MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

MENULIS DAPAT MENURUNKAN BERAT BADAN

MENULIS DAPAT MENURUNKAN BERAT BADAN
Add Comments
2023-02-28

Merasa bermasalah dengan berat badan yang selalu bertambah? Tentu itu adalah hal yang wajar. Terutama bagi kaum hawa. Termasuk juga saya, hahaha. Setiap menginjakkan kaki di timbangan, saya selalu berdoa agar jarum timbangan segera berhenti, jangan sampai merindukan ujung yang paling kanan. Karena penambahan satu skala saja bisa membuat patah hati. Apalagi jika sudah berusaha diet tapi hasil tidak sesuai dengan harapan, hiks. Semakin teriris hati ini. Hehehe

Tips menurunkan Berat Badan

Baru saja saya membaca buku MOM. Terdapat artikel yang didalamnya menuliskan resep bahwa menulis dapat menurunkan berat badan. Wah, jika hal itu benar saya akan kembali rajin menulis setiap hari agar berat badan tak lagi mendukakan hati.

Apakah benar menulis dapat menurunkan berat badan?

Betul. Menurut tulisan Sonny Wibisono yang mengutip bacaan lain tersebut, menulis makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan berat badan. Kok bisa?

Setiap makanan dan minuman memiliki kalori yang berbeda-beda. Kalori ini akan masuk ke dalam tubuh begitu kita makan dan minum. Kalori yang berlebihan dapat membuat badan kesulitan dalam proses metabolisme. Dampaknya kalori tersebut akan menumpuk menjadi lemak. Lemak yang berlebihan dapat membuat kita gemuk dan angka di timbangan bertambah.


timbangan smart untuk badan
Timbangan sahabat di kala diet

Hal utama yang harus diperhatikan untuk menurunkan berat badan adalah pola makan. Berapa asupan makanan yang harus dikonsumsi agar energi dan gizi kita terpenuhi serta lemak yang ada di tubuh termanfaatkan. Setelah mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan, kita harus mengetahui kalori makanan-makanan yang ada di sekitar kita. Fungsinya agar apa yang kita makan dan minum sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Oleh sebab itu, mencatat apa yang di makan dan diminum setiap hari dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan.

Jadi… menulis dapat menurunkan berat badan itu bukan mitos semata. Memang benar, menulis dapat menurunkan berat badan. Tapi ingat, yang ditulis adalah jumlah kalori makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Bukan menulis novel, puisi apalagi artikel seperti yang dibaca ini. Hehehe.

Apakah informasi yang didapatkan dalam artikel tidak sesuai dengan realita? Sabar, hidup memang terlalu ajaib jika disandingkan dengan harapan yang ada di dada. Hehehe.

Salam sehat dan semangat.

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com