Custom Search

2015-04-06

MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS KEMITRAAN


Buku-buku supervisi menyatakan supervisi pembelajaran  atau supervisi akademik pada hakikatnya adalah suatu proses pelayanan untuk membantu guru mencapai kemampuan terbaiknya dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. Faktanya, pelaksanaan supervisi kelas oleh pengawas kepada guru terkadang masih menyimpan rasa ketakutan, keterpaksaan, dan pemenuhan kewajiban administratif. Untuk itu diperlukan model-model supervisi yang bersifat humanis agar pelaksanaan supervisi sesuai tujuan. Salah satu model supervisi yang humanis adalah supervisi model kemitraan

Sumber : nyulocal.com
Model supervisi berbasis kemitraan menitikberatkan pada terciptanya hubungan yang harmonis antara pengawas dan guru sehingga diharapkan dapat membantu pelaksanaan supervisi yang efektif. Namun demikian, beberapa hasil penelitian menyebutkan supervisi yang efektif dipengaruhi secara dominan oleh kompetensi, komunikasi, dan komitmen dari pengawas. Bagaimana hubungan kompetensi, komunikasi, dan komitmen pengawas dalam mewujudkan supervisi akademik yang efektif melalui model kemitraan? Berikut abstrak dari hasil penelitian tentang model supervisi akademik berbasis kemitraan dengan faktor pengaruh kompetensi pengawas, komunikasi pengawas, dan komitmen pengawas.      

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kompetensi pengawas dan komunikasi pengawas terhadap keefektifan supervisi akademik. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh tidak langsung kompetensi pengawas dan komunikasi pengawas terhadap keefektifan supervisi akademik melalui variabel intervening, yaitu komitmen pengawas dan hubungan kemitraan antara pengawas dan guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis SEM (Structural Equation Model). Hasil penelitian mengungkapkan kompetensi pengawas dan komunikasi pengawas tidak berpengaruh langsung terhadap supervisi akademik. Komitmen pengawas dan hubungan kemitraan berpengaruh langsung terhadap keefektifan supervisi akademik. Komitmen pengawas dan hubungan kemitraan berfungsi sebagai variabel intervening dari kompetensi pengawas dan komunikasi pengawas terhadap keefektifan supervisi akademik. Dengan demikian disimpulkan bahwa supervisi akademik akan terlaksana dengan efektif jika didukung oleh komitmen yang tinggi dari pengawas dan hubungan kemitraan yang baik antara pengawas dan guru.

Download artikel penelitian model supervisi akademik berbasis kemitraan secara lengkap.
Artikel Terkait
123456789101112131415