Custom Search

2016-12-26

MURAHNYA BUAH NAGA DI PANTAI PULAU MERAH


Siapa yang belum kenal buah naga? Itu lho buah dengan warna merah marun dan sisik yang menyerupai ikan. Nah, selama ini saya mengenal buah naga sebagai buah elit. Elit karena harganya yang mahal. Harga minimal yang pernah saya tahu adalah Rp.8000/kg. Setiap kilogramnya bisa berisi 2-3 buah. Jika sedang tidak musim, satu buah naga bisa mencapai harga Rp.15.000. Cukup mahal, bukan? 

Pemikiran saya kemudian berubah saat berkunjung ke Pantai Pulau Merah. Salah satu pantai eksotis yang berada di daerah ujung timur pulau Jawa, tepatnya Kabupaten Banyuwangi. Kawasan di sekitar Pantai Pulau Merah adalah pertanian buah naga. Bahkan hampir setiap rumah memiliki pohon buah naga di depan rumah. Oleh sebab itu, buah naga banyak dijual di sepanjang jalan menuju Pantai Pulau Merah.
 
Satu plastik ini 10 ribu saja
Deretan buah naga ini mengundang air liur. Tidak hanya karena warna merahnya yang membuat segar, melainkan juga karena harganya. Ya, buah naga yang ditata dalam bakul-bakul itu dibanderol dengan harga Rp.10.000 untuk 4-5 kg. Artinya satu kilogram hanya dihargai sekitar Rp 2000-2500,-. Wow! Betapa murahnya. Bandingkan dengan harga normal di luar daerah Pantai Pulau Merah.

Harga buah naga yang murah luar biasa ini membuat list acara jalan-jalan setelah berkunjung ke Pantai Pulau Merah adalah berburu buah naga. Apalagi rombongan saya anggotanya lebih banyak yang ibu-ibu dan suka jualan pula. Duh, pasti pikirannya udah yang mau jualan aja nih.. hehehe.

Belanja buah naga
Ini buah naga kualitas super, masih tetap murah kan?
Iseng-iseng saya mencari tahu mengapa harga buah naga begitu murah. Rupanya, buah naga menjadi komoditas hortikultura unggulan KabupatenBanyuwangi dengan ketersediaan lahan mencapai 678 hektar. Lahan-lahan tersebut mayoritas berada di Banyuwangi bagian selatan, seperti Bangorejo, Pesanggaran, Purwoharjo, dan sekitarnya. Pantai Pulau Merah sendiri berada di Desa Sumberagung kecamatan Pesanggaran. Jadi, wajar jika ketersediaan buah naga melimpah dan harga jualnya cukup murah dibandingkan di daerah lain.

Budidaya buah naga
Nah, bagi teman-teman yang suka banget dengan buah naga berkunjunglah ke Pantai Pulau Merah. Dijamin pasti gak pengen pulang melihat banyaknya buah naga yang murah meriah. Selamat berburu buah naga!

Artikel Terkait
123456789101112131415