MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

MEMBUKA USAHA RUMAHAN DI MASA PANDEMI

MEMBUKA USAHA RUMAHAN DI MASA PANDEMI
Add Comments
2021-08-31

Pandemi belum usai. Pertengahan 2021, lonjakan kasus Covid-19 kembali terjadi. Pemerintah pun kembali membatasi aktivitas masyarakat untuk mencegah terjadinya kerumunan yang bisa menyebabkan penularan Covid-19. Masyarakat diminta untuk berada di rumah selama masa pemberlakuan pembatasan aktivitas. Kegiatan di rumah saja rentan menimbulkan terjadinya rasa bosan, jenuh, dan tertekan. Baik yang bekerja dari rumah, belajar dari rumah, hingga yang sedang dirumahkan dari pekerjaannya. Untuk menjaga agar badan dan otak tetap sehat, kita harus membuat aktivitas rumahan yang menyenangkan dan menguntungkan. Salah satunya dengan membuka usaha rumahan. Membuka usaha rumahan di masa pandemi dapat membantu kita untuk tetap berpikir sehat dan penuh semangat selama masa tinggal di rumah.

usaha rumahan
Foto by M. Marsidi

Tentu saja membuka usaha bukan hal yang mudah. Tidak seperti pesulap yang dengan tongkat ajaibnya bisa langsung cling, usahanya berhasil. Apalagi di masa pandemi, saat aktivitas dan kondisi finansial terbatas.  

Membuka sebuah usaha memerlukan persiapan yang matang. Bukan hanya terkait dengan modal melainkan juga dengan mental. Agar mental tidak mudah rapuh dalam membuka usaha maka disarankan membuka usaha sesuai dengan hobby atau minat yang dimiliki. Melakukan hobby atau minat akan mendatangkan rasa senang dan puas. Usaha yang diawali dengan hobby tentu akan menyenangkan karena kita bisa merasa tidak bekerja melainkan melakukan hobby. Rasa bahagia ini bisa menjadi modal mental yang kuat ketika usaha yang dirintis menemukan hambatan atau kesulitan.

Ada berbagai jenis usaha yang dapat dimulai dari hobby seperti katering, MUA, fotografi, menulis, tanaman, ikan hias dan sebagainya. Saya sendiri memilih menulis buku sebagai jenis usaha yang dikembangkan dari rumah selama masa pandemi. Buku yang berhasil saya tulis pada tahun 2021 berjudul Ragam Usaha Rumahan di Masa Pandemi COVID-19.

Buku Ragam Usaha Rumahan di Masa Pandemi COVID-19 berisi tentang jenis-jenis usaha yang dapat dikerjakan dari rumah saat pandemi berlangsung. Setiap jenis usaha diuraikan secara rinci. Apa yang harus dilakukan pada tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Pada bagian akhir juga ditambahkan tips saat melakukan persiapan sebelum membuka usaha.  

Buku Ragam Usaha Rumahan di Masa Pandemi COVID-19 diterbitkan oleh CV Bina Pustaka yang baru meluncurkan paket buku Bersatu Lawan COVID-19. Paket buku Bersatu Lawan COVID-19 diterbitkan dengan tujuan untuk memberikan kesiapsiagaan dalam menghadapi pandemi. Termasuk dengan membuka peluang usaha di masa pandemi. 

Sumber : CV. Bina Pustaka

Paket buku ini dijual dengan harga Rp 327.600 untuk tujuh buah buku. Khusus buku Ragam Usaha Rumahan di Masa Pandemi COVID-19 penerbit memberikan harga 38.500 jika teman-teman tertarik untuk membelinya. Berapa persen rupiah yang masuk ke kantong saya? Ah, itu rahasia perusahaan. Hehehe. Setidaknya buku ini membuat saya untuk selalu semangat dalam menghadapi pandemi dengan kondisi sehat, kuat dan berpenghasilan.

Bagaimana dengan teman-teman, apakah juga diharuskan bekerja dari rumah? Jika merasa bosan di rumah karena tugas atau terpaksa dirumahkan, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan hati dan pikiran. Karena bisa jadi ada peluang usaha yang bisa dikembangkan selama berada di rumah seperti yang saya lakukan.

  

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com

  1. Selamat ya Bu guru atas terbitnya buku ragam usaha rumahan saat pandemi.

    Memang di saat pandemi ini mau buka usaha agak was-was soalnya takut tidak laku soalnya orang pada ngirit sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas Agus,..

      Betul, usaha yang tidak sesuai dengan kondisi bisa gulung tikar. Semua orang lagi berhemat dan berbelanja yang benar-benar dibutuhkan

      Delete