MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

CATATAN AKHIR TAHUN

CATATAN AKHIR TAHUN
Add Comments
2021-12-31
Apa yang terlintas ketika kalender sudah sampai pada angka 31 di bulan Desember? Kalau saya sih ganti kalender, hehehe. Sebab ganti kalender adalah rencana yang sudah pasti akan diwujudkan. Berbeda dengan rencana-rencana lain yang mungkin saja realisasinya masih berada di area abu-abu.

Biasanya ketika tahun berganti, kita membuat beberapa rencana yang akan dilakukan dalam waktu satu tahun ke depan. Lebih mudah kita menyebutnya sebagai target yang harus dilaksanakan. 

Jika berbicara target, kita sering mengaitkannya dengan produktivitas dalam menjalani kehidupan. Apa memang hidup itu harus produktif? Bagi saya yang penting dalam hidup bukanlah produktif atau tidak, melainkan bagaimana kita bisa menikmati hidup dengan bahagia. Namun bukan berarti kita tidak memiliki target dalam menjalankan hidup. Target tetap dibuat sebagai pengingat agar kita tidak lupa terhadap tujuan hidup. Bukan untuk mengukur apakah hidup kita produktif atau tidak. 

Lalu, apa target saya di tahun 2022? Banyak, hehehe. Yang pasti salah satunya adalah kembali rutin mengisi blog dengan tulisan yang bermanfaat bagi orang lain. Sebab di tahun 2021, blog falkhi seakan mati suri. Walaupun tetap menulis namun kuantitasnya jauh di bawah tahun-tahun sebelumnya. Jadi, di tahun 2022 saya menguatkan tekad untuk bisa kembali meramaikan blog falkhi.

Target lain? Tidak perlu saya tuliskan di sini. Terlalu banyak, hehehe. Cukuplah menjadi pengisi diary yang nantinya akan saya coret satu persatu jika target telah terlaksana dengan baik. 

Ah, ikan bakarnya sudah matang dan perut mulai keroncongan. Waktu makan telah datang. Jadi sampai di sini saja catatan akhir tahun falkhi. Semoga tahun 2021 menjadi kenangan yang akan mengingatkan kita untuk terus belajar menjadi orang yang lebih baik. Aamiin.

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com