Custom Search

2017-02-17

6 WISATA GLENMORE BANYUWANGI YANG MENARIK


6 wisata Glenmore Banyuwangi yang menarik antara lain 

Perkebunan Kendeng Lembu, waduk Sidodadi, umbul Pule, umbul Bening, candi Agung Gumuk Kancil, dan pura Beji Ananthaboga. 

wisata glenmore banyuwangi
Sumber : cdns.klimg.com
Glenmore adalah salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Banyuwangi. Daerah ujung timur pulau Jawa. Jika menilik nama, saya sangsi daerah ini berada di pulau Jawa. Namanya mengingatkan nama-nama daerah di Eropa, apalagi penyebutan Glenmore tanpa menyertai huruf “e”. Serasa berada di Eropa, kan? Hehehe. 

Akhir tahun 2016, saya berkesempatan mengunjungi Banyuwangi. Saya memilih rute pergi melalui Situbondo dan rute pulang melalui Jember. Rute Banyuwangi-Jember ini melewati kecamatan Glenmore. Nah, teman-teman menyarankan untuk istirahat dan berwisata sejenak di Glenmore. Katanya, tempat-tempat wisata di Glenmore Banyuwangi sangat menarik.
Penasaran dengan ucapan teman, saya akhirnya singgah di Glenmore. Tepatnya di waduk Sidodadi dan dusun coklat di Perkebunan Kendeng Lembu. Saya hanya bisa mengunjungi kedua tempat tersebut karena waktu tidak memungkinkan untuk berlama-lama. Kesan saya dalam waktu yang itu adalah wisata Glenmore memang menarik. Terutama daerah perkebunan. Akses jalannya seperti di film-film Korea, aspal halus, berkelok-kelok, dan jarang ada kendaraan. Cocok untuk selfi-selfi, hehehe.

Bagi yang memang berkeinginan untuk berlibur di Banyuwangi, wisata di Glenmore patut didaftarkan dalam list kunjungan. Khususnya bagi pecinta cokelat. Sebab, cokelat Glenmore memiliki keunikan khas, yaitu rasa asam kismis. Penasaran wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi di Glenmore? Ini ulasannya.

6 wisata Glenmore yang menarik


Perkebunan Kendeng Lembu

Hormat grak, hehe
Perkebunan ini berada di Desa Karang Harjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Luas perkebunan mencapai 3.802 Ha dengan jenis tanaman kebun berupa kopi, kakao dan karet. Bagi wisatawan disediakan pemandu yang akan menjelaskan seputar perkebunan sambil berkeliling.

Saat berkunjung ke kebun karet, kita bisa melihat langsung proses pengambilan getah karet hingga pengolahannya. Saat berkunjung ke kebun kopi, kita akan merasakan kopi yang dipetik langsung dari perkebunan. Saat berkunjung ke kebun kakao, kita dapat mengamati proses pemilihan buah, pengeringan, hingga proses penyiapan bahan pembuat coklat. Kebun kakao juga baru membuka doesoen Kakao, kafe yang menyediakan informasi dan minuman seputar coklat.

Perkebunan Kakao alias cokelat
Perkebunan juga menyediakan wisata heritage lho. Bangunan kuno, peralatan produksi peninggalan Belanda, dan situs sejarah dalam perkebunan menjadi menu utama wisata Heritage. Sangat cocok buat pecinta sejarah.

Masih dalam proses pembangunan
Masalah oleh-oleh tidak perlu khawatir. Kita bisa membeli kopi atau cokelat hasil produksi perkebunan untuk dibawa pulang. Bungkuuuus! Hehehe.

Waduk Sidodadi

Jadi tukang potret, :D
Waduk Sidodadi berada di Desa Karang Harjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Luas waduk di Sidodadi mencapai 2 hektare dengan luas lahan sekitar 6,8 hektare. Waduk ini dikelilingi pegunungan dengan pemandangan perkebunan. Jika musim kemarau, lumayan terik karena minim tempat teduh. Maklum, wisata ini baru diresmikan awal Januari 2016. 

Waduk Sidodadi menyediakan beberapa wisata menarik, seperti flying fox, ATV, dan bebek air. Sayang, waktu ke sini tidak sempat naik apapun. Antrinya panjang banget. Bisa telat pulang kalau saya memaksakan naik flying fox. Hahaha.

Asyik kan tempatnya
Waduk Sidodadi juga menyediakan pemandangan pameran payung disepanjang jalan wahana ATV. Payung yang diletakkan berjajar di atas jalan ini bukan untuk bernaung lho ya. Tapi, untuk background selfi-selfi di kawasan waduk. So, jangan lupa foto di tempat ini ya jika mampir ke waduk Sidodadi.

Wahana wisata waduk Sidodadi
  
Umbul Pule

Sumber : wisataairsumberpule.blogspot.com
Umbul dalam bahasa Jawa artinya air yang memancar. Umbul pule merupakan sebuah telaga yang kemudian dikembangkan menjadi wisata kolam pemandian modern. Terdapat empat kolam renang berbagai ukuran. Kedalaman kolam berkisar dari 40 cm hingga 2 m. Selain itu, Umbul Pule dilengkapi dengan waterboom, seluncur air, hingga bumi perkemahan.

Sumber : wisataairsumberpule.blogspot.com
Umbul Pule recommended buat keluarga yang ingin berlibur dengan santai. Apalagi suasana di Umbul Pule sejuk karena berada di lereng gunung Raung. Penasaran? Langsung saja kunjungi Umbul Pule di desa Sumbergondo, kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

Umbul Bening

Sumber : 2.bp.blogspot.com
Umbul Bening kembarannya Umbul Pule. Kembar sesama wisata pemandian maksudnya, hehehe. Letak kedua umbul ini juga berdekatan. Tepatnya di desa Sumbergondo, kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Akibat tempat yang berdekatan, para pengunjung seringkali salah tujuan. Awalnya hendak ke Umbul Pule, eh malah masuk Umbul Bening, begitu juga sebaliknya.

Sumber : banyuwangibagus.com
Umbul Bening juga dilengkapi empat kolam renang, seperti di Umbul Pule. Terdapat gazebo di sekeliling kolam yang bisa digunakan untuk bersantai. Bagi pengunjung anak disediakan taman dan tempat bermain. Deretan kios penjual makanan minuman juga banyak tersedia di sini. Jadi, gak bakal kelaparan deh, hehehe.

Candi Agung Gumuk Kancil
 
Sumber : hindudharmabali.blogspot.com
Candi Agung Gumuk Kancil berada di Dusun Wonoasih, Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Kawasan tempat ibadah umat Hindu ini juga dikembangkan sebagai kawasan wisata. Terdapat dua objek wisata di kawasan Candi Agung Gumuk Kancil.

Pertama, bangunan pura atau candi. Bangunan yang diresmikan pada tahun 2002 ini merupakan tempat petilasan Maha Resi Markandeya. Bentuk bangunan menyerupai candi Angka Tahun di kompleks candi Penataran dengan motif hiasan Prambanan. Candi Agung Gumuk Kancil sangat baik sebagai tempat meditasi.    

Sumber : cdns.klimg.com
Kedua, sumber air suci. Air suci dari lereng Raung ditampung dalam kolam beralas bebatuan. Dilengkapi dengan sebelas pancuran. Para pengunjung bisa mandi di kolam ini. Tapi ingat, mandinya tanpa shampoo. Alasannya, karena air kolam merupakan air suci.   

Pura Beji Ananthaboga

Sumber : wikimedia.org
Pura Beji Ananthaboga berada di Dusun Selorejo, Glenmore, Banyuwangi. Pura ini merupakan salah satu situs Maha Resi Markandeya yang membentang dari Gumuk Payung hingga Gumuk Kancil. Lokasinya berada sekitar 2 km di sebelah timur Candi Gumuk Kancil.


Bangunan pura dibuat menyatu dengan alam, yaitu hutan pinus. Sebab, lokasinya berada di tengah-tengah wilayah Perhutani KPH Banyuwangi. Selain keberadaan mata air, terdapat goa kecil yang asri di lingkungan pura. Kawasan pura juga dilengkapi dengan patung Dewi Kwam Im, Bunda Maria, dan Musholla.

Itulah ulasan 6 wisata Glenmore yang menarik untuk dikunjungi. Bagi teman-teman yang melakukan perjalanan Banyuwangi-Jember, bisa istirahat sambil berwisata di Glenmore. Jangan lupa juga membeli oleh-oleh kopi atau coklat ya. Selamat berwisata.



Artikel Terkait
123456789101112131415