Custom Search

2016-09-28

MENULIS ITU MUDAH

Tugas utama saya berdasarkan surat keputusan adalah mengajar fisika. Namun, sejak mendapat tugas mengajar 7 tahun lalu, saya juga diberi amanat untuk mengajar TIK. Tugas mengajar ganda ini tetap saya laksanakan hingga sekarang. Kebetulan, sekolah tempat saya mengajar baru menerapkan Kurikulum 2013 di kelas X. Sedangkan, kelas XI dan XII menerapkan Kurikulum 2006 (KTSP). Dengan demikian, pelajaran TIK harus tetap diberikan pada siswa kelas XI dan XII.

Selama ini, penilaian tes tulis yang biasa saya lakukan dalam pelajaran TIK adalah dengan memberikan soal pilihan ganda atau uraian. Pernah juga menggunakan teka-teki silang dan menceritakan gambar. Nah, kali ini saya kembali membuat tes tulis dalam bentuk berbeda, bentuk apa itu? Bentuk karangan.


Siswa serius menulis dengan tema internet

Ya, saya meminta siswa menulis minimal satu halaman kertas HVS. Temanya masih terkait dengan materi pembelajaran, yaitu internet. Bentuk tulisan bebas, essay, artikel, cerpen, atau puisi. Sumber tulisan bisa dari pengalaman, buku, majalah, atau internet. Alokasi waktu yang diberikan untuk menulis adalah satu jam.


Tujuan saya menerapkan ujian dalam bentuk tulisan adalah untuk melatih siswa membaca dan menulis. Selain itu, untuk merangsang pemikiran siswa terhadap isu-isu sosial yang muncul. Ujian dalam bentuk karangan juga meminimalisir adanya contek-mencontek di kalangan siswa.

Berdiskusi untuk menemukan ide 


Menggunakan handphone untuk mencari ide melalui internet

Asyiknya menulis hingga jam pelajaran berakhir dan teman-temannya meninggalkan ruangan


Setelah dikumpulkan dan diperiksa, mayoritas tulisan siswa adalah rangkuman materi pembelajaran. Tetapi, ada beberapa siswa yang memiliki ide berbeda. Seperti menuliskan pengalamannya saat membeli barang online, menjelaskan aplikasi-aplikasi yang sering digunakan, serta memberikan pendapat atas isu-isu yang sedang beredar diinternet. 

Saya berharap ide membuat ujian dalam bentuk tulisan ini dapat menggugah siswa untuk rajin membaca, selain itu untuk melatih siswa mengungkapkan pendapatnya dalam bentuk tulisan. Semoga!





























  
Artikel Terkait
123456789101112131415