MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

RISET DULU SEBELUM MENDAFTAR PNS

RISET DULU SEBELUM MENDAFTAR PNS
Add Comments
2022-06-05

Beberapa hari lalu, berita pengunduran diri CPNS 2021 bermunculan memenuhi beranda media sosial. Kecilnya pendapatan dilansir beberapa portal berita sebagai faktor utama pengunduran CPNS. Apakah benar pendapatan gaji yang kecil menjadi penyebab kurang lebih 105 orang CPNS mengundurkan diri? Mungkin iya, mungkin juga tidak, hehehe. Agar nantinya tidak ada pengunduran diri saat masih berstatus CPNS, ada baiknya bagi pelamar PNS untuk melakukan riset dulu sebelum mendaftar.

Sumber : Dreamstime.com @Wittaya1988


Riset itu penting karena dapat mendukung keberhasilan dalam apa yang kita kerjakan. Seperti yang baru-baru ini saya lihat dalam film Korea berjudul On the Line. Film yang ditayangkan pada tahun 2021 ini berkisah tentang mantan polisi yang mengejar sekelompok orang yang terlibat dalam penipuan uang melalui telepon. Para penipu dalam film On the Line dapat dengan begitu mudah mendapatkan uang ratusan juta dalam hitungan jam. Mengapa demikian? Karena sebelum melakukan aksi penipuan melalui telepon mereka melakukan riset yang mendetail tentang orang-orang yang akan ditipu. Riset tersebut digunakan sebagai kekuatan dalam menipu dan sebagai dasar mencari solusi jika korban tidak yakin dengan telepon yang diterima.

Pun demikian dengan ketika kita akan mendaftar pekerjaan termasuk salah satunya menjadi PNS. Kita harus melakukan riset terlebih dahulu agar mengenal dunia kerja yang akan kita salami. Seperti bagaimana lingkungannya, gajinya dan peluang untuk mengembangkan diri dalam jenjang karir. Dengan mengenal terlebih dahulu, mungkin kata pengunduran diri dapat dihapus dalam pemikiran kita.

"Riset tempat kerja dilakukan untuk meningkatkan rasa sayang dan menemukan kenyataan yang ada di lapangan"

Riset Lingkungan Kerja

Riset pertama yang harus dilakukan adalah berkaitan dengan lingkungan kerja. Baik dari aspek fisik maupun non fisik. Formasi pendaftaran pada CPNS sudah mengerucut pada satu posisi dan satu instansi. Dengan demikian riset lingkungan dapat lebih mudah dilakukan.

Contoh untuk aspek fisik, kita dapat melihat dimana lokasi instansi kerja yang menjadi tujuan. Setelah menemukan lokasinya, kita dapat menyurvei jalur transportasi menuju lokasi kerja, kondisi listrik, air dan internet, serta bagaimana kondisi di sekitarnya. Apakah dekat dengan tempat ibadah, tempat belanja, tempat wisata, dan lain sebagainya. Pengetahuan tentang kondisi fisik ini dapat menjadi sumber kekuatan kita saat menjalankan tugas nantinya.

Untuk aspek non fisik, kita dapat bertanya tentang bagaimana beban kerja, budaya kerja dan iklim kerja di instansi kerja tersebut. Memeriksa kondisi non fisik instansi kerja mungkin agak susah dilakukan karena sumber data yang kurang tersedia. Namun kita dapat mengetahuinya melalui instansi sejenis atau lokasi sejenis. Biasanya kondisi untuk aspek non fisiknya tidak jauh berbeda. Pengetahuan tentang kondisi non fisik dapat menjadi sumber alternatif solusi jika kita mendapatkan masalah ketika sudah menjalankan tugas di instansi tersebut.

Riset Gaji dan Pendapatan

Riset kedua yang perlu dilakukan adalah riset tentang gaji dan berapa pendapatan yang akan masuk kantong dalam setiap bulannya. Untuk mencari nominal gaji dan pendapatan seorang PNS tidak sulit karena besaran gaji dan pendapatan seorang PNS tertuang dalam peraturan yang bersifal publik.

Contoh untuk nominal gaji pokok PNS dapat dilihat dalam Salinan Perpres Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Penyesuaian GajiPokok Pegawai Negeri Sipil. Selain gaji pokok, biasanya setiap PNS memiliki tunjangan. Tunjangan PNS berbeda-beda menyesuaikan dengan status kepegawaiannya. Apakah pegawai kementerian, provinsi atau kota kabupaten. Contoh untuk tunjangan PNS provinsi Jawa Timur dapat dilihat dalam Pergub Jawa Timur Nomor14 Tahun 2021 Tentang Pedoman Kerja dan Pelaksanaan Tugas Pemerintah DaerahProvinsi Jawa Timur Tahun 2021.

Berdasarkan contoh dua aturan tersebut, kita dapat memperkirakan berapa banyak lembar rupiah yang akan didapatkan dalam satu bulan. Jika jumlah pendapatannya lebih kecil dari jumlah pengeluaran sebelum menjadi PNS, maka ada dua pilihan yang bisa dilakukan ketika masih berkeinginan menjadi PNS. Pertama, mengurangi pengeluaran dan kedua menambah penghasilan. Mudah bukan, keputusannya? Hehehe.

Riset Peluang Pengembangan Diri

Terakhir adalah riset tentang peluang untuk mengembangkan diri. Seiring waktu seorang manusia akan tumbuh dan berkembang. Begitu pun saat berada di dunia kerja. Seseorang perlu untuk mengembangkan diri. Baik dalam jalur karier, pendidikan, maupun hobby. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk mendaftar PNS, pastikan pengembangan diri dalam bentuk apa yang diinginkan. Apakah pekerjaan PNS memiliki wadah untuk itu dan apakah instansi yang dituju memang memberikan kesempatan untuk mengembangkan diri? Jika tidak, apa yang bisa dilakukan? Pikirkan hal ini matang-matang sebelum akhirnya membuka portal dan menyelesaikan pendaftaran.

Tulis semua riset ke dalam buku agenda yang dilengkapi kalkulator


Semua riset sudah dilakukan tetapi tetap ingin mengundurkan diri di awal-awal menjadi PNS? Coba runut lagi niat awal menjadi PNS, bagaimana berjuang untuk mendapatkannya dan mengapa pemikiran untuk mengundurkan diri muncul? Urai permasalahan dan cari solusi pintar. Namun jika keputusannya masih sama dan bulat, maka tidak ada pilihan selain bergegas untuk meninggalkan. Semoga keputusan yang dibuat tidak dengan keterpaksaan dan mampu menjadi sumber kebahagian yang baru.

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com

  1. I think so translate, there is no in blog ...But greetings from Turkey...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your comment... Forgive me, I haven't provided a translate link

      Delete