MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

IPUSNAS, SAHABAT DALAM MENYELESAIKAN TARGET MEMBACA

IPUSNAS, SAHABAT DALAM MENYELESAIKAN TARGET MEMBACA
Add Comments
2022-12-31

Punya hobi membaca dan membuat target buku yang harus dibaca? Jika belum, ada baiknya jika mulai menyukai membaca dan membuat target membaca. Mungkin awalnya bisa dimulai dari membaca status dan story gebetan dulu, hehehe.



Saya sendiri hobi membaca sejak kecil. Saat di bangku sekolah, saya hamper setiap hari berkunjung ke perpustakaan untuk membaca atau meminjam buku. Tentu saja mayoritas buku yang dipinjam adalah buku cerita. Sebab saya termasuk golongan pembaca buku fiksi, hihihi.

Setelah dewasa dan bekerja, kegiatan membaca tidak bisa lagi runtin dilakukan. Ada banyak kepentingan dan kegiatan yang akhirnya membuat membaca buku menjadi terbengkalai. Untuk alasan itu maka sejak empat tahun lalu saya membuat target membaca tahunan. Target membaca saya buat agar membaca tetap menjadi hobi dan kebahagiaan kala pikiran sedang sibuk dengan pekerjaan.

Awal tahun 2022 saya membuat target membaca 25 buku. Asumsinya setiap bulan bisa membaca sekitar 2 buku. Sayangnya, target tersebut hampir tidak terselesaikan. Ketika melihat catatan bacaan di awal bulan November ternyata buku yang dibaca baru sampai pada angka 13. Masih tersisa 12 buku lagi untuk menyelesaikan target membaca, hiks.

Waktu tidak memungkinkan untuk belanja ke toko dan memborong buku. Pun dengan buku-buku lama, belum ada keinginan untuk membaca kembali. Akhirnya saya mencoba membuka aplikasi iPusnas yang ada di laptop. 

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital yang dimiliki Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi ini gratis dan dapat digunakan di gawai atau laptop. Setelah mendaftar dan menjadi anggota, kita bisa menelusuri berbagai macam buku di menu koleksi atau menggunakan kolom pencarian untuk mencari buku melalui judul, penulis atau penerbitnya.

Contoh koleksi buku yang bisa dipinjam di iPusnas


Begitu sampai di menu koleksi, saya segera menelusuri koleksi buku novel yang dimiliki iPusnas. Hasilnya… beberapa buku lama yang sebelumnya tidak berhasil saya beli ternyata tersedia dan bisa dipinjam. Wow! Gairah membaca pun meningkat. Saya mencoba meminjam dan mengantri beberapa buku.

Setiap ada waktu membuka laptop untuk bekerja, saya berupaya untuk menyisihkan beberapa menit untuk membaca. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Pepatah tersebut sesuai dengan kegiatan membaca buku di iPusnas. Semakin hari, buku-buku yang saya pinjam di iPusnas bisa terbaca hingga halaman terakhir. Hingga menjelang pertengahan Desember, catatan buku yang sudah dibaca mencapai angka 25. Luar biasa! Saya yang awalnya pesimis bisa menyelesaikan target membaca ternyata dengan adanya iPusnas target membaca saya bisa terselesaikan sebelum waktunya. Horeeee!

Beberapa buku yang menemani saya dalam menyelesaikan target membaca tahun 2022


Bagaimana dengan pembaca, sudahkah mengunjungi iPusnas dan belajar mencintai membaca buku? Sebab membaca itu membahagiakan. Apalagi kalau yang dibaca adalah saldo buku tabungan yang berderet-deret angkanya, hihihi.

Selamat membaca di akhir tahun 2022.

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com