Custom Search

2013-12-30

TERNYATA SUAMIKU...


Ruang praktek dokter kandungan:
“Suami ibu menunggu diluar?” tanya dokter seraya memandangi kertas hasil pemeriksaan.
“Saya sendiri, dok. Suami masih dikantor.”
“Ya. Ya. Hasil pemeriksaannya ini....bla..bla..bla..” Aku mendengarkan keterangan dokter sambil melirik pasien sebelah yang sedang bercengkrama dengan suaminya.
Toko perlengkapan bayi:
Aku asyik memilih beberapa pakaian bayi. Seorang pelayan menghampiriku.
“Ini baru datang kemarin bu. Model baru,” tunjuknya pada deretan pakaian yang terdisplay di rak paling atas.
Aku mengikuti sarannya. Mengambil pakaian di rak paling atas. Modelnya sederhana, tapi lucu dengan gambar-gambar kartun dibagian depan.
“Ibu kok sendiri saja. Bapaknya ndak ikut?”
123456789101112131415

WARNA WARNI INDONESIA


Sebuah dialog nyanyian alam, Indonesia
Sebuah drama kehidupan semesta, Indonesia
Sebuah warna dalam baris cerita, Indonesia

Merah! aku melihatnya, Indonesia
Tenggelam dalam pesona danau kelimutu “Tiwu Ata Polo”
Dengan hiasan noda pinang yang membentuk guratan pulau kecil di tanah Jayapura

Biru! aku melihatnya, Indonesia
Melalui kecantikan wajah Raja Ampat dalam pagelaran Miss Beach
Melawan si cantik Tanjung Tinggi dari Belitung, Derawan dari Kalimatan Timur, dan Nihiwatu dari Sumba

Hijau! aku melihatnya, Indonesia
Mengalir tenang dengan kawalan bebatuan dan rerimbunan pohon di Green Canyon Ciamis
Seraya memantulkan siluet lukisan
Pinus-pinus muda di Hutan Wisata Lahendong dan hamparan padang rumput yang menemani Ranu Kumbolo
123456789101112131415

XL, INTERNET TERCEPAT!


Slogan “XL, Internet Tercepat bukan isapan jempol belaka. Performa koneksi layanan internet yang cepat, minim buffering, dan berbasis 3G benar-benar dapat dinikmati penulis ketika mengikuti uji jaringan (Drive Test) pada acara penutupan modernisasi jaringan XL di Kota Semarang. Rute uji jaringan dimulai dari Gumaya Hotel Tower melintasi titik-titik penting Kota Semarang antara lain Simpang Lima, Pasar Johar, Stasiun Kereta Tawang, Gereja Bleduk, Kantor Pos Besar Indonesia, Bunderan Tugu Muda dan kembali ke Gumaya Hotel Tower. Sepanjang perjalanan para peserta yang terdiri dari wartawan dan beberapa komunitas blogger Kota Semarang dimanjakan dengan kestabilan kecepatan koneksi layanan data XL yang dapat dilihat melalui rekam jaringan dan tampilan video youtube di layar TV bus. Bahkan disaat operator pembanding mulai menunjukkan tanda garis merah untuk batas paling rendah jaringan 3G dibeberapa tempat tertentu, jaringan XL masih tetap stabil dengan tanda garis hijau. Warna tertinggi indikator kecepatan jaringan setelah warna merah dan kuning. Hal ini membuktikan bahwa XL adalah layanan internet tercepat dan berkualitas.
Suasana saat drive test (Kok malah foto kursinya yang gede? *salah fokus. Hehehe)

123456789101112131415

2013-12-24

MENGENAL FUNGSI MANAJEMEN


Manajemen dapat didefinisikan dari dua sudut pandang, yaitu sebagai proses penyelenggaraan kegiatan dalam rangka penerapan tujuan dan sebagai kemampuan atau keterampilan orang yang menduduki jabatan manajerial untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain. 

A.  TEORI FUNGSI MANAJEMEN
Pada hakikatnya manajemen berfungsi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan dalam batas kebijakan umum yang telah dirumuskan. Terdapat dua klasifikasi utama dalam fungsi manajemen yaitu fungsi organik dan fungsi pelengkap. Fungsi organik adalah semua fungsi yang mutlak harus dijalankan dalam sebuah manajemen. Ketidakmampuan dalam menjalankan fungsi ini akan mengakibatkan matinya organisasi. Sedangkan fungsi pelengkap adalah semua fungsi yang walaupun tidak mutlak dilaksanakan dalam organisasi namun pelaksanaannya akan meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan, serta memperlancar usaha pencapaian tujuan dengan efisien, ekonomis, dan efektif (Siagian, 2003:5).   
Para ahli manajemen memiliki pendapat yang berbeda tentang fungsi organik manajemen. Fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli terus berevolusi sepanjang waktu. Seperti pada gambar di bawah ini.

123456789101112131415

2013-12-18

MALAM TAHUN BARU


Bulan sudah sampai
Pada sudut ujung matahari

“Happy New Year!”
Pekikmu pada malam
Aku hanya tersenyum

Kelebat cahaya api di latar langit
Membawa balon-balon mimpi kita
Saat itu

Bulan sudah sampai
Pada sudut ujung matahari

“Happy New Year!”
Pekikku pada malam
Kau,
Mungkin juga tersenyum

Kelebat cahaya api di latar langit
Membawa balon-balon kerinduan kita
Terbang lepas berbeda arah
Saat ini




Semarang, 181213, 08:16 PM
123456789101112131415

2013-12-17

ASYIKNYA DAPAT POWER BANK

Jum'at malam. Ada posting undangan untuk menghadiri acara network drive test dan closing ceremony central java radio modernization project yang diselenggarakan XL di halaman grup IIDN Semarang. Hm, sepertinya asyik juga. Tapi sayang, acaranya hari senin. Sudah ada rencana pulang kampung esok hari dan kemungkinan baru kembali ke Semarang senin sore.

Sabtu siang. Rencana pulang kampung batal. Aku pun bersiap-siap menghadiri acara XL. Tapi, lagi-lagi sayang. Ternyata hari senin harus menemui dosen untuk konsultasi tugas akhir. Tidak mungkin dibatalkan kan? 

Minggu malam. Posting baru dari mbak Wuri IIDN. Acara XL dapat goodybag power bank dan flashdisk. Wah, jadi ngiler nih. Gara-gara sudah lama naksir dengan power bank. Tapi bagaimana dengan janji konsultasi? Duuuh. Bikin bingung aja.

123456789101112131415

2013-12-14

MOTIVASI ITU PENTING


Motivasi itu penting dalam melakukan apapun. Mengapa demikian? Sebab motivasi adalah pondasi tentang apa yang akan kita lakukan. Tanpa motivasi, pekerjaan kita akan sia-sia. Pekerjaan kita hanya akan menjadi tumpukan sampah semata. Pekerjaan kita akan terbengkalai dan menunggu waktu untuk tiada.
 
Sumber: derpair.com
Seperti itulah yang aku rasakan sekarang. Tanpa motivasi, aku hanya bisa memandang taburan abjad dalam selembar buku. Memandang tanda lengkung berbentuk pertanyaan tanpa mengetahui apa jawabannya. Benar-benar membuatku hilang fokus dalam menjalankan kehidupan. 
123456789101112131415

PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN, MENGAPA?


Mengapa pengawas sekolah yang diberi gelar sebagai penjamin mutu pendidikan? Padahal selama ini guru yang lebih sering di dengung-dengungkan sebagai ujung tombak mutu pendidikan. Mengapa gelar penjamin mutu pendidikan kemudian tidak diberikan kepada guru? 


Pengawas sekolah adalah jabatan fungsional yang berlaku dalam lingkungan pendidikan formal dari tingkat pendidikan pra-sekolah, sekolah dasar hingga sekolah menengah. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 21 tahun 2010 dijelaskan bahwa tugas pokok pengawas sekolah dalam bidang supervisi manajerial dan akademik meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan professional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus. 
123456789101112131415

2013-12-09

REVIEWKU TENTANG FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA


Akhirnya setelah menunggu beberapa waktu, aku bisa menonton film 99 Cahaya di Langit Eropa. Sebuah film adaptasi dari novel Hanum dan Rangga dengan judul yang sama, 99 Cahaya di Langit Eropa. Mau tahu reviewku tentang film 99 Cahaya di Langit Eropa? Baca aja lanjutan tulisan ini.
Sumber: indosinema.com

123456789101112131415

2013-11-30

MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN HASIL PENILAIAN


I.         PENDAHULUAN

Salah satu indikator mutu pendidikan adalah keberhasilan proses pembelajaran. Sebagaimana dinyatakan pendidikan merupakan proses perubahan untuk perbaikan mutu diri. Baik perubahan dalam ranah kognitif, psikomotorik maupun afektif.  Proses perubahan dan perbaikan dilakukan dalam proses pembelajaran yang terjadi antara guru dan peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan inti mutu pendidikan berada pada bagaimana keberhasilan proses pembelajaran yang dilaksanakan.
Untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran, guru sebagai fasilitator akan melakukan penilaian. Penilaian merupakan usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, serta menyeluruh tentang proses dan hasil dari perkembangan yang telah dicapai peserta didik melalui program kegiatan belajar (Putra, 2013: 17).
123456789101112131415

2013-11-24

KARAKTERISTIK PENELITIAN EKSPERIMENTAL DAN NON EKSPERIMENTAL


Sumber: hari-cio-8a.blog.ugm.ac.id
Penelitian sama halnya dengan mencari, menjelajahi atau menemukan makna kembali secara berulang-ulang (Sudarwan Danim dan Darwis, 2003: 29). Lebih lanjut dijelaskan oleh Kuntjojo (2009: 7) bahwa penelitian ilmiah merupakan suatu proses yang dilakukan secara sistematis dan objektif yang melibatkan unsur penalaran dan observasi untuk menemukan, memferivikasi, dan memperkuat teori serta untuk memecahkan masalah yang muncul dalam kehidupan.
123456789101112131415

2013-11-22

HORE! PENGAJUAN BANDING ADSENSE DITERIMA

Horeeeeee! akhirnya setelah satu tahun berlalu akun iklan adsense bisa kembali muncul diblog ini. Sejak september 2012 google melayangkan surat cinta untukku. Ciee... Hihihi. Surat cinta itu berisi pemberitahuan bahwa adsense untuk blog ini dibanned. Wah, gak jadi surat cinta dong, jadinya surat cerai. Hiks.

Hari terus berlalu. Aku tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan. Lagipula aku tidak merasa melakukan kesalahan. Tapi gak mungkin juga adsense melayangkan surat cerai tanpa alasan. Benar kan? Dalam surat juga tercantum ID kesalahan. Sayangnya tidak ada keterangan ID itu untuk kesalahan yang seperti apa.

123456789101112131415

2013-11-16

MASA DAN RASA

Dua kali rembulan memutar bumi
Namun janjiku tergadai
Pada rengekan waktu yang membual
Janji yang aku tuliskan pada masa
Kini menampar pada rasa
Akankah masaku kembali pada rasa?
Atau rasaku kembali terbuai masa?




Semarang, 161113, 01:04 AM
123456789101112131415

2013-11-01

SURAT KEPADA HUJAN


Lelaki tua yang menulis waktu dengan ketukan mangkok
Bercita-cita, merebut mimpi hujan untuk bernaung dari berat butiran air yang terhempas terbang
Ia menulis,
Surat Kepada Hujan : dari penjual es buah keliling

Aku menyukai pelangi, yang berkunjung setelah hujan
Mewarna sama dengan bungkusan kecil es, potongan buah dan sedikit gincu pemanis
Menarik hati untuk bertandang menikmati
Segar melena kering
Nikmat membuat terpikat

Pelangi yang datang, andai bukan setelah hujan
Yang membuat mangkok berhias tanpa dipandang
Potongan buah mengkerut, menghabiskan sisa usia perlahan
Balok es meluntur meninggalkan kebekuan yang membentuk   

Dalam deras hujan
Gradasi warna pelangi lebih dulu mematut pada kelopak mata
Memancing butiran bening bertemu tetes air langit
Harap mendera, mentari muncul tiba-tiba
Mengusir mendung menggantung
Menyambut cerah mengalun

Aku tidak membenci hujan, tapi biarkan aku mengadu
Sedikit saja
Dari gerobak yang teronggok mematung
Menghiba lembar rupiah untuk sebungkus nasi jagung



_falkhi_160112_7:21 AM



123456789101112131415

DO’A SEEKOR KAMBING

                                                                                                                 : Renungan malam Idul Adha


Aku mendengar sebuah kisah
Dari masa yang telah lalu

Kisah satu hati manusia
Ibrahim namanya

Kerelaan hati atas nama Tuhan
Meneguhkan Ibrahim
Untuk menghadapkan sang putra pada pemilik semesta

Aku membuat kisah
Dari masa yang akan berlalu

Kisah hati dari para kaumku
Yang kalian sebut binatang kurban

Kerelaan hati atas nama Tuhan
Meneguhkan kami
Untuk menghadapkan diri pada pemilik semesta

Atas teladan yang diberikan Ibrahim
Atas ketulusan yang ditampakkan Ismail

Kami ikhlaskan badan ini
Atas nama syukur dan rasa berbagi manusia



BT, 141013: 10:25 PM

123456789101112131415

PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG EFEKTIF DALAM KEBERHASILAN PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU


PENDAHULUAN

Latar Belakang
Upaya membangun mutu pendidikan terus dilakukan. Baik oleh pemerintah maupun pihak sekolah sebagai penyelenggara pendidikan. Dalam usaha memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan. Sekaligus sebagai respon terhadap perubahan kehidupan yang sangat cepat di era globalisasi. Dengan harapan mutu lulusan pendidikan dapat bersaing dalam pemenuhan kebutuhan kerja, dan memberikan kesejahteraan bagi keluarga dan masyarakatnya. 
Salah satu kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam upaya membangun mutu pendidikan adalah penerapan manajemen mutu terpadu di sekolah. Suatu pendekatan yang di adopsi dari dunia industri. Dimana layanan terhadap kepuasan pelanggan menjadi fokus utama dari pengelolaan perusahaan. Dalam konteks pendidikan, sekolah dipandang sebagai organisasi yang memberikan layanan jasa pendidikan kepada siswa dan masyarakat. Sehingga manajemen mutu terpadu dapat dikatakan sebagai proses pengelolaan sekolah yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan dan kepuasan siswa dan masyarakat.
Banyak faktor yang mendukung terhadap keberhasilan penerapan manajemen mutu terpadu. Salah satu faktor adalah perilaku kepemimpinan. Dalam sebuah organisasi, perilaku kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan. Perilaku kepemimpinan merupakan tindakan-tindakan spesifik seorang dalam mengarahkan dan mengkoordinasikan kerja anggota kelompok  (Mulyadi, 2010: 47).  Misal seorang pemimpin organisasi yang selalu memberi motivasi pada anggotanya akan membuat para anggotanya percaya diri dan berusaha maksimal dalam mencapai tujuan organisasi.
Pada sistem organisasi sekolah, kepala sekolah merupakan pemimpin bagi masyarakat sekolah lainnya. Guru, karyawan, dan siswa. Sebagai pemimpin, maka perilaku kepala sekolah akan berpengaruh terhadap perilaku masyarakat sekolah lainnya. Perilaku positif dari kepala sekolah akan memacu guru dan karyawan memberikan perilaku yang positif dalam mencapai tujuan pendidikan. Sebaliknya, perilaku kepala sekolah yang negatif merupakan awal dari gagalnya penyelenggaran pendidikan di sekolah tersebut.
Keberhasilan penerapan menajemen mutu terpadu di sekolah juga tak lepas dari peran serta kepala sekolah sebagai pemimpin. Dalam makalah ini akan dipaparkan, bagaimana perilaku kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam menerapkan manajemen mutu terpadu.

123456789101112131415

2013-10-30

SATU KEPUTUSAN

Tuhan, kami di pintuMu
Mengetuk pelan
Dengan nampan jejak-jejak yang kami tapak bersama

Kami menunggu
Bersama senyuman
Agar jejak ini di jadikan cermin kehidupan
Langkah kami selanjutnya

Tuhan,
Kini kami suburkan kasih sayang ini
Dalam persaudaraan iman
Untuk menggapai kasih sayang yang lebih sempurna
DariMu, ya Rahmanirrahim



BT, 010813
123456789101112131415

2013-10-17

DO’A SEBATANG MANGROVE


Di pesisir pantai aku melenguh
Rhizophora, Sonneratia, Avicennia, Bruguiera
Telah sampai pada waktu

Aku masih disini
Menyemai mimpi kita pada masa
Sedang pengemban enggan menjaga

Wahai Engkau pemilik sejarah
Aku masih ingin menyapa
Angin, gelombang penakluk samudera
Aku masih rindu
            Riak lumpur dan capit-capit kepiting memburu
Aku masih senang
            Menangkap melompat, molekul penyusun udara   

Namun
Aku hilang rasa
Lambaian sudah melimbung
Genggaman mulai meregang
Dan seringai kapak-kapak menghampiri

Wahai Engkau penggubah jiwa
Aku serahkan janji
Tentang barisan pelindung tepi
Batas antara rumah dan sampan 

Sebab aku telah sendiri
Terkurung ambisi
Obsesi  
Pemangku bumi
Yang lamat-lamat membisikkan kata pergi




BT, 291211, 07.38 PM


·         Puisi ini masuk dalam kategori 50 puisi terbaik LOMBA MENULIS PUISI NASIONAL KOMUNITAS RUMAH SUNGAI (KmRS) LOMBOK TIMUR 2012
123456789101112131415