Custom Search

2007-03-08

CAHAYA


Warna yang terus memudar, menyapu titik kulminasi
merah dan biru
bersembunyi dalam gelembung embun pagi yang tak pernah bisa ditemui
Seperti salju, putih membiru
dan warna mawar, merah merona
cahaya tampak dalam duniaku
123456789101112131415

MEMBANGUN MASYARAKAT SEHAT MELALUI MEDIA MASSA


Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan salah satu penyakit yang berisiko tinggi dan banyak menyebabkan kematian. Bisa dikatakan penyakit jantung sebagai penyebab utama meningkatnya kematian di beberapa negara termasuk Indonesia. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah meningkat secara tajam.Hal ini tentu sangat memprihatinkan, terlebih lagi di Indonesia. Akan tetapi jika kita perhatikan peningkatan itu sangatlah wajar. Bagaimana tidak, pola hidup di masyarakat telah berubah seiring dengan makin pesatnya IPTEK. Sehingga tak heran jika kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah meningkat secara tajam.

Sumber : 2fhjuw36qc3g36anx54adxd2nje.wpengine.netdna-cdn.com
Salah satu cara untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah adalah merubah pola hidup masyarakat menjadi pola hidup sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara istirahat yang cukup, olahraga, menghindari rokok, gizi seimbang dan sebagainya. Walaupun pada dasarnya cara-cara di atas cukup mudah untuk dilaksanakan tetapi hanya sebagian masyarakat saja yang menerapkannya. Sedangkan sebagian besar masyarakat tidak peduli dan bahkan tidak tahu tentang pola hidup sehat. Padahal keuntungan dari pola hidup sehat sangatlah besar terutama dalam bidang kesehatan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu upaya agar masyarakat tidak lagi menyepelekan pola hidup sehat.

123456789101112131415

GELOMBANG SINUSOIDA PENDIDIKAN


Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi. Oleh sebab itu pendidikan sering dijadikan tolak ukur kemajuan generasi dari suatu bangsa.

Sumber : www.wuskosova.org
Indonesia sendiri hingga saat ini mutu pendidikannya masih rendah. Dilihat dari laporan tentang pembangunan manusia Indonesia yang dipublikasikan UNDP pada tahun 2004, di mana Human Development Index Indonesia berada di urutan ke-111 dari 175 negara. Sementara penguasaan matematika siswa kelas II SMP, sebagaimana tercermin dalam hasil tes Trends in Mathematics and Sciences Study 2003, Indonesia berada pada urutan ke-34 dan 36 untuk sains dari 46 negara. Walaupun dalam beberapa catatan ada beberapa siswa yang secara individual menunjukkan prestasi dalam olimpiade sains tingkat internasional. Namun keberhasilan ini tidaklah semata-mata mencerminkan mutu pendidikan di Indonesia secara umum.

123456789101112131415

DIBALIK DOA SEORANG ULAMA


Do’a adalah permohonan seorang hamba kepada Rabbnya untuk diberikan perlindungan (inayah) dan pertolongan(ma’unah).Dalam islam do’a adalah salah satu ajaran pokok atau inti di sebut juga sebagai otaknya ibadah (al-du’a mukhkhu al-‘ibadah).Pada hakikatnya do’a adalah ekspresi ketidakmampuan dan kefakiran kepada Allah SWT,simbol dari penghambaan serta kesadaran bahwa manusia hina dan lemah di hadapan Allah SWT.

Sumber : kusmono.com
Berdo’a dapat dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja,tidak terbatas pada suatu waktu tertentu atau oleh orang tertentu seperti firman Allah dalam surat Al-mu’min :60,"Berdo’alah kepadaKu,Aku akan mengabulkannya"dan hadis nabi berdo’alah kepada allah…..Namun sudah menjadi tradisi di lingkungan kita untuk meminta do’a kepada para ulama atau kyai dengan alasan agar do’anya cepat dikabulkan.Apakah do’a seorang ulama atau kyai memang cepat dikabulkan? Wallahu a’lam bissawab kita tidak pernah tahu itu.
Nabi bersabda carilah ilmu sampai ke negeri cina,begitu pentingnya sebuah ilmu hingga nabi memerintahkan mencari ilmu ke negeri cina yang pada saat itu mengalami kemajuan di bidang ilmu pengetahuan.Ilmu pengetahuan tanpa agama buta dan agama tanpa ilmu pengetahuan pincang ungkapan einstein ini juga menjelaskan bahwa ilmu pengetahuan itu sama pentingnya dengan agama karena dengan mendalami ilmu pengetahuan kita dapat lebih memahami tentang agama bukan hanya sekedar adat yang diturunkan oleh nenek moyang.

123456789101112131415

BIDADARI KECIL

Sudah hampir dua bulan, seorang gadis kecil berseragam merah putih selalu meletakkan selembar uang seribuan pada mangkok plastik didepanku disertai ucapan selamat pagi dengan tersenyum manis. Terkadang aku heran dengan sikapnya, tidakkah Ia bosan melakukan rutinitas itu setiap hari. Meletakkan selembar uang seribuan dan mengucapkan selamat pagi pada setiap orang sepertiku yang duduk berjajar di trotoar pasar ini. Ia memang tidak seperti kebanyakan orang yang ku jumpai, memberikan sedikit uang karena rasa belas kasihan tanpa ucapan apapun, bahkan terkadang dengan wajah keprihatinan. Sedangkan gadis itu, ucapannya tulus layaknya kepolosan gadis kecil seusianya. Ya, dia memang masih kecil, mungkin kelas tiga SD. Tapi tidak ada salahnya jika aku kagum pada sikapnya.

Sumber : www.gambaranimasi.org
Tak perlu tau namaku, toh aku bukan orang terkenal hanya seorang pengemis jalanan yang sering mangkal di trotoar pasar minggu ini. Sebenarnya aku tidak bercita-cita jadi pengemis tapi apa boleh buat, setahun yang lalu kaki kiriku diamputasi karena kecelakaan. Akibatnya aku dikeluarkan dari pekerjaan sebagai penjaga toko dan sejak saat itu tidak ada lagi yang mau menerimaku bekerja apalagi pendidikanku hanya tamat SMP. Keluarga…ya aku memang masih mempunyai kedua orang tua dan seorang adik perempuan yang usianya sebaya dengan gadis kecil itu. Tapi keluargaku di kampung.

123456789101112131415

PULANG


Aku mengunci pintu kamar dan merebahkan tubuhku di atas ranjang. Barang-barangku masih teronggok di sudut kamar. Kelelahan di perjalanan membuatku tertidur.

Tok….Tok….Tok……
"Zahwa….sudah sore nak, sudah sholat Ashar belum?". Suara ketokan pintu Uma membangunkanku. Aku bergegas bangun dan membuka pintu kamar.
"Zahwa..! kau belum berganti pakaian sejak tadi." Uma terkejut melihatku masih mengenakan jilbab dan pakaian lengkap dari pondok. Di pondokku setiap anak yang akan pulang di haruskan memakai seragam pondok, yaitu baju kurung dan rok panjang berwarna biru muda serta jilbab biru berbunga-bunga.
"Zahwa tadi ketiduran, belum sempat berganti pakaian" jawabku berdalih.

Sumber : pengayuhkereta.files.wordpress.com
123456789101112131415

SENJA


"Plung………." Terdengar suara batu yang menyentuh air. Ku ambil sekali lagi batu yang lebih besar. Byuur……..
"Kau masih ingin di sini?". Sebuah suara berat mengagetkanku.
"Sekarang masih belum sore, ijinkan aku di sini beberapa saat lagi," pintaku lirih.
"Jangan menunggu matahari tenggelam, kau akan kesulitan berjalan." Lek Cokro menjawab sambil berlalu pergi menuju sapi-sapinya. Aku hanya mengangguk samar, toh Lek Cokro tidak akan melihatku.

Sumber : www.gocelebes.com
Aku kembali memandangi danau, airnya tenang, setenang hatiku saat ini. "Hmm……….." aku menarik nafas panjang, ku lihat Lek Cokro masih asyik memandikan sapi-sapinya. Caranya memandikan sapi-sapi itu mengingatkanku pada Mbah Joyo. Mbah Joyo adalah kakek dari ayahku, yang juga ayah Lek Cokro. Rumah Mbah Joyo ada di sebelah barat danau, bersebelahan dengan rumah Lek Cokro. Sebelum Mbah Joyo meninggal dua tahun yang lalu, setiap liburan aku pasti ke sini. Selain kangen pada Mbah Joyo, aku juga kangen pada danau ini. Jika dilihat dari jalan diatas sana, pemandangan danau ini sangat indah, dikelilingi tebing yang ditumbuhi pohon-pohon besar. Beberapa meter di atas danau terdapat mata air yang jernih dan menyegarkan. Oleh masyarakat desa mata air tersebut dijadikan sebagai sumber kehidupan karena daerah ini termasuk daerah yang kesulitan air.

123456789101112131415

KETIKA MANUSIA TAK LAGI BERMAKNA

10 September 1986
Selamat pagi dunia,adakah peristiwa penting terjadi hari ini?. Jawab dong,kok diam saja. Sariawan ya?.
Selamat pagi semua,boleh aku bergabung?. Jangan tertawa dulu walaupun aku hanya masih bisa menangis tapi aku sudah tahu kok siapa saja yang ada di sini. Kalau ngga’ percaya aku sebutin satu persatu ya,mulai dari yang pakai kopyah,itu ayahku,yang lagi merokok di pojok kakekku,yang memakai kebaya biru nenek dan yang tersenyum dan menggendongku, ibu tersayang.

Sumber : emformyplace.files.wordpress.com
Di ruang tamu ramai sekali,banyak keluarga dan tetangga yang datang. Mereka menyambutku lho…..(jadi geer). Ngomong-ngomong kenapa aku harus di sambut yah,aku kan bukan presiden apalagi sekjen PBB,jauh banget tuh. Tadi aku juga diadzanin sama ayah,aku tidak tahu buat apa. Kata orang-orang agamaku islam,islam itu apa ya?. He…he…he…aku belum tahu,habisnya aku warga baru jadi masih belum tahu apa-apa. Kapan-kapan aku akan bertanya pada ayah,islam itu apa. Menurutmu islam itu apa?. Kok malah balik tanya ya,udah dulu ah aku ngantuk. Met bobo’ (zzzzzzzzzzzzzz).






123456789101112131415