MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

GAGAL ITU BIASA

GAGAL ITU BIASA
Add Comments
2023-01-01
Gagal itu biasa. Mungkin kalimat tersebut harus kita hafalkan. Sebab tak jarang kita lupa dengan keberadaan kata gagal. Atau mungkin gagal yang sengaja bersembunyi dibalik ambisi sehingga terabaikan keberadaannya. Dampaknya ketika kita berjumpa dengan gagal serasa dunia sudah kiamat. Padahal seandainya kiamat memang terjadi, kita tidak akan memiliki rasa lagi.

Alat pelajaran ini dibuat dengan hati-hati tetapi tetap mengalami kebocoran. Percobaan gagal deh, hehehe. 

Entah kenapa saya tiba-tiba teringat dengan kata gagal. Mungkin karena tahun baru membuat usia semakin tua. Hehehe. 

Tetapi penambahan usia memang membuat saya semakin sadar diri. Sadar dengan keberadaan saya sebagai manusia. Bahwa manusia itu memiliki keterbatasan. Keterbatasan dalam kemampuan, pemikiran dan juga pengetahuan. Sebab itu, tidak semua yang kita tahu membuahkan kebenaran, tidak semua yang kita mau membuahkan perwujudan. 

Ada saatnya apa yang kita rencanakan gagal atau tidak terlaksana dengan sempurna. Bukan karena tidak cukup persiapan atau tidak ada kemampuan tetapi terkadang karena kita memiliki keterbatasan dalam mengetahui segala macam hal termasuk waktu di masa depan. Meminjam kata-kata Shakespeare dalam Hamlet yang saya baca dalam novel Digital Fortress, 
"Terdapat lebih banyak hal di langit dan di bumi daripada yang pernah kau bayangkan dalam filosofi hidupmu."

Dengan demikian, gagal bukanlah hal yang istimewa. Yang datang karena terjadi peristiwa luar biasa. Tidak. Gagal adalah hal yang biasa. Biasa terjadi pada siapapun selama masih menjadi kaum yang dinamai manusia. Maka untuk menghadapinya anggap saja gagal sebagai keluarga. Jangan terlalu keras kepala atau terlalu melunak padanya. Nanti kita malah yang terkena dampaknya. Cukup dengan peduli dan menyadari keberadaannya. Dengan begitu, ketika rencana-rencana kita gagal, kita masih bisa bercanda dan mengajaknya tertawa. Hahaha.

Selamat tahun baru 2023, semoga kita bisa menjadi lebih dewasa dalam memaknai kegagalan karena gagal itu biasa, hehehe.

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com