bunga. Membuat daun dan bunga-bunga terlihat segar dan cantik dipandang. Saya pun tertarik untuk mengabadikan pesona alam ini.

Dan... inilah hasilnya. Bunga-bunga yang cantik, kan?

Si cantik Anggrek
 
123456789101112131415

2016-08-19

UPACARA KEMERDEKAAN RI KE 71

Apa yang spesial di hari kemerdekaan RI tahun 2016?

Bagi saya, ada dua hal yang spesial pada dirgahayu Indonesia ke 71. Pertama, emas olimpiade. Kedua, upacara rakyat Tengger di lautan pasir.

Asyiiik! Indonesia dapat medali emas

Pengebaran sang saka merah putih di Lautan Pasir Bromo
123456789101112131415

2016-08-15

AGUSTUS 2016

Peringatan Kemerdekaan RI, perseteruan Risma-Ahok, persidangan Jessica, kemenangan dan kekalahan tim Indonesia di Rio, serta tumpukan kertas-kertas yang menunggu disentuh menjadi akar-akar yang berkompetisi untuk segera keluar dari kepala. Terlalu penuh. Terlalu pengap. Belum lagi, baper yang sering datang berkunjung. Owh! Rasanya, hidup itu seperti pelangi yang muncul saat malam. Gelap. Hehehe...

Peringatan Kemerdekaan RI ke 71

Setiap tahun, saya harus mengikuti upacara. Spesialnya, tahun ini saya harus menjajal dinginnya Lautan Pasir Bromo. Yups, Lautan Pasir Bromo dipilih sebagai tempat penyelenggaraan upacara 17 Agustus di kecamatan tempat saya tinggal.

Sumber : notesplusultra.files.wordpress.com

Senang? Pastinya. Tapi, penyelenggaraan itu membuat tim sekolah saya harus prepare lebih banyak. Sebab, jarak Lautan Pasir Bromo dengan sekolah sekitar 18 km. Lumayan jauh, kan? Akomodasi dan konsumsi pun menjadi topik utama dalam pembicaraan formal maupun non formal. Selain upacara, hari 17 Agustus juga dikenal dengan pesta perlombaan. Tingkat sekolah, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten,... Semakin banyak tingkat, semakin banyak pula urusan. Hehehe...

123456789101112131415

2016-08-08

RINDU DI SETIAP PETANG

                                                       

Berkali-kali
Memandang arloji

Berdebar-debar
Menanti kabar

Berdetak-detak
Menunggu tampak

Sumber : s5.favim.com

123456789101112131415

2016-08-03

PERTANYAAN

Sumber : www.wallpapersxl.com
Ada yang tetap tidak terkatakan
Seperti akar yang bersembunyi dari dahan

Sebab kata hanya upaya memahamkan akal
Sedang perbuatan adalah harapan yang ditanamkan

123456789101112131415

2016-07-31

BEAUTIFUL IN WHITE : BEST WEDDING SONG

Saat acak mendengarkan lagu via youtube, tiba-tiba lagu Beautiful in White muncul. Saya mendengarkan lagu ini tanpa melihat judul atau penyanyinya,dan langsung jatuh cinta. Karena lagunya sendu dan liriknya romantis. Setelah memunculkan halaman youtube, saya baru mengetahui bahwa penyanyi lagu ini adalah Westlife.

Sumber : cdn.rimanews.com

Westlife? Wow, saya pun teringat bahwa Westlife adalah boyband favorit ketika duduk di bangku sekolah. Lama tak mendengar kabar Westlife, membuat saya kembali searching youtube untuk mencari lagu-lagu andalan mereka.
Sumber : i.ytimg.com

123456789101112131415

2016-07-28

PERNAH MERASAKAN TRAUMA?

Arti trauma dalam bahasa Yunani adalah luka. Luka yang dimaksud dalam trauma terbagi menjadi dua, yaitu luka fisik dan luka psikis. Luka fisik adalah luka akibat kecelakaan, benturan, pukulan, dll yang menyebabkan salah satu anggota tubuh terluka. Sedangkan luka psikis adalah rasa emosional yang menyakitkan atau menyedihkan sehingga berdampak pada rasa tidak aman dan tidak berdaya yang dirasakan secara terus-menerus. Nah, tulisan kali ini hanya akan membahas tentang trauma psikis.

Sumber : safeharborshelter.com

123456789101112131415

2016-07-24

PENDEKATAN DALAM PENELITIAN

Sumber : www.jyotish-research.com
Ketika akan melakukan sebuah penelitian, terlebih dahulu kita harus menentukan pendekatan apa yang akan digunakan dalam proses penelitian tersebut. Positivistik, naturalistik, atau konstruktivistik? Jika masih bingung menentukan pendekatan yang akan digunakan, baca uraian tentang pendekatan dalam penelitian di bawah ini.

1.    Positivistik
Posivistik merupakan pendekatan yang menjadi latar belakang penelitian kuantitatif. Umumnya menjawab permasalahan penelitian dengan menggunakan pengukuran secara cermat terhadap variabel-variabel yang diteliti, guna menghasilkan kesimpulan yang dapat digeneralisasikan, lepas dari konteks waktu dan situasi.
123456789101112131415

2016-06-28

KEPUTUSAN DI TANGAN KITA! (LIFE QUOTES)


Sumber : s-media-cache-ak0.pinimg.com
"Apakah yang dinamakan hidup? Mereka bilang hidup itu dari B ke D. Dari Kelahiran menuju kematian, tetapi apa yang ada diantara B dan D? Itu adalah C, apakah C? C adalah pilihan. Hidup kita adalah tentang pilihan, jadi hiduplah yang baik maka itu tidak pernah salah."

Apa sih hidup itu? Ada yang bilang hidup itu waktu, hidup itu karya, hidup itu proses, dan lain sebagainya. Kalau ikut quote di gambar atas, hidup itu adalah rentang antara kelahiran dan kematian. Between B and D, dan dalam urutan abjad ada huruf C diantara keduanya. Huruf C yang kemudian disebut dengan choice, pilihan.

123456789101112131415

2016-06-05

KALENDER

Satu-satunya hal yang aku lihat saat bertemu pagi
adalah abjad di atas angka-angka dalam kalender
Sebab aku ingin memastikan bahwa empat abjad yang dibaca RABU
tidak hilang atau tenggelam dalam ilusi kegelapan


123456789101112131415

2016-05-22

SELAMAT DENMARK! SEMANGAT INDONESIA! : EDISI THOMAS CUP 2016

Sumber : cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Pertandingan Bulutangkis Beregu Putra Thomas Cup 2016 yang berahir hari ini resmi dimenangkan oleh Denmark. Denmark menang dengan skor tipis 3-2 atas Indonesia. Kemenangan Denmark ditentukan oleh pertandingan pemain tunggal, sedangkan kemenangan Indonesia berasal dari pertandingan ganda. Artinya, seandainya Thomas Cup memainkan lebih banyak pertandingan ganda, mungkin Indonesia yang akan menang, bukan Denmark. Hm... berandai-andai boleh kan? Sebab sudah 14 tahun si Thomas enggan pulang ke Indonesia. Tahun ini ada kesempatan untuk pulang, sayang Denmark lebih dulu mengamankan tiket kepulangan thomas ke Indonesia. Huahuahua... *sedih*

123456789101112131415

2016-05-15

HITAM DAN PUTIH


Hari ini kau mengenakan kemeja hitam
Bergaris bukan gelap
Lengkap. Dengan dasi bercorak senada
Berwarna putih

Hitam putih
Ketegasan dan kesedehanaan

Hitam putih
Misteri dalam ketenangan
 
Sumber : s-media-cache-ak0.pinimg.com
123456789101112131415

2016-05-14

EMAK NYAI


Panggil dia, emak
Perempuan separuh baya yang berjualan rujak
Setiap hari mendorong gerobak
Berkeliling kampung dengan selendang tersampir hingga dipundak

Panggil dia, nyai
Perempuan muda guru mengaji
Setiap hari memakai jubah penutup diri
Berkeliling kampung dengan mobil pribadi
 
Sumber: www.muslimah.co.id
123456789101112131415

2016-05-09

MENGEJA LOGIKA


Antara impian dan rumpian
terdapat tanya
tentang rindu dan ragu
yang membiru dalam kantong waktu

Sumber : www.love-quotes-and-quotations.com
Kabut-kabut bergelung menyatu
Menyapa pagi di lereng Bromo-Semeru
Sementara, rindu dan raguku
masih menyeruput ujung malam
enggan memandang langit biru
123456789101112131415

2016-05-05

JATUH CINTA


Aku mencarinya
Gema yang menyapa telinga
Tapi tiada apa-apa
Kanan kiri hanya udara



Lalu, dimana?
Aku mendengar gema

123456789101112131415

2016-05-01

SAYAP-SAYAP GARUDA


 (I)          Perlahan,
aku mengepak
Mengejar angin yang bersembunyi di balik ranting-ranting
Rumput-rumput segar menyapa
Tunjukkan tetua untuk dibawa
  
Perlahan,
aku menukik
Mengambil batang lalu membuat bilik
Pada helai-helai daun yang bergerak energik

123456789101112131415

PILIHAN


Kali ini aku cemburu
Pada dedaunan yang bergerak saling menyatu
Melebur, berpadu bersama angin menderu

Sedang aku, bingung tak menentu
Pikiran terbang berebut satu sepatu
Merah, hijau, kuning, biru, atau kelabu?
Sungguh, membuatku gila karena ragu



_GERHANA MATAHARI TOTAL_
Alun-alun Pasuruan, Nyepi, 090316, 11:32 AM
123456789101112131415

2016-03-26

APA MAUMU?

Kau bilang menginginkan mahkota
Bersinar indah di atas kepala
Tapi aku lihat kau hanya bergerombol mesra
Bersenda gurau dan tertawa-tawa

Sumber : previews.123rf.com
123456789101112131415

2016-03-24

KETIKA SEMANGAT TIMBUL TENGGELAM (SPIRIT QUOTES)

Kata Spirit dalam bahasa Indonesia dapat didefinisikan sebagai semangat, jiwa, batin, roh, bahkan hantu. Terjemahan yang terakhir ini membuat pencarian saya tentang gambar Spirit memuat gambar-gambar aneh dari dunia lain. Padahal, maksud Spirit yang saya cari adalah Semangat. Setelah ditelusuri, ternyata Spirit juga mengandung definisi hantu dan roh. Pantas.... *tepuk jidat*

Saya mengingat kata Spirit karena beberapa hari merasa linglung sendiri. Maybe, my spirit is lost. Maunya ini maunya itu, tapi saat akan beraksi seperti kehilangan energi dan merasa tidak bisa melakukan apa-apa. Seperti waktu mendapat ide untuk menulis, namun saat di depan laptop tangan terasa berat untuk digerakkan mengetik. Ide-ide yang memenuhi otak pun terbang pergi tanpa permisi. Akhirnya, hanya bisa memandang layar monitor tanpa berkedip. 

Sumber : www.azquotes.com




123456789101112131415

2016-03-09

MENGURANGI KADAR CEMAS YANG BERLEBIHAN

Merasa cemas? Wajar, setiap manusia pasti memiliki rasa cemas. Tidak perlu merisaukan atau merasa tidak normal. Hanya saja jika berlebihan, cemas dapat menyebabkan depresi hingga stroke. Kalau sudah begini, batas-batas normal perlu diteliti kembali. Hehehe.

Sumber : worldartsme.com

Saat ini, saya juga sedang menderita cemas. Mungkin sudah di atas normal. Sebab, tadi siang tiba-tiba saya merasa pusing. Badan lemas, tenggorokan kering, meriang, dan ada tanda-tanda batuk. Bisa jadi, apa yang saya alami merupakan bagian dari rasa cemas yang berlebihan. Mulut dan pikiran bisa menyangkal bahwa saya baik-baik saja. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tapi, tidak dengan badan. Badan kita selalu jujur dengan kondisi yang sedang terjadi. Seperti saat kita katakan tidak takut, tetapi langkah kaki berubah dari pelan menjadi cepat, dan akhirnya lari ngibrit. Nah, itu tandanya takut maksimal, kan? Hahaha.

123456789101112131415

2016-02-23

MENGATASI BAD MOOD DI PAGI HARI

Siapa yang pernah merasa bete di pagi hari?

Sumber : previews.123rf.com
Awal hari yang seharusnya disambut dengan senyum dan semangat ini tiba-tiba kita ganti dengan wajah merengut dan intonasi suara tinggi. Sampai-sampai orang-orang di sekitar kita menjadi terganggu. Jika kondisi bad mood ini terus berlanjut ke tempat kerja, sekolah, atau kuliah bisa bahaya nih. Siapa tahu saat itu kita dipanggil atasan, lalu gara-gara bad mood, kita menghadapi atasan dengan jutek dan sinis. Kalau atasan kita tidak toleran, peristiwa ini bisa berakhir dengan surat peneguran, peringatan, bahkan pemecatan. Nah, bahaya, kan?

123456789101112131415

2016-02-18

SEBOTOL BENSIN



Cukup bagi pelajar
Pulang pergi dari rumah ke sekolah,

Sebotol bensin


Sumber : cdn-2.tstatic.net/tribunnews


Cukup bagi nelayan
Menggerakkan perahu menampung isi laut,
Sebotol bensin

123456789101112131415

2016-02-16

KUNCINYA, LANGKAH PERTAMA!

Kita semua menginginkan kesuksesan. Keberhasilan untuk berada di puncak. Sayangnya, perjalanan menuju puncak itu tidak mudah. Ada banyak hal yang dapat menjadi halangan dalam perjalanan. Bahkan, sejak pertama menginginkan keberhasilan kita sudah memiliki hambatan. Rasa takut, tidak percaya, dan pesimis akan bergantian menjadi slide dalam pikiran kita.
 

Sumber : s-media-cache-ak0.pinimg.com

Ketakutan sebelum melakukan langkah pertama adalah hal yang wajar. Sebab, kita tidak pernah tahu apa yang akan ditemui setelah melakukan langkah pertama. Kita bisa menemukan tangga kedua atau mungkin berjumpa dengan lubang pertama. Semua bersifat rahasia, sebelum kita memutuskan untuk melangkah.

123456789101112131415

2016-02-08

COMFORT ZONE, MENYENANGKAN?


Hidup saya saat ini seperti air sungai, mengalir menuju lautan. Tanpa hambatan. Pekerjaan oke, tempat tinggal nyaman, koneksi internet lancar, hiburan dunia maya bisa terpampang di depan mata kapan pun saya suka. Menyenangkan, bukan? 

Orang bilang, saya sedang berada di Comfort Zone. Apa sih Comfort Zone itu?

Sumber: www.taraburner.com
Ada yang mengatakan Comfort Zone sebagai kondisi dimana kita tidak melakukan tindakan apa-apa untuk memperbaiki kondisi sekarang, apapun kondisi kita sekarang itu (1). Katanya lagi,  Comfort Zone merupakan kondisi saat aktivitas yang dilakukan hanya sebagai rutinitas belaka dengan sedikit tekanan dan risiko (2).

123456789101112131415

2016-02-03

WAJAH DALAM KACA

Apa mau dikata
Berkali-kali berusaha
Nyatanya otak masih dilema
Antara kerja atau duduk menonton wacana

Aku sudah menduga
Pikiran akan bermanja-manja
Ya, bukan hal mudah berkomitmen pada cita-cita
Butuh hati yang kuat menahan derita
Dan kali ini, aku  hanya merasa
Tak tahan menghadapi dunia
Lalu memilih meninggalkan semua
Menikmati hiburan dalam dunia maya

123456789101112131415

HUJAN LAGI


Hujan datang lagi
Lewat ketukan kaca jendela
Menyapa pakaian yang baru saja tergantung rapi
Setelah berhari-hari belum sempat tercuci

Hujan datang lagi
Payungku lupa di atas meja
Kini aku harus berdiri menanti
Hujan reda mungkin sampai pagi

123456789101112131415

2016-01-12

BEGADANG MENYENANGKAN OTAK

Apakah anda orang yang sering begadang? Saya sendiri cukup sering. Bisa karena tugas, bisa juga karena kesenangan menonton film atau membaca buku.

Seperti malam ini. Awalnya, saya berjaga untuk menyelesaikan pembuatan slide presentasi. Setelah itu, mengedit naskah. Walaupun hanya 3-4 halaman saja. Terakhir, menonton film. Hingga terdengar adzan subuh bersahut-sahutan. Dan... taraaaa... ternyata pagi datang terlalu cepat. Hehehe.

Sumber : pre05.deviantart.net
Bagi saya, buku atau film sering membuat kantuk menghilang. Bahkan untuk jam-jam istirahat, dimana biasanya mata sudah tidak kuat untuk membuka. Mengapa?

123456789101112131415

2016-01-09

RINDU KAMPUNG HALAMAN

Siapa yang rindu kampung halaman?

Sumber : i2.wp.com/beritalamongan.com


Bagi para perantau, kampung halaman adalah surga yang dirindukan. Suasana masa kecil, suasana saat bersama keluarga, dan suasana saat bermain bersama teman-teman menjadi kenangan yang selalu ingin diulang. Itulah yang kemudian menjadi magnet untuk selalu pulang kampung. Seperti halnya peristiwa mudik lebaran. Tidak peduli biaya, kemacetan, ataupun keselamatan, semuanya diterjang. Hanya untuk kebersamaan. Untuk sebuah kenangan yang selalu bersinar. Begitu, kan?

123456789101112131415

2016-01-06

IMPIAN KE JEPANG

Mimpi itu harus ditanam, disiram, dan dirawat agar dapat tumbuh dan memberikan wangi yang diinginkan.

Sumber : www.pemaganganjepang.com

Beberapa bulan terakhir, saya hampir tergila-gila dengan hal-hal yang berbau J-Pop. Baik film, dorama, maupun musiknya. Bahkan, playlist saya berubah menjadi deretan lagu-lagu dari negeri Sakura tersebut. Beberapa aktor, aktris, dan penyanyi Jepang pun mulai familiar dalam otak saya. Bagaimana ini bisa terjadi?

123456789101112131415

2016-01-05

RESOLUSI AWAL TAHUN

Selamat tahun baru! Walaupun sudah telat lima hari, hehehe.

Sumber : www.desktophdphotos.com


Sejak beberapa tahun yang lalu, saya merayakan malam tahun baru di kamar. Sendiri dan memegang diary. Sepi? Pastilah, namanya juga sedang intropeksi dan membuat resolusi. Harus berteman sunyi dong, iya kan? Hihihi.

Apa sih resolusi? Buat saya, resolusi itu sama dengan target, harapan, keinginan, dan impian yang diharapkan tercapai dalam rentang waktu yang sudah ditentukan. Resolusi harus ditulis, bisa di buku catatan atau di tempel di dinding. Kenapa harus ditulis? Manusia itu gudangnya lupa. Jadi, agar resolusi yang dibuat tidak terselip, resolusi wajib dituliskan.

123456789101112131415