Custom Search

2018-02-28

5 TEMPAT WISATA MENARIK YANG BISA DIKUNJUNGI JIKA MELEWATI PROBOLINGGO


Bagi yang suka mengunjungi Bali dari arah Surabaya melalui jalur darat tentu tahu dengan wilayah kabupaten/kota Probolinggo. Itu lho yang terkenal dengan buah mangga dan gunung Bromo. Biasanya para wisatawan berkunjung ke Probolinggo jika hendak ke Bromo saja, padahal ada banyak tempat wisata lain yang tak kalah asyik lho. Bahkan lokasinya cukup mudah dijangkau karena berada di sekitar jalan utama pantura. Cocok banget deh buat tempat persinggahan ketika sedang melakukan perjalanan Surabaya - Bali via darat.

Tertarik selfie di sini? mampir saja di pantai Bentar, Probolinggo


Berdasarkan kemudahan akses dan ciri khas wisatanya, terdapat 5 tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi jika sedang melewati wilayah Probolinggo. Apa saja kelima wisata tersebut? Silakan intip tulisan berikut ini.


BJBR

BJBR tempoe doeloe

BJBR merupakan singkatan dari Bee Jay Bakau Resort. Objek wisata yang mengusung eduwisata mangrove ini berada di sekitar pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Saat ini, BJBR dikenal sebagai salah satu wisata yang instagramable di Probolinggo, sebab BJBR menyediakan banyak spot yang asyik untuk selfie seperti bola dunia, robot buatan, patung kuda, hingga payung-payung yang berderet seperti awan.

BJBR sendiri merupakan objek wisata keluarga dengan fasilitas antara lain restoran, cafe, bunga low, berbagai macam permainan air, flying fox, pasir putih, hingga jalur pejalan kaki (cycling track) yang berada di antara pohon-pohon mangrove. Cukup banyak kan fasilitasnya?

Water boom di BJBR

Untuk menikmati semua fasilitas di BJBR, pengunjung ditarik tiket sebesar 20 ribu rupiah pada hari-hari biasa. Sedangkan untuk weekend, tiket BJBR naik menjadi 40 ribu rupiah dan 50 ribu rupiah untuk hari libur nasional.

Tertarik? Mampir dong. Jika dari arah Surabaya bisa belok kiri di perempatan Pilang menuju arah pelabuhan, sedangkan dari arah Bali bisa belok kanan di jalan Gatot Subroto menuju arah pelabuhan. Biasanya setelah masuk wilayah kota Probolinggo akan ada plang yang menunjukkan arah pelabuhan Tanjung Tembaga, jadi gak perlu merasa khawatir kesasar jika ingin ke BJBR. Jika masih merasa khawatir, silakan bertanya pada petugas keamanan, polisi, atau google maps, hehehe.  

Pantai Bentar

Gapura pantai bentar

Pantai Bentar merupakan salah satu pantai yang berada di jalur utama jalan pantura. Pantai Bentar dikenal dengan jembatan kayu dan hiu tutulnya. Jembatan kayu adalah salah satu fasilitas pantai Bentar yang disukai oleh pengunjung, sebab jembatan kayu ini dibangun menjorok ke laut. Sehingga kita bisa melihat laut lepas dan berselfie ria dengan pemandangan laut yang indah.


Jembatan kayu

Sedangkan hiu tutul adalah tamu tahunan pantai Bentar saat musim penghujan pada bulan Januari-April. Hiu tutul yang panjangnya bisa mencapai 8 meter ini akan bermain-main diperairan pantai Bentar sebelum bermigrasi ke perairan Australia. Biasanya rombongan hiu tutul akan muncul pada saat pagi, sore, atau saat cuaca mendung. Para pengunjung yang berkeinginan untuk melihat hiu tutul pada jarak dekat bisa menyewa perahu yang disediakan dengan tarif 15 ribu rupiah. Eit, gak perlu takut ya, hiu tutul di pantai Bentar dikategorikan sebagai hewan yang sudah jinak. Jadi, bisa didekati dan diberi makan. Tertarik? Silakan mampir di pantai Bentar pada bulan-bulan Januari hingga April setiap tahunnya.

Jika berkunjung ke pantai Bentar tidak mungkin kesasar tapi bisa jadi terlewat, hehehe. Sebab, gerbang masuk pantai ini tepat berada di tepi jalan raya desa Curah Sawo, kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Bersebelahan lokasinya dengan bukit Bentar yang menjulang tinggi di pinggir jalan raya.

Miniatur Ka’bah



Memiliki keinginan untuk berkunjung ke Mekah? Sama dong, amin. Berkunjung ke Baitullah tidak hanya membutuhkan modal materi, tetapi juga modal diri agar dapat lancar melaksanakan ibadah. Bagaimana mempersiapkan diri agar mampu dan mudah melaksanakan rukun ibadah? Menurut saya, caranya dengan mengikuti manasik sebelum berangkat ke Baitullah. Tetapi, manasik akan dilakukan pada jamaah yang sudah siap berangkat. Lalu, bagi kita yang masih dalam angan-angan ini bagaimana?

Tenang, kita bisa melakukan manasik haji sendiri dengan mengunjungi miniatur ka’bah. Salah satu miniatur ka’bah yang bisa dikunjungi adalah miniatur ka’bah di wilayah Bentar kabupaten Probolinggo. Miniatur ka’bah yang dijadikan sebagai tempat wisata religi ini sering digunakan sebagai tempat praktik manasik haji. Tidak hanya oleh para jamaah yang akan berangkat, tetapi juga oleh para pelajar dari TK hingga SMA.

Belajar tawaf

Memiliki keinginan yang sama? bolehlah mampir jika sedang melewati Probolinggo. Miniatur ka’bah lokasinya berdekatan dengan pantai Bentar. Berada tepat di pinggir jalan raya desa Curah Sawo, kecamatan Gending, kabupaten Probolinggo. Selain menyediakan miniatur ka’bah yang hampir mirip dengan aslinya, tempat ini juga dilengkapi dengan tempat lempar jumrah hingga masjid untuk beribadah. Tunggu apa lagi? Yuk, mampir jika melewati Probolinggo.

Candi Jabung


Pecinta sejarah tak perlu panik jika berkunjung ke Probolinggo. Sebab Probolinggo memiliki beberapa peninggalan kuno yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah candi Jabung. Candi budha peninggalan dari kerajaan Majapahit memiliki bentuk yang unik, yaitu bentuk badan candi yang tidak kotak melainkan silinder.

Sumber : www.probolinggo.org


Menurut sejarah, candi Jabung dibangun pada tahun 1354 M. Candi yang terbuat dari bata merah ini pernah dikunjungi raja Hayam Wuruk dalam lawatannya ke Jawa Timur pada tahun 1359 M. Candi Jabung diperkirakan dibangun sebagai tempat pemakaman salah satu keluarga kerajaan. Mungkin karena alasan itulah, banyak ditemukan pohon Maja di sekitar candi. Tahu, kan? nama kerajaan Majapahit berasal dari buah Maja yang rasanya pahit.

Ingin tahu lebih jauh tentang candi Jabung? Mampir saja ke Desa Jabung kecamatan Paiton kabupaten Probolinggo. Lokasi candi berada sekitar 1 km ke arah selatan dari jalan raya pantura. Gratis lho.   

Pantai Duta


Sumber : pesonajatim.com


Pantai Duta merupakan salah satu pantai yang mulai terkenal di masyarakat. Pantai yang awalnya sebagai tempat mangrove ini, kini dibuka untuk umum. Lokasinya berada di desa Randutatah kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo. Sekitar 3 km ke arah utara dari jalur jalan raya pantura.

Pantai Duta cocok untuk wisata keluarga. Sebab, selain gelombang lautnya kecil, pantai ini banyak ditumbuhi oleh pohon cemara. Para pengunjung dapat memanfaatkan rimbunnya pohon cemara sebagai peneduh untuk piknik bersama keluarga. Selain itu, pantai Duta juga dilengkapi dengan permainan khusus anak-anak, seperti bandulan dan perosotan.

Pose dulu ya, hehhe


Jika ingin bermain dengan air laut, pengunjung bisa menyewa ban yang banyak disediakan. Pengunjung juga bisa berkeliling sekitar pantai Duta dengan menyewa perahu. Tunggu apa lagi, yuk mampir pantai Duta. Ada banyak penjual rujak buah yang rasanya oke punya lho, hehehe.
Artikel Terkait
123456789101112131415