Custom Search

2020-01-09

BAGAIMANA CARANYA MENJADI WEB DEVELOPER?

Dulu sekali, saya ingin menjadi web developer. Saya memulai debut dengan membuat blog pada tahun 2006. Beberapa bulan tidak update membuat saya lupa password blog. Hehehe. Akhirnya saya membuat blog baru dengan nama falkhi pada tahun 2007. Falkhi artinya beruntung, siapa tahu nama baru ini bisa membuat saya beruntung untuk menjadi web developer.   

kolam ikan
Hai, ikan-ikan, bagaimana caranya jadi web developer?

Bertahun-tahun kemudian, ternyata saya masih belum juga menjadi web developer. Masih saja pusing dengan bahasa komputer yang dalam pandangan saya seperti huruf berdemo. Rame amat sih, pakai baris-berbaris pula, hahaha.

Saat kuliah, dosen saya pernah mengenalkan tentang C++, Pascal dan HTML sederhana. Itu tidak sekaligus ya, tetapi random. Sebab saya mengulang dua kali untuk mata kuliah pemrograman komputer karena nilai D. Hehehe. Sebenarnya, saya juga bingung dengan pak dosen. Tiga semester saya mengikuti kuliahnya dengan mata kuliah yang sama, tetapi ternyata setiap semester materinya berbeda. Contoh semester pertama mendapat materi C++, hasilnya tidak lulus. Ikut lagi di semester ketiga, materi berganti menjadi Pascal, hasilnya tidak lulus lagi. Keukeh ikut lagi di semester kelima, eh dapat materi baru lagi HTML, padahal nama mata kuliahnya sama. Kan bikin pusing tuh, untung yang terakhir pak dosen lagi baik hati, saya dilulusin. Mungkin sudah bosan juga melihat setiap tahun ada wajah saya dikelasnya, hahaha.    

Setelah dipikir-pikir, saya mengulang itu mungkin agar saya bisa belajar bahasa pemrograman secara gratis. Kan mimpinya jadi web developer? Di kasihlah kesempatan buat belajar melalui jalur tidak lulus. Hasilnya? Tetap tidak lulus menjadi web developer. Gimana mau lulus, lihat preview HTML blog saja sudah bingung maksudnya huruf berbaris rapi dengan kode-kode itu apa. Hehehe.

Lalu, bagaimana caranya menjadi web developer?

Nah, itu yang mau saya tanyakan pada sahabat-sahabat sekalian melalui posting blog kali ini. Hehehe. Kalau mau jadi web developer harus belajar darimana dulu? Cara yang gampang dan mudah dicerna bagi pemula seperti saya. Terima kasih sebelumnya.
Artikel Terkait
123456789101112131415

10 comments:

  1. Thanks for your sharing 😊 have a nice day...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your comment, good luck for you.

      Delete
  2. Aduh mba nilainya jangan diumbar dong hehehe.

    Sepertinya kita sama nih. Saya matkul komputer cmn dapat C+ juga. untung IP dah cukup jadi gak perlu ngontrak lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka aib yah bang. Hehehe. Mending C+ bang, saya itu gak lulus dapat D, makanya harus mengulang lagi. Mengulang pertama dapat C, jadi nya mengulang lagi. Terakhir baru dapat baik, hehehe.

      Delete
  3. akupun masih belajar ngoprek blog sendiri mba, blm punya ilmu buat jd web develop. hihii
    temenku jago banget memang kl masalah ngoprek web, ya dia web develop sih. wqwqwq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ella, ngoprek-ngoprek sendiri blognya. Kadang malah error, hahaha. Wah, kalau develop pasti oke itu ya, jangan diragukan lagi ilmunya. hehehe.

      Delete
  4. Wah, jadi inget dulu pas kuliah belajar C++ sama Assembly. Enaknya jadi gak terlalu asing sama coding, tapi sekarang malah gak kepake ilmumya, kekeke.

    Btw pernah coba belajar di situs kayak Codeacademy gtu blom yah? Dulu saya pengen banget bisa utak-atik template blog makanya belajar di situs itu. Enaknya sih pas belajar teorinya ada praktiknya langsung, jadi cepat bisa. Lumayan dulu jadi ngerti dasar-dasar HTML, CSS, sama JS, minimal gak bingung utak-atik tampilan blog sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak kepake coba transfer sama saya ilmunya, hehehe. Belum pernah, bisa nih buat rekomendasi saya agar bisa belajar, minimal bisa ngoprek web sendiri, heheheh. Thank you sarannya, bisa cuss langsung ini. Hehehe.

      Delete
  5. wah, saya juga kurang tau dehh.. hehehe..
    liat kode-kode html aja mata mulai kungan-kunang... wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sama nih, kodenya seperti lampu bisa membuat mata berkunang-kunang, hehehe.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, :-)

~~falkhi~~