Custom Search

2014-02-23

SAM POO KONG, SEMARANG


Bagi warga Semarang, Sam Poo Kong merupakan salah satu tempat wisata andalan yang dapat ditawarkan ketika mendapat kunjungan teman dari luar kota. Apa sih yang dinamakan Sam Poo Kong? 

Salah satu bangunan di bagian depan Sam Poo Kong
Sam Poo Kong adalah kuil atau klenteng Tionghoa yang menurut cerita merupakan tempat persinggahan Cheng Ho. Itu lho, penjelajah muslim asal Tiongkok dengan armada kapal terbanyak sepanjang sejarah dunia.
Pintu gerbang Sam Poo Kong
Awalnya kuil atau klenteng Sam Poo Kong adalah sebuah masjid yang didirikan Cheng Ho saat singgah di pantai Semongan Semarang. Singgahnya Cheng Ho di Semarang disebabkan Wang Jinghong (awak kapal Cheng Ho) sakit keras. Sehingga Cheng Ho memerintahkan untuk merapatkan kapal di pantai Semongan. 
Patung-patung orang kepercayaan Cheng Ho
Patung-patung orang kepercayaan Cheng Ho

Saat ini kuil atau klenteng Sam Poo Kong dijadikan tempat berziarah sekaligus tempat wisata, khususnya bagi warga muslim TiongHoa. Tempat utama yang di datangi adalah bangunan inti Sam Poo Kong yang berupa gua batu, dimana dalam gua batu tersebut terdapat sebuah patung Sam Poo Tay Djien (Cheng Ho). Selain itu, pengunjung Sam Poo Kong juga dapat mengunjungi altar dan makan orang-orang kepercayaan Cheng Ho saat di Jawa.

Bangunan utama Sam Poo Kong tampak depan.
Jadi buat teman-teman yang sedang berkunjung k e Semarang, jangan lupa mampir di Sam Poo Kong ya? Tiketnya murah kok, hanya 3000 ribu rupiah/orang, tapi kalau berkeinginan masuk ke Area Kuil, Gua dan Gedung Batu harus membayar lagi sebesar 20 ribu rupiah/orang.


Sebelum pulang, berpose dulu bersama si Singa :)

Lho, Sista mau membawa patung Cheng Ho kemana?? :D


Artikel Terkait
123456789101112131415