Custom Search

2007-03-08

GELOMBANG SINUSOIDA PENDIDIKAN


Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi. Oleh sebab itu pendidikan sering dijadikan tolak ukur kemajuan generasi dari suatu bangsa.

Sumber : www.wuskosova.org
Indonesia sendiri hingga saat ini mutu pendidikannya masih rendah. Dilihat dari laporan tentang pembangunan manusia Indonesia yang dipublikasikan UNDP pada tahun 2004, di mana Human Development Index Indonesia berada di urutan ke-111 dari 175 negara. Sementara penguasaan matematika siswa kelas II SMP, sebagaimana tercermin dalam hasil tes Trends in Mathematics and Sciences Study 2003, Indonesia berada pada urutan ke-34 dan 36 untuk sains dari 46 negara. Walaupun dalam beberapa catatan ada beberapa siswa yang secara individual menunjukkan prestasi dalam olimpiade sains tingkat internasional. Namun keberhasilan ini tidaklah semata-mata mencerminkan mutu pendidikan di Indonesia secara umum.

Dana pendidikan yang hingga saat ini belum memadai, kurikulum yang masih dalam taraf sosialisasi, tenaga pendidik yang dinilai kurang layak dan kurangnya sarana pendidikan menandakan begitu kompleksnya masalah pendidikan di Indonesia. Sejumlah bencana alam yang akhir-akhir ini terjadi juga turut menambah beban masalah pendidikan di Indonesia. Tentunya hal ini sangat memprihatinkan ditinjau dari keadaan jaman dulu Indonesia pernah mengalami kemajuan dalam bidang arsitektur yang dapat dilihat dari banyaknya bangunan candi di nusantara. Namun seperti kurva terdistribusi normal pendidikan di Indonesia saat ini berada dilembah kemerosotan setelah mengalami puncak kejayaan.

Jika mutu pendidikan di Indonesia rendah tentunya bukanlah suatu hal yang harus dicaci maki oleh kita ataupun menyalahkan pemerintah yang tidak becus menangani pendidikan. Karena pendidikan sendiri berawal pada saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup. Jadi semua komponen di Indonesia dari orang tua, tenaga pendidik, tokoh masyarakat dan pemerintah turut bertanggung jawab atas rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Dibutuhkan kerjasama antar komponen untuk kembali memajukan mutu pendidikan di Indonesia dan hal itu tidaklah bisa di capai dalam waktu yang singkat. Butuh proses yang lama untuk kembali berada dipuncak kejayaan dan itu pasti tercapai. Mengingat roda kehidupan yang terus berputar, kurva terdistribusi normal itu pun juga akan berulang seperti gelombang sinusoida.
Artikel Terkait
123456789101112131415