Custom Search

2014-10-30

SUDAHKAH ANDA MENGENAL RMHC?

Bagaimana perasaan anda saat melihat seorang anak yang terkena busung lapar? Seorang anak yang menderita penyakit kronis? Seorang anak yang harus mendapat perawatan dalam waktu yang lama? Hm, jika anda merasa berempati melihat anak-anak dalam kondisi tersebut dan memiliki jiwa sosial yang tinggi, ada baiknya anda mengenal dan bergabung dengan RMHC.
Apa yang dimaksud dengan RMHC?
RMHC adalah singkatan dari Ronald McDonald House Charities atau Rumah Sosial Ronald McDonald, tokoh badut populer dari restoran cepat saji McDonald’s. RMHC merupakan organisasi sosial yang memiliki misi untuk menciptakan, menemukan, dan mendukung program-program yang secara langsung bertujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak di seluruh dunia.
Kegiatan di RMHC Indonesia (Sumber : www.rmhc.or.id)
Pertama kali RMHC didirikan di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat pada tahun 1974. RMHC kemudian terus berkembang, dan pada tahun 1985 berhasil dibangun di Amsterdam, Belanda sebagai RMHC pertama di luar Amerika Serikat. Sementara itu, RMHC Indonesia baru berdiri pada tanggal 14 Februari 2011 bertepatan dengan perayaan 20 tahun McDonald's Indonesia.


Apa program kegiatan dari RMHC?
RMHC memiliki tiga program utama, yaitu Ronald McDonald House, Ronald McDonald Family Room, dan Ronald McDonald Care Mobile.
·  Ronald McDonald House, merupakan sebuah rumah singgah bagi pasien anak dengan penyakit kritis dan keluarganya. Dengan fasilitas kamar pribadi, kamar bermain untuk anak, dan makanan ala rumahan, diharapkan pasien anak tetap dapat merasakan kehangatan keluarga layaknya di rumah sendiri. Ronald McDonald House Indonesia saat ini sedang dibangun di Jl. Kana Lestari, Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan akan beroperasi di akhir tahun 2014. Rumah singgah ini diperuntukkan bagi pasien anak yang sedang menjalani pengobatan di RSUP Fatmawati. 
Rancangan Ronald MsDonald House Indonesia (Sumber : www.rmhc.or.id)
·  Ronald McDonald Family Room, merupakan ruangan khusus dalam suatu Rumah Sakit untuk keluarga dari pasien anak yang mendapat rawat inap.  Pada salah satu pojok Ronald McDonald Family Room tersedia tempat bermain anak dengan buku-buku, alat permainan dan komputer dengan akses internet. Fasilitas ini disediakan agar keluarga tidak merasa jenuh ketika harus menunggu pemeriksaan atau perawatan si anak.
Bermain menghilangkan kebosanan (Sumber : www.rmhc.or.id)
 ·  Ronald McDonald Care Mobile, merupakan klinik berjalan yang rutin melakukan pemberian imunisasi wajib dan pelayanan konsultasi serta pemeriksaan bagi anak yang membutuhkan. Selain itu, juga diberikan penyuluhan kesehatan dasar melalui cerita kepada anak serta pemantauan dan konsultasi gizi mereka. 
Ayo displin berimunisasi! (Sumber : www.rmhc.or.id)
Namun demikian, RMHC di setiap negara dapat menjalankan program-program tambahan diluar tiga program utama dengan tetap berfokus pada peningkatan kesejahteraan anak-anak di negara tersebut. Salah satu program yang dilaksanakan RMHC Indonesia adalah Stripes for Love. Suatu program yang bertujuan untuk memberikan cinta pada pasien anak, dengan memberikan Cinta (Love), maka diyakini Kebahagiaan (Joy) akan hadir dalam hidup mereka. Harapan (Hope) pun akan tumbuh dan Senyum (Smile) kembali menghiasi wajah polos mereka. Program Stripes for Love dapat diikuti dengan beberapa cara, seperti memberikan kata-kata motivasi di microsite www.stripesforlove.com, membeli baju T-Shirt Stripes for Love atau membeli Stripes for Love Bear.
Kata-kata Motivasi di www.stripesforlove.com
Bagaimana berperan serta dalam RMHC?

Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk ikut berperan serta dalam RMHC. Pertama, dengan memberikan donasi secara tunai. Donasi ini dapat di transfer ke rekening :

Yayasan Ronald McDonald House Charities melalui Bank BCA No Rek : 03.53163.300 dan Bank OCBC No.Rek  : 5458.0000.9445. Donasi langsung juga dapat disalurkan  melalui Box Donasi RMHC di setiap restoran McDonald's Indonesia.


Box Donasi RMHC (Sumber : www.rmhc.or.id)

Kedua, menjadi relawan RMHC. Untuk relawan Program Ronald McDonald Care Mobile dapat mendatangi 6 lokasi Ronald McDonald Care Mobile di wilayah Jakarta dan 2 lokasi Ronald McDonald Care Mobile di Jawa Barat (Sukabumi dan Soreang, Bandung) pada hari kerja , pk.08.30 - pk.12.00. Sementara untuk relawan Program Ronald McDonald Family Room, dapat mendatangi Ronald McDonald Family Room - Departemen Radioterapi, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo - Jakarta pada hari Senin - Jumat, pk 09.30 - pk.16.30 WIB.

Ketiga, memberikan barang sebagai bentuk sponsorhip. Barang-barang tersebut dapat berupa Buku- buku termasuk buku bacaan anak, perlengkapan kebersihan pribadi, alat permainan, DVD dengan materi edukasi, dll yang sesuai untuk program Ronald McDonald Care Mobile maupun untuk melengkapi fasilitas Ronald McDonald Family Room.

Sebagian besar program-program yang diberikan RMHC pada dasarnya menyatakan bahwa kebersamaan dan kehangatan keluarga merupakan faktor utama dalam proses penyembuhan pasien anak. Jika anda sependapat dengan pernyataan RMHC, maka jangan ragu untuk segera bergabung dan membagi cinta anda pada pasien anak-anak ini.


Referensi
www.rmhc.org
www.rmhc.or.id
en.wikipedia.org 



Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog RMHC



Artikel Terkait
123456789101112131415