Custom Search

2015-08-24

KOMITMEN MENURUT PARA AHLI

Zangaro (2001) membagi komitmen organisasi dalam dua pandangan. Pandangan pertama mengacu pada komitmen organisasi sebagai perilaku. Pendekatan ini mencontohkan seorang karyawan yang berkomitmen pada organisasi karena adanya gaji, seperti dalam tulisan Becker dan Salancik. Pandangan kedua mengacu pada komitmen organisasi sebagai pendekatan sikap, dimana komitmen organisasi didefinisikan sebagai keadaan seorang karyawan yang mempertahankan keanggotaan dalam organisasi agar tujuan pribadinya tercapai, seperti dalam tulisan Blau dan Boal. Pada tahun-tahun selanjutnya, dua pandangan ini digabungkan oleh Etzioni dan Kanter.

Sumber : www.danabrahams.com
Kanter (1968) menyatakan komitmen organisasi adalah bentuk kesediaan pekerja untuk mencurahkan energi dan loyalitas terhadap norma-norma maupun sistem sosial organisasi. Kanter menyarankan tiga jenis komitmen, yaitu continuance, cohesion, dan control. Komitmen continuance mengacu pada partisipasi individu dalam sistem organisasi, komitmen cohesion mengacu pada ikatan emosional individu terhadap organisasi dan semua anggotanya, dan komitmen control mengacu pada prestasi kinerja individu dalam mematuhi aturan dan norma organisasi.

Meyer dan Allen yang dikutip Shirbagi (2007) membagi komitmen menjadi komitmen afektif, komitmen continuance, dan komitmen normatif. Komitmen afektif adalah keterikatan emosional individu dengan organisasi, komitmen continuance mengacu pada pengakuan individu terhadap manfaat sebagai anggota organisasi, khususnya dalam hal biaya, dan komitmen normatif mengacu pada perasaan kewajiban individu untuk  tinggal di organisasi. Ketiga bentuk komitmen ini tidak hanya terkait dengan kesediaan untuk tetap tinggal dengan organisasi, melainkan juga berhubungan dengan perilaku dalam pekerjaan mereka.
 
Itulah beberapa rangkuman definisi umum komitmen dari para ahli. Rangkuman tersebut merupakan bagian dari kajian pustaka tesis berjudul Supervisi Akademik Berbasis Kemitraan. Jika masih membutuhkan referensi lain, silahkan cari sendiri di google. Hehehe.



Rujukan
Zangaro, G. A. 2001. “Organizational Commitment: A Concept Analysis”. Nursing Forum, Volume 36 No. 2. Hal. 14-22.
Kanter, R. M. 1968. “Commitment and Social Organization: A Study of Commitment Mechanisms in Utopian”. American Sociological Review, Volume 33 No. 4, hal. 499-517.
Shirbagi, N. 2007. “Exploring Organizational Commitment and Leadership Frames within Indian and Iranian Higher Education Institutions”. Bulletin of Education & Research, Volume 29 No. 1. Hal. 17-32.
Mgqulwa, N. 2008. “The Relationship Between Organisational Commitment and Work Performance in an Agricultural Company. Tesis. Preller St, Pretoria: University of South Africa.


Artikel Terkait
123456789101112131415