Custom Search

2016-03-09

MENGURANGI KADAR CEMAS YANG BERLEBIHAN

Merasa cemas? Wajar, setiap manusia pasti memiliki rasa cemas. Tidak perlu merisaukan atau merasa tidak normal. Hanya saja jika berlebihan, cemas dapat menyebabkan depresi hingga stroke. Kalau sudah begini, batas-batas normal perlu diteliti kembali. Hehehe.

Sumber : worldartsme.com

Saat ini, saya juga sedang menderita cemas. Mungkin sudah di atas normal. Sebab, tadi siang tiba-tiba saya merasa pusing. Badan lemas, tenggorokan kering, meriang, dan ada tanda-tanda batuk. Bisa jadi, apa yang saya alami merupakan bagian dari rasa cemas yang berlebihan. Mulut dan pikiran bisa menyangkal bahwa saya baik-baik saja. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tapi, tidak dengan badan. Badan kita selalu jujur dengan kondisi yang sedang terjadi. Seperti saat kita katakan tidak takut, tetapi langkah kaki berubah dari pelan menjadi cepat, dan akhirnya lari ngibrit. Nah, itu tandanya takut maksimal, kan? Hahaha.


Jadi, kesimpulannya adalah, saat ini saya sedang merasa cemas berlebihan. Pikiran takut, khawatir, dan bingung bercampur menjadi satu yang direspon badan sebagai energi negatif. Kondisi yang tidak baik dan saya menyadari hal itu. Oleh sebab itu, saya berpikir untuk mengurangi beban kecemasan yang ada dalam pikiran. Bagaimana cara mengurangi beban pikiran yang menyebabkan kadar cemas berlebih?

1.    Menemukan objek rasa cemas
Tidak ada asap tanpa api. Begitu pun dengan rasa cemas, pasti memiliki objek. Tidak ada cemas tanpa penyebab yang jelas. Menemukan objek rasa cemas dapat dilakukan dengan duduk sejenak dan merunut setiap kejadian yang dialami. Dengan menemukan objek rasa cemas, kita dapat lebih mudah mencari solusi untuk mengatasi kecemasan tersebut.

2.    Sharing atau berbagi
Ketika cemas berlebihan datang, pikiran menjadi irasional. Untuk itu, kita perlu berbagi dengan orang lain untuk mendapatkan dukungan dan pemikiran yang rasional. Sehingga keputusan yang diambil tidak merugikan dan menimbulkan rasa penyesalan kemudian hari.

3.    Meditasi
Meditasi membuat otak relaks sehingga pikiran dapat kembali jernih dalam memandang semua persoalan yang dihadapi. Meditasi dapat dilakukan dengan menjauhkan diri dari keramaian, kemudian duduk atau berbaring dan menarik napas panjang beberapa kali. Bagi umat muslim, meditasi dapat dilakukan melalui wudhu, mendirikan sholat dan berdzikir kepada Allah.
  
4.    Mengeluarkan energi negatif
Energi negatif harus dikeluarkan dari badan agar tidak menggoroti fisik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan energi negatif. Contohnya menghembuskan napas panjang, berteriak, menangis, menulis, dan menggambar.
Menghirup napas dengan dalam dan menghembuskannya secara panjang merangsang oksida nitrat alami dalam tubuh. Oksida nitrat ini akan memasuki paru-paru hingga otak dan membuat tekanan darah menurun. Denyut jantung akan melambat dan otak menjadi lebih tenang dan rileks.
Berteriak, menangis, menulis, dan menggambar merupakan cara ampuh untuk mengeluarkan semua pikiran negatif. Luapkan semua pikiran negatif dengan empat cara tersebut sehingga tidak bersisa. Lalu, ganti tempat aura negatif itu dengan aura positif secepatnya.

5.    Menyerap energi positif
Energi positif dapat datang dari mana saja. Misal dari musik, buku, televisi, film, dan lingkungan sekitar. Untuk itu, lakukan aktivitas membaca, mendengarkan musik, menonton film, atau berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal sesaat setelah semua energi negatif keluar. Pilih buku, film, atau musik favorit dan lakukan aktivitas membaca, menonton, dan mendengarkan dengan santai. Agar pesan yang ada dapat tertangkap otak dengan maksimal.
Berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal dapat membuat pikiran lapang dengan melihat alam, selain itu meningkatkan jalinan silaturrahmi dengan tetangga-tetangga. Sapaan dan senyuman kepada tetangga dapat mengalirkan energi positif di dalam tubuh.
 
Sumber: i.ytimg.com

Saya mencoba melakukan lima langkah di atas untuk mengurangi kadar cemas yang berlebihan. Hasilnya? Rasa cemas berkurang dan saya meyakini kali ini rasa cemas saya dalam batas normal. Walaupun badan memerlukan waktu untuk kembali ke kondisi normal, namun pikiran sudah tidak terbebani lagi. Dan, sekarang waktunya istirahat. Mengembalikan energi tubuh yang berkurang akibat kadar cemas yang berlebihan. Semoga artikel mengurangi kadar cemas yang berlebihan ini dapat bermanfaat.

 

Sumber : boardofwisdom.com



Sumber:

http://indotopinfo.com/mengatasi-rasa-cemas-berlebihan.htm
http://indotopinfo.com/mengatasi-depresi-secara-alami.htm
http://www.kolomsehat.com/tips-mengatasi-kecemasan/
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016208452/13-manfaat-menarik-nafas-dalam-dan-panjang-bagi-kesehatan/



Artikel Terkait
123456789101112131415