Custom Search

2018-08-11

INILAH 5 OLEH-OLEH KHAS PROBOLINGGO

Probolinggo dikenal sebagai kota Mangga dan Anggur. Kedua buah tersebut sukses menjadi oleh-oleh khas Probolinggo selama ini. Sayangnya, buah mangga dan anggur tidak tersedia setiap waktu. Mangga dan anggur hanya tersedia jika musim panen tiba dan terjadi sekali dalam setahun. Lalu bagaimana jika kita berkunjung ke Probolinggo saat bukan musim mangga dan anggur? Gak jadi bawa oleh-oleh dong. Eits, tenang dulu, jangan kecewa. Sekarang ada 5 oleh-oleh khas Probolinggo yang tidak bergantung pada musim.


Oleh-oleh khas Probolinggo ini berbentuk minuman, camilan, hingga lauk untuk teman makan. Berbeda dengan buah mangga dan anggur yang mudah busuk, kelima oleh-oleh ini bisa tahan lama. Bahkan berbulan-bulan. Jadi, gak perlu khawatir lagi jika berkunjung ke Probolinggo di luar musim mangga dan anggur. Sebab masih ada 5 oleh-oleh yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Probolinggo.

Apa saja 5 oleh-oleh khas Probolinggo? Berikut ulasannya.  

Minuman Pokak
Minuman pokak adalah minuman khas Probolinggo yang dibuat dari aneka rempah. Dulu pokak sering dibuat saat menjelang hari raya dan menjadi suguhan wajib beberapa rumah di Probolinggo. Sekarang pokak dapat diminum kapan saja. Tidak perlu menunggu hari raya sebab minuman pokak sudah dikembangkan menjadi minuman instan dan menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Probolinggo.

Pokak siap dibeli untuk oleh-oleh


Terdapat dua macam bentuk pokak dari Probolinggo. Pertama, sirup pokak yang berbahan gula, jahe, pandan wangi, kayu manis, sereh, jeruk purut, dan cengkeh. Kedua, serbuk pokak yang dibuat dari gula putih, gula merah, keningar, jahe, cengkeh, kapulogo, sere, dan daun jeruk purut.

Minuman pokak dapat disajikan sesuai selera alias boleh dengan air panas atau air dingin. Tapi, paling enak sih dengan air panas. Apalagi kalau minumnya saat udara dingin. Pas banget deh karena minuman pokak rasanya pedas-pedas hangat. Seperti minuman jahe tetapi dengan aneka rasa rempah.  
Minuman pokak cocok sebagai teman penghilang dingin karena dapat menghangatkan badan. Selain itu, katanya sirup pokak bisa mengobati flu, meredakan batuk serta masuk angin. Komplit deh seperti jamu. Nah, bagi yang tidak suka jamu disarankan untuk tidak mencoba, tapi boleh beli untuk oleh-oleh keluarga, hehehe.

Bawang Merah

Probolinggo merupakan salah satu sentra penghasil bawang merah di pulau Jawa. Hal ini dikarenakan luasnya areal tanam bawang merah di Probolinggo. Bawang merah Probolinggo dikenal lebih pedas dan mengkilap dibandingkan bawang merah dari daerah lain. Oleh sebab itu, bawang merah Probolinggo menjadi favorit pecinta makanan bawang.   

Ada tiga macam jenis oleh-oleh bawang merah dari Probolinggo yaitu bawang merah mentah, bawang merah goreng, dan sambal bawang merah. Bagi yang berkeinginan membawa bawang merah mentah, bisa mampir di pasar bawang Probolinggo. Letaknya berada di jalur pantura, wilayah kecamatan Dringu. Sebelah timur kota Probolinggo.

Sambal bawang
 
Namun, jika menginginkan oleh-oleh yang praktis, pengunjung bisa membeli bawang merah goreng dan sambal bawang merah. Keduanya sudah dikemas rapi dan siap untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Probolinggo.

Bawang goreng untuk masakan

Ada dua macam oleh-oleh bawang merah goreng, yaitu bawang merah goreng original dan dan bawang merah goreng aneka rasa. Kategori original adalah bawang merah goreng yang biasanya digunakan untuk hiasan aneka masakan, sedangkan kategori aneka rasa adalah bawang merah yang digoreng dan diberi bumbu. Bawang merah goreng aneka rasa ini cocok dimakan sebagai camilan, terutama saat nonton bola di layar televisi. Hehehe.

Camilan bawang goreng

Abon

Abon adalah daging yang disuwir-suwir dan diberi bumbu sehingga tampak seperti gumpalan kapas atau serabut. Daging yang biasa dibuat abon adalah daging sapi atau ayam. Nah, abon oleh-oleh khas Probolinggo ternyata tidak hanya berbahan dasar daging sapi atau ayam. Melainkan berbahan dasar ikan laut dan kluwih.

Abon ikan tongkol

Abon ikan ini cocok bagi yang tidak suka atau tidak bisa makan dengan lauk daging. Biasanya ikan laut yang digunakan sebagai bahan dasar abon adalah ikan tongkol dan tuna. Sedangkan abon kluwih adalah abon yang dibuat dari buah kluwih. Buah kluwih mirip-mirip buah sukun atau nangka. Biasanya daging buahnya digunakan untuk sayur, sama seperti buah nangka muda. Karena berbahan dasar buah, maka abon kluwih sangat cocok bagi vegetarian yang ingin merasakan makan dengan lauk abon. Mau coba jadi vegetarian?

Abon kluwih
Keripik Kentang

Probolinggo memiliki dua daerah dataran tinggi penghasil kentang yakni Sumber dan Sukapura. Kedua daerah berada di wilayah wisata Bromo sehingga kentang dua daerah tersebut sering disebut sebagai kentang Bromo. Kentang Bromo ini banyak diolah agar bisa tahan lama dan bernilai jual tinggi. Salah satu olahannya adalah keripik kentang yang menjadi oleh-oleh khas dari Bromo.


Keripik kentang yang sudah matang

Keripik kentang Bromo berwarna putih. Hampir sama dengan keripik gadung. Perbedaannya terletak pada tekstur keripik. Keripik kentang memiliki tekstur yang lebih lunak sehingga  terasa lebih renyah ketika dimakan. Berbeda dengan keripik gadung yang terasa keras saat digigit.

Kemasan keripik kentang mentah

Keripik kentang dikemas dalam bentuk mentah dan siap makan. Untuk keripik mentah harganya bervariasi menyesuaikan dengan ukuran keripik. Keripik dengan ukuran paling besar akan dibandrol dengan harga yang paling mahal. Keripik yang siap makan biasanya berukuran sedang dan memiliki harga yang setara di setiap penjual.  

Manisan

Manisan adalah salah satu cara dalam memperpanjang umur simpan buah atau sayuran. Seperti halnya buah mangga di Probolinggo. Sebagai daerah penghasil mangga, Probolinggo akan dipenuhi buah mangga saat musim panen tiba. Untuk memperpanjang masa simpan buah mangga, dibuatlah manisan mangga. Kini manisan mangga menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Probolinggo.

Gambar mangganya menggiurkan, hehehe.


Selain manisan mangga, ada juga manisan tomat. Manisan tomat dibuat karena mayoritas petani di dataran tinggi Probolinggo menanam tomat, seperti halnya di wilayah Sukapura. Jika masa panen tiba, harga buah tomat akan turun drastis. Untuk menekan angka kerugian, dibuatlah manisan tomat yang kemudian dibuat oleh-oleh khas dari kota Probolinggo.

Manisan tomat
Itulah 5 oleh-oleh khas yang dapat dibawa jika berkunjung ke Probolinggo. Oleh-oleh tersebut dapat dibeli di tempat penjualan oleh-oleh di sekitar wilayah Probolinggo. Seperti toko star readbox yang beralamat di Jalan Panglima Sudirman No.12 Probolinggo. Oleh-oleh khas Probolinggo juga bisa dipesan secara online di beberapa aplikasi belanja online.

Jika hanya ingin mencicipi, boleh lah kirim alamat via komentar atau DM media sosial. Saya kirim free selama bulan Agustus 2018 dengan syarat tidak lebih dari 2 item. Kalau lebih, silakan memesan langsung di beberapa aplikasi belanja online. Hehehe.     

Artikel Terkait
123456789101112131415