MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

KIAT MENGHADAPI SETIAP PERSOALAN DALAM HIDUP

KIAT MENGHADAPI SETIAP PERSOALAN DALAM HIDUP
Add Comments
2021-10-22

Terkadang Tuhan memberikan kita banyak kejadian untuk menegur sekaligus mengajari kita sesuatu. Terutama ketika kita merasa berada dalam kesulitan hidup yang luar biasa.


Saya pernah menyimak video kajian kitab Al Hikam dari Aa Gym berjudul cara terbaik menyikapi persoalan hidup. Sebenarnya saya jarang menyimak kajian, ups… hehehe. Namun saat itu video Aa Gym muncul ketika saya sedang asyik mendengarkan lagu di aplikasi Youtube. Judul yang tertera dalam video membuat saya tertarik sehingga jari tangan tak kuasa untuk menggulirkan tontonan dan mulai mendengarkan kajian.

Video kajian kitab Al Hikam Aa Gym berdurasi satu jam. Awalnya saya hanya ingin mendengar pendahuluannya saja. Namun, video tersebut seperti sihir bagi saya. Saya terus mendengarkan hingga kajian berakhir.

Inti dari kajian kitab Al Hikam yang disampaikan Aa Gym adalah ada lima hal yang dapat kita lakukan ketika menghadapi setiap persoalan dalam hidup. Dengan melakukan lima hal yang dimaksud, dijamin kita akan lebih bahagia dan damai menikmati sisa usia di dunia.

Lima hal yang dapat dilakukan saat menghadapi persoalan dalam hidup adalah sebagai berikut.

Siap menghadapi segala peristiwa yang sesuai dengan harapan dan keinginan.

Setiap orang memiliki harapan dan keinginan dalam hidup. Aktivitas yang kita lakukan setiap hari merupakan upaya untuk mencapai harapan dan keinginan yang dimaksud. Untuk itu, kita harus selalu siap untuk menghadapi setiap peristiwa yang sudah kita impikan sejak lama.

 

Ridha terhadap peristiwa yang tidak sesuai dengan harapan dan keinginan dengan tetap melanjutkan ikhtiar di jalan yang di ridhai.

Setiap peristiwa dalam kehidupan memiliki dua sisi. Satu sisi adalah peristiwa yang kita inginkan dan sisi yang lain adalah yang tidak kita inginkan. Kejadian yang tidak diinginkan ada yang membuat bahagia dan ada pula yang sebaliknya. Membuat kita sedih, kecewa bahkan marah dan merasa Allah tidak adil terhadap kita. Untuk peristiwa yang terakhir inilah kita harus belajar untuk ridha. Belajar untuk berlapang dada dan menerima dengan ikhlas apa yang ditakdirkan untuk terjadi. Selanjutnya kita tetap berikhtiar untuk mencapai apa yang kita cita-citakan.

 

Jangan mempersulit diri

Ketika hati tidak ikhlas seringkali kita mempersulit diri dengan mengedepankan emosi dan harapan yang sudah diimpikan. Padahal dengan mengubah sudut pandang, melepas harapan dan bersikap santai semua peristiwa akan lebih mudah untuk dihadapi.

 

Evaluasi diri

Untuk setiap peristiwa ada baiknya kita melakukan evaluasi diri. Evaluasi dilakukan bukan untuk mencari kesalahan melainkan bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan setiap kebaikan.


Kejar pertolongan Allah sehingga nantinya Allah akan membantu

Setelah evaluasi dilakukan, bersiaplah untuk kembali berjuang. Dalam hal ini berjuang untuk mengejar pertolongan Allah terhadap harapan yang kita inginkan. Bukan semata-mata mengejar cita-cita. Dengan mengejar pertolongan Allah diharapkan Allah akan membantu kita dalam mencapai impian. Bantuan Allah akan membuat peristiwa yang kita inginkan terjadi dengan lebih bermakna dan tepat kondisi.

 

Itulah lima kiat yang dapat dilakukan dalam menghadapi setiap persoalan dalam hidup berdasarkan kajian kitab Al Hikam dari Aa Gym. Silakan dicoba jika sesuai dengan hati agar hidup dapat dinikmati dengan senyum berseri.

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com

  1. Nice bu Guru. Kadang kita terlalu jumawa ya, kadang lupa minta pertolong dari Allah swt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang, terlalu pede dengan kemamuan diri, hehehe

      Delete