Custom Search

2017-05-25

APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN GURU MENYAMBUT TAHUN AJARAN BARU 2017?

Kalender pendidikan tahun 2016/2017 sudah mendekati detik-detik perpisahan. Ya, berdasarkan kalender pendidikan 2016/2017 pembelajaran akan berakhir pada tanggal 17 Juni 2017 yang bersamaan dengan pembagian raport. Dengan demikian, awal pembelajaran baru akan segera dimulai. Lalu, apa yang bisa dipersiapkan guru dalam menyambut tahun ajaran baru 2017/2018?

Sebentar lagi libur lho...
Guru adalah seorang pelaku seni. Itu dalam pandangan saya. Sebab, guru selalu dituntut kreatif menciptakan suasana belajar yang menarik dalam setiap waktunya. Dituntut untuk selalu memiliki amunisi rencana dari A hingga Z ketika masuk ke dalam kelas. Hal ini dikarenakan yang berada dihadapan guru adalah seorang manusia. Makhluk hidup sempurna dengan kekuatan akal dan kelembutan perasaan. Sehingga, selalu memunculkan perubahan suasana dalam setiap detik-detiknya. 
Bagi seorang guru, kreatifitas tindakan dalam mengajar biasanya muncul seketika ketika berada di dalam kelas. Namun, tidak ada salahnya kita mempersiapkan terlebih dahulu agar apa yang kita inginkan dalam proses pembelajaran di dalam kelas dapat tercapai.

Berikut hal-hal yang dapat dipersiapkan guru dalam menyambut tahun ajaran baru 2017.


1. Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan adalah pengendali guru da.lam membelajarkan sejumlah pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam kurun waktu tertentu. Ketersediaan kalender pendidikan akan membantu kita dalam merencanakan pembelajaran. Termasuk juga merencanakan liburan, hehehe. Contoh kalender pendidikan tahun ajaran 2017/2018 dapat dilihat pada gambar berikut.

Sumber :pdk Jateng
 Dokumen asli dapat dilihat pada link pdk Jateng.

2. Perangkat Pembelajaran
Jika kalender pendidikan adalah pengendali waktu, maka perangkat pembelajaran adalah jembatan waktu. Analogi jembatan ini dikarenakan perangkat pembelajaran berisi rangkaian titik-titik pedoman pembelajaran di dalam kelas yang akan digunakan dalam satu tahun ajaran. Seperti halnya jembatan, maka kita harus melangkah satu persatu agar dapat sampai di ujung, yaitu kenaikan kelas atau kelulusan.

Bagaimana perangkat pembelajaran untuk tahun ajaran 2017? Jika masih menggunakan Kurikulum 2006 alias KTSP tidak ada perubahan penyusunan. Namun, bagi yang menerapkan Kurikulum 2013 ada beberapa revisi yang harus diterapkan dalam perangkat pembelajaran, khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Revisi dalam RPP antara lain pembelajaran harus memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi Media, Kemampuan 4C (Komunikasi, Kolaborasi, Kritis, dan Kreatif) serta menggunakan evaluasi dengan berdasar pada Higher Order of Thingking Skill (HOTS). Contoh RPP dapat dilihat pada gambar berikut.

Memuat literasi media dalam bentuk video


Memuat 4C

Memuat PPK

Bentuk evaluasi model HOTS

3. Semangat
Apa arti memilki dokumen pembelajarann lengkap tapi tidak ada semangat untuk melaksanakan apa yang sudah direncanakan? Jadi, hal paling utama setelah menyiapkan perlengkapan administrasi adalah menyiapkan mental. Mental untuk tidak pernah menyerah dalam mengajar. Semangat yang harus dipompa tinggi, sebab ada banyak hal yang dapat memadamkan semangat kita dalam mengajar. Baik dari internal diri kita seperti malas, galau masalah lain, dan sebagainya. Maupun dari eksternal, seperti iklim belajar, karakteristik peserta didik, dan lain-lain. Apapun masalahnya, sebagai guru kita harus tetap memberikan semangat pantang menyerah dalam mengajar, sehingga kita bisa menjadi seorang guru yang dirindukan.


Tiga hal itulah yang dapat dipersiapkan guru dalam menyambut tahun ajaran 2017/2018. Selamat berlibur dan sampai jumpa di tahun ajaran baru. Bye
Artikel Terkait
123456789101112131415