Custom Search

2019-01-20

5 TIPS MEMPERSIAPKAN KEJUTAN ULANG TAHUN UNTUK ORANG TUA TERCINTA

Hanya memberi, tak harap kembali. Itulah bentuk cinta orang tua kepada anak. Walau tidak mengharap balasan, tetapi mereka akan sangat senang jika kita merespon cinta yang sudah diberikan. Contohnya dengan memberikan kejutan pesta di hari ulang tahunnya. Pastinya  ucapan selamat ulang tahun untuk orang tercinta itu harus dilakukan dengan cara yang spesial.


Kata spesial ini tentunya akan membuat perencanaan pesta ulang tahun akan menjadi susah-susah gampang. Susah karena pesta yang dipersiapkan tidak boleh terasa biasa saja. Kejutan pesta ulang tahun untuk orang tua harus terasa lebih intim dan dapat menunjukkan rasa sayang dan cinta kita pada orang tua. Kalau gampangnya? Biasanya akan ada banyak bantuan dari saudara dan keluarga demi tercapainya pesta ulang tahun yang berkesan dan meninggalkan memori manis yang bisa diingat orang tua selamanya.


Demi mencapai kata berhasil dalam kejutan pesta ulang tahun orang tua, kita perlu melakukan beberapa hal. Misalnya membuat pengaturan, perencanaan, dan juga yang paling penting menjaga kerahasiaan agar pesta kejutan bisa terlaksana dengan baik. Berikut 5 tips mempersiapkan kejutan ulang tahun untuk orang tua tercinta.

1.    Meminta Izin
Hal penting yang harus dilakukan pertama kali adalah memastikan orang tua kita senang dengan pesta kejutan. Jangan sampai ketika pesta diadakan, orang tua malah marah-marah karena tidak suka dengan pesta kejutan. Oleh sebab itu, pastikan dulu orang tua kita tidak keberatan dibuatkan pesta kejutan.

Salah satu cara agar kejutan kita tidak salah sasaran adalah dengan menanyakan pada orang terdekat. Misal saat merencanakan pesta kejutan ulang tahun untuk ibu, maka tanyakan pendapat ayah tentang perasaan ibu jika diberi pesta kejutan. Sebaliknya, tanyakan ibu untuk merencanakan pesta kejutan ulang tahun untuk ayah. Kita juga bisa menanyakan kepada paman, bibi, kakek, nenek atau siapa pun yang dekat dengan mereka.

Saat mencari informasi ini kita juga bisa memastikan apa yang disukai dan yang tidak disukai oleh orang tua kita di pesta kejutan. Termasuk barang atau benda yang sedang mereka impikan. Ayah atau ibu pasti merasa senang jika kita memberikan barang yang sudah lama mereka idam-idamkan.
   
2.    Menentukan tanggal
Pelaksanaan ulang tahun akan lebih baik jika dilaksanakan tepat pada hari H. Hanya saja, sering kali hari ulang tahun berada di tengah pekan, sehingga akan ada banyak orang yang tidak bisa ikut berpartisipasi karena kesibukan. Nah, cara paling mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat pesta kejutan di akhir pekan. Bisa dilakukan sebelum atau sesudah hari ulang tahun.

Eit, paling penting nih. Jangan sampai lupa untuk memastikan orang tua kita tidak memiliki kegiatan saat pelaksanaan pesta kejutan. Caranya bisa dengan mengecek kalender pribadi atau bertanya ke orang terdekat tentang agenda orang tua kita di saat hari kejutan.

3.    Membuat Anggaran
Anggaran adalah hal penting lain yang harus dipersiapkan. Kita perlu tahu dana yang tepat untuk menyelenggarakan pesta. Dana yang terlalu sedikit, akan membuat persiapan pesta menjadi tidak maksimal. Sementara dana yang berlebih akan membuat keuangan setelah pesta menjadi tidak sehat.

Jadi, pikirkan beberapa hal yang paling dibutuhkan. Selain itu kita juga bias menyesuaikan dengan pilihan makanan, pilihan dekorasi, pilihan tempat, dan lainnya.

4.    Daftar Undangan
Buatlah daftar undangan untuk teman-teman, keluarga, dan kerabat orang tua. Kita juga bisa menanyakannya pada orang tua kita tentang teman-teman dekat mereka. Ingat, undanglah para kerabat yang memang memiliki kedekatan dengan orang tua agar pesta kejutan yang kita adakan terasa lebih berkesan di hati orang tua.

Daftar undangan juga mengikuti anggaran yang kita persiapkan. Jika memiliki anggaran berlebih, kita bisa mengundang lebih banyak orang. Namun jika tidak, kita sebaiknya membatasi undangan hanya pada orang-orang terdekat.

5.    Memilih Tempat
Pilihlah tempat perayaan yang spesial. Tempat yang murah dan berkesan tentu saja di rumah orang tua kita sendiri. Tetapi, jika kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan pesta, sebaiknya kita memilih tempat lain seperti hotel atau restoran. Sebab hotel dan restoran biasanya sudah memiliki staff yang dapat membantu untuk mempersiapkan pesta ulang tahun sehingga beban kita bisa lebih ringan dalam mempersiapkan pesta.

Jangan lupa, jika menggunakan tempat selain rumah pertimbangkan biaya dari sewa tempat tersebut. Jangan sampai kekurangan apalagi berhutang, hehehe.

Itulah 5 tips mempersiapkan kejutan ulang tahun untuk orang tua tercinta. Semoga bisa bermanfaat dan selamat ulang tahun untuk para orang tua di bumi.


Artikel Terkait
123456789101112131415

2 comments:

  1. Wahhh kalau ak cuma bisa berikan doa dan kabar saja, soalnya lokasi orang tua yang jauh juga, jadi semoga mereka disana sehat-sehat saja, dan bisa datang saat ku ingin wisuda wuehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga keinginan nya tercapai mas Andrie. Apalagi wisuda adalah momen paling sakral bagi mahasiswa, hehehe.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, :-)

~~falkhi~~