Custom Search

2020-01-17

MENELUSURI EKSOTISME IJEN HINGGA TABUHAN YANG MENAWAN DI PAKET WISATA BANYUWANGI

Punya teman yang bekerja di travel wisata itu senang-senang susah. Senang karena kita bisa tahu info tempat-tempat eksotis baru yang dapat dikunjungi ketika liburan. Sedangkan susahnya, karena gambar kirimannya bisa membuat kita terbayang-bayang dan ingin segera berangkat. Padahal jadwal kerja sedang padat. Susah bin sedih pun jadi satu, hiks. Seperti beberapa waktu lalu, seorang teman menunjukkan brosur paket wisata Banyuwangi yang memasukkan eksotisme kawah Ijen dan keindahan menawan dari pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan, sudah pernah saya kunjungi. Tetapi kawah Ijen, masih ada di waiting list sejak dahulu kala. Oleh sebab itu, brosur tersebut sukses membuat saya galau berkepanjangan akibat terbayang-bayang keindahan blue fire di kawah Ijen.

Hasil penelusuran google


Awalnya saya mengira blue fire adalah api biru seperti api yang keluar dari kompor, ternyata bukan. Menurut cerita Bobo, cahaya yang kita lihat mirip api biru adalah gas belerang yang muncul dari celah-celah batuan. Tingginya suhu gas belerang membuat pertemuan gas belerang dengan udara sekitar memercikkan warna biru seperti api. Eksotisme alam yang luar biasa kan? Bahkan katanya, hanya ada dua fenomena alam api biru di dunia. Satu di Islandia dan satu lagi di kawah Ijen.

Kawah ijen sendiri berada di puncak gunung Ijen dengan ketinggian 2443 m di atas permukaan laut. Kawah dengan kedalaman 200 m dan luas 5466 ha ini dinyatakan sebagai danau air asam terbesar di dunia. Eits, jangan berpikir air asam adalah minuman ya. Air asam adalah air yang bersifat asam sehingga dapat melarutkan beberapa benda, apalagi jika tingkat keasamannya mencapai angka 0. Hayo, siapa mau minum air asam kawah Ijen? Hahaha.   

Selain kawah dan blue fire, Ijen juga menyediakan sunrise yang dapat dinikmati sambil memandang kabut tipis yang melingkari pucuk gunung Baluran. Bukan hanya pucuk gunung, jika suasana sedang cerah, kita juga bisa memandang birunya selat Bali dari kawah Ijen. Nikmat yang luar biasa bukan? 

Keindahan wisata kawah Ijen yang lengkap dari blue fire, kawah hingga sunrise menjadikan Ijen sebagai salah satu tempat kunjungan wajib wisatawan di Jawa Timur. Sayang, sampai hari ini saya belum pernah sekalipun menginjakkan kaki di Ijen. Padahal kata mbah Google jarak rumah dan Ijen hanya 144 km. Sama dengan jarak tempuh saya berkendara setiap hari. Tetapi kenapa belum ke sana? Nah, itu. Tolong jangan diingatkan. Bikin susah bin sedih, hiks.

Kesedihan semakin menggelayuti hati ketika brosur yang disodorkan tidak hanya menuliskan kawah Ijen. Melainkan juga beberapa tempat wisata hits di Banyuwangi seperti pulau Merah, pantai wedi Ireng, hutan de Djawatan, hingga pulau Tabuhan yang menawan. Duh, siapa sih yang tidak mupeng lihat tempat-tempat cantik?

Pulau merah alias pantai pulau merah dikenal karena memiliki bukit dengan daratan tanah berwarna merah di laut dekat bibir pantai. Kita baru bisa ke sana jika air laut surut. Saya pernah berkunjung ke sana tetapi sayang saat itu angin pantai sedang besar. Kami tidak diperbolehkan untuk mendekati pantai karena khawatir besarnya ombak yang menyapu pantai. Akhirnya, saya dan rombongan berburu buah naga yang banyak dijual di sekitar pantai pulau Merah. Harga buah naganya murah-murah lho. Cerita lengkapnya di Murahnya Buah Naga di Pantai Pulau Merah.

Murah, murah. Ayo diborong.


Pantai Wedi Ireng lokasinya bertetangga dengan pantai pulau Merah. Pantai di Wedi Ireng berwarna hitam, oleh sebab itu diberi nama Wedi Ireng alias pasir hitam. Terdapat batu besar di bibir pantai yang dapat dijadikan lokasi untuk mengambil gambar. Tentu saja, background yang digunakan adalah perpaduan birunya laut dan langit. Cantiknya kepayang nih, hehehe.

Penelusuran google


De Djawatan adalah wisata hutan pohon Trambesi. Katanya, visual hutan De Djawatan mirip-mirip dengan lokasi di film Lord of The Rings. Jangan tanya saya bagaimana tingkat kemiripannya karena tidak pernah menonton Lord of The Rings, hehehe. Tetapi, foto yang ditampilkan google tentang De Djawatan bikin mata berkedip-kedip naksir. Luar biasa apalagi untuk kepentingan foto. Dijamin hasil fotonya bagus terutama kalau modelnya saya, hahaha.

Penelusuran google


Terakhir adalah pulau Tabuhan atau dikenal juga dengan nama Bangsring Underwater. Pulau yang terletak di selat Bali ini memiliki keindahan yang luar biasa. Pasirnya yang putih, air lautnya yang jernih hingga ikan bawah laut yang bisa berkenalan. Eh, bukan berkenalan tapi berenang menawan. Hehehe. Kita juga bisa berkeliling pulau dengan cepat karena ukuran pulaunya yang kecil. Ada pohon unik di bagian belakang pulau. Penasaran? Segera saja berangkat, ini biaya liburan ke pulau Tabuhan.   

Pasir putih, laut tosca dan birunya langit adalah perpaduan kecantikan pulau Tabuhan

Brosur yang saya dapatkan dari TamanSurga Tour & Travel itu memberikan harga minimal 1 juta per orang untuk rombongan minimal 10 orang. Harga tersebut termasuk transportasi ke tempat wisata yang diinginkan, konsumsi dan penginapan di Banyuwangi. Sebab kurun waktu minimal kunjungan adalah dua hari satu malam. Harga yang murah untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata yang memesona di Banyuwangi.

Brosur yang membuat terbayang-terbayang


Tetapi gara-gara brosur murah itu, keinginan berkunjung ke Ijen yang lama terpendam menjadi terbuka kembali. Bayang-bayang keindahan si api biru memasuki kalbu, menjadi mimpi setiap waktu hingga bertanya kapan kita bisa bertemu? Sayangnya sekarang sedang musim penghujan. Si api biru bisa jadi sedang liburan. Hehehe.

Waktu terbaik melihat blue fire adalah saat kemarau. Yuk, siapa yang mau ikut, musim kemarau yang akan datang kita berkunjung ke sana ya?






Artikel Terkait
123456789101112131415

37 comments:

  1. Kalau lihat pemandangan wisatanya, Banyuwangi bagaikan surga dunia. Haduuuuh, jadi ikutan pengen main ke sana.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 😃😃 pantai nya masih alami, cantik-cantik pula. Ditambah kawah Ijen yang luar biasa, komplitlah rasa mupengnya, hahaha.

      Delete
  2. Itu cahanya indah sekali ya
    Saya kira awalnya juga api lo terbayta bukan
    Wah ayo borong itu buah naganya, murah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira juga begitu, ternyata halusinasi mata, hahaha...
      Hayoo om, diborong dan dibawa ke Jakarta 😀😀

      Delete
    2. Laptopnya masuk ke tukang service bang, hahaha.

      Delete
  3. Mb Falkhi lagi nyiapin tempat prewed yah... cie cie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin.... 😃. Yang penting nyiapin tempat dulu bang, hahaha...

      Delete
    2. sekalian cetak undangannya mba.. nama dikosongin juga gpp :)

      Delete
    3. Hahaha... Jangan bang, ntar spasinya gak cocok sama namanya. Hehehe. Sewa tempat dulu aja, eh hehehe.

      Delete
  4. Saya tertarik dengan kawah Ijen yang ada blue fire nya itu. Luar biasa eksotik ya, apalagi hanya ada dua saja di dunia.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul... Fotonya bikin mupeng, sangat luar biasa keindahan nya.

      Delete
    2. Kalo ngga salah di Banyuwangi juga ada tempat wisata lain yaitu alas Purwo, itu bagus ngga ya?

      Delete
    3. Iya, ada alas Purwo ada hutan Baluran. Itu belum tahu, belum pernah ke alas Purwo tapi katanya juga bagus 😀

      Delete
  5. banyuwangi memang selalu menggoda untuk dikunjungi, terutama kawah ijen nyaa.. duh, jadi pengen kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk ke sana bareng-bareng mbak... Saya juga belum pernah, hehehe.

      Delete
  6. Wishlist 2020 main ke Banyuwangiiii. Ke Kawah Ijeeeen, mau liat blue fire.. Ubu
    Semoga kesampaian ke sana. Aaminnin dong mbaakk. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin... Panjang mbak, biar dikabulkan, hehehe. Semoga saya juga bisa ke sana, gak cuma nulis, 😂😂

      Delete
  7. Cantik banget api birunya. Jadi pengen lihat langsung juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kecantikan yang luar biasa. Mari dikunjungi secara langsung biar lega hehehhe

      Delete
  8. berarti ini bisa dikatakan jenis pemandangan dengan desain abstrak ya mbak, warna dan ilustrasi mata memandang menjadi indah kalau lama di liatin, luar biasa ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, abstrak yang istimewa، bikin mata bersinar-sinar, hehehe.

      Delete
  9. keren ini mah, saya dari dulu juga pengen banget buat kesini, tapi nggak kunjung kesampaian, semoga saja tidak jadi wacana, bsia terealisasi secara nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin. Semoga suatu saat, impiannya bisa tercapai untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa ini.

      Delete
  10. ke banyuwangi cuma pernah sekali sih
    karena lewat aja mau ke Bali :) belum sempat explore tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lain kali bukan hanya sekedar lewat tapi bisa eksplore tempat wisatanya. Asyik-asyik lho mbak, hehehe.

      Delete
  11. udah berencana kesini dari kapan taun belum kesampaian juag, semoga tahun 2020 ini bisa lah diwujudkan untuk ke kawah ijen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin. Semoga terwujud keinginan nya mbak dan bisa menikmati keindahan kawah Ijen.

      Delete
  12. memang harus diakui jika ciptaan Allah luar biasa, tidak ada satu makhluk yang bisa menangingi keindahannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Wisata berbasis alam selalu memukau mata untuk menikmati dan bersyukur kepada Allah. :)

      Delete
  13. saya baru bisa liat liputan di TV,, pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liputannya bikin ngiler ya, hehehe. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke sana

      Delete
  14. Indonesia memang istimewa di dunia, makanya harus bangga jadi warga negara Indonesia. Karena semua yang ada di dunia ada di Indnesia.. Bahkan seperti fenomena alam ini hanya indonesia yang punyaa, ditambah selandia baru hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Indonesia negara eksotis dengan segala macam keindahan alamnya. Bersyukur sekali kita hidup di sini. Tidak perlu travelling ke mana-mana, hehehe.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, :-)

~~falkhi~~