Custom Search

2017-03-17

TIDAK PERLU GALAU, UN BUKAN KRITERIA KELULUSAN 2017 LHO

Bulan Maret- April adalah bulan tersibuk bagi siswa yang duduk di kelas akhir pendidikan tingkat menengah. Berderet jadwal ujian sudah menuggu di depan mata dengan muaranya berjudul Ujian Nasional (UN). Biasanya nih kalau lihat kata UN, pikiran udah galau. Bingung bagaimana jika nantinya tidak lulus dalam UN, iya kan? Hehehe. Tenang, UN tidak lagi menjadi kriteria kelulusan untuk tahun ajaran 2017.

kriteria kelulusan 2017
Kriteria Kelulusan 2017



kriteria kelulusan 2017
Kriteria Kelulusan 2017

DOMNIS UN 2017 menyebutkan kelulusan siswa ditentukan oleh ketuntasan belajar, sikap baik,  dan kelulusan dalam Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Tidak ada kata UN dalam kriteria kelulusan. Lalu, apa fungsi diadakannya UN bahkan hingga dikembangkan menjadi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)?

kriteria kelulusan 2017
Bentuk Ujian yang ditentukan dalam US (IPA)
kriteria kelulusan 2017
Bentuk Ujian yang ditentukan dalam US (IPS)

Sejak dimunculkan pada tahun 2002, UN kerap menjadi ajang silang pendapat. Apakah UN akan dilaksanakan atau ditiadakan? Merupakan pertanyaan yang selalu muncul tiap akan diadakannya UN. Sejatinya, UN merupakan salah satu bentuk penilaian hasil belajar oleh pemerintah sesuai dengan tuntutan dalam Standar Penilaian Pendidikan. Salah satu tujuan diadakannya penilaian oleh pemerintah adalah sebagai alat pemetaan pendidikan. Pemetaaan ini berfungsi sebagai pedoman dalam membuat blue print peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

               UN bikin kalang kabut
               DOMNIS UN 2017 Jawa Timur
               
Terdapat banyak perubahan dalam perjalanan pelaksanaan UN. Baik dari kriteria nilai, mata pelajaran yang diujikan, paket soal, hingga pemanfaatan IT dalam UN. UN Berbasis Komputer merupakan terobosan baru dalam meminimalkan nilai anggaran, tenaga, dan tingkat kecurangan pada pelaksanaan UN.   

Kriteria kelulusan 2017 kini tidak lagi mengungkit nilai UN. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang menempelkan nilai UN dalam kiteria kelulusan. 


Kelulusan siswa pada tahun 2017 ditentukan sekolah dengan mempertimbangkan nilai US dan USBN. Ujian sekolah yang sebelumnya menjadi salah satu donor kini beralih menjadi donatur utama kelulusan. Selain itu, kelulusan 2017 tidak hanya memperhatikan segi kognitif, tetapi juga memasukkan nilai psikomotor dan afektif. Dengan demikian, hasil penilaian akan terlihat lebih menyeluruh dibandingkan dengan penilaian pada satu aspek saja.  


kriteria kelulusan 2017
Nilai UN hanya digunakan untuk mendeskripsikan ketercapaian siswa

So, buat yang sering galau karena UN, stop deh. UN tidak lagi menjadi kriteria kelulusan 2017. Kelulusan yang ditentukan sekolah ini hanya mendasarkan nilai US dan USBN. Baik aspek kognitif maupun aspek psikomotor. Semoga kriteria ini menjadikan pendidikan di Indonesia lebih baik. Aamiin.


  



Artikel Terkait
123456789101112131415