Custom Search

2019-10-12

DOMAIN .com HANYA 99 RIBU, TEMPAT BELI DOMAIN TERMURAH DI INDONESIA


Bagi saya, blog adalah kehidupan. Namanya kehidupan, pastinya ada yang turun dan ada yang naik. Mirip dengan blog falkhi. Saat kondisi turun, berbulan-bulan bisa tanpa post, sedangkan saat kondisi naik, bisa berkali-kali post dalam sebulan. Karena hidup penuh kejutan, dinikmati saja yang sedang terjadi. Pastinya, rejeki itu tidak akan tertukar, hehehe. Kok malah bahas rejeki, beli barang dengan harga murah kan juga rejeki. seperti domain .com yang hanya berharga 99 ribu rupiah. Rejeki dong, biar sisanya buat ngopi-ngopi. Hahaha.


domain murah
Ada yang 14 ribu saja


Katanya, perencanaan keuangan itu penting. Oleh karena itu, sebagai blogger yang memiliki blog berbayar tapi tidak dibayar maka saya harus pintar mengatur keuangan untuk blog. Terutama terkait dengan pembayaran domain. Jangan sampai keuangan minus gara-gara pembayaran domain blog. Apalagi saya berencana membeli domain baru untuk blog yang selama ini terbengkalai.

Sebelum membeli domain baru, saya iseng mencari informasi terkait dengan domain. Informasi yang saya dapatkan dari berbagai situs tersebut menyebutkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli domain apalagi jika ingin mendapatkan domain dengan harga yang tidak menguras kantong. Penasaran hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan? Saya tuliskan dengan senang hati di bawah ini.

Pikirkan nama domain yang akan digunakan

Ada banyak nama domain yang tersedia. Dilansir dari laman Wikipedia, saat ini tersedia sekitar 1500 nama domain. Jumlah itu tentunya bisa membuat pusing jika dipilih satu-satu, hehehe. Untuk itu, sebelum membeli domain kita harus memiliki kriteria terlebih dahulu tentang domain yang akan digunakan agar tidak berlama-lama dalam mencari domain.

Misalkan kriteria yang akan kita gunakan adalah berbasis wilayah, maka sudah selayaknya kita menggunakan domain .id. Bisa juga kita menggunakan domain berdasarkan isi dari blog yang kita buat. Seperti halnya .info jika isi blog kita berkaitan dengan informasi, .store jika blog yang kita buat berupa marketplace, .online jika blog menyediakan aplikasi online seperti membuat CV Online, .tech jika kita ingin menampilkan blog yang berkaitan dengan teknologi, dan lain sebagainya.

domain murah
Andai semuanya bisa dimiliki, hehehe


Namun demikian diantara banyaknya domain baru yang bermunculan, domain .com masih menjadi favorit bagi sebagian besar pengguna blog dan internet. Mengapa banyak yang memihak domain .com. padahal ada sekitar 1500 domain lain yang bisa digunakan?

Brand pertama biasanya akan melegenda. Sama halnya dengan .com, domain .com lahir bersamaan dengan .net dan .org dengan bidang komersial bisnis. Brand awal ini kemudian sering diingat orang. Akibatnya apa-apa yang sering berhubungan dengan alamat internet selalu dikaitkan dengan .com.  

Membludaknya pangsa pasar .com membuat para pengguna baru harus kreatif dalam mencari nama. Sebab nama-nama yang terdiri dari satu kata atau kalimat sederhana bisa dipastikan sudah ada yang menggunakan. Oleh sebab itu, jika kita benar-benar ingin menggunakan domain .com, kita harus mulai mencari kata kreatif atau kata yang menandakan identitas isi blog.

Jika tetap menginginkan nama yang sama maka kita harus berbesar hati menggunakan domain lain. Namun, jangan lupa mencari informasi tentang nama yang digunakan. Jangan  sampai nama yang digunakan memiliki kemiripan dengan nama-nama yang sudah populer. Agar kita tidak dituduh seorang pembajak nama.  

Cari promo domain

Dengan tujuan kantong tetap tebal, kita harus mencari informasi harga domain sebelum membeli. Biasanya ada banyak promo yang ditawarkan terkait dengan pembelian domain. Seperti penawaran dari domainesia yang menawarkah harga domain murah .com hanya 99 ribu rupiah. Cukup murah bukan? Uang seratus masih sisa seribu, lumayan bisa buat bayar tukang parkir, hahaha.


domain murah
Paling populer tetap .com

Cari informasi harga perpanjangan domain

Perlu diingat, pembelian domain biasanya hanya berlaku satu tahun. Lalu selanjutnya bagaimana? Bisa kembali pakai gratisan atau kita melakukan perpanjangan. Nah, terkadang harga perpanjangan domain berbeda dengan harga belinya. Untuk itu, sebelum membeli domain baru kita harus cek dan ricek berapa biaya perpanjangan domain yang kita bidik. Jangan sampai bikin kantong terkuras habis.

Contoh harga beli, transfer dan perpanjangan


Beli domain minimal untuk dua tahun

Penyedia domain terkadang memberikan promo jika kita membeli atau melakukan perpanjangan lebih dari satu tahun. Terkadang lho ya, bukan semuanya, hehehe. Oleh sebab itu, sebelum membeli domain baru kita harus menyediakan anggaran setidaknya untuk pembelian dua tahun. Jangka waktu dua tahun juga lebih dari cukup untuk mengembalikan modal kita membeli domain dari penghasilan blog. Bagi yang memiliki blog belum menghasilkan, saya doakan blognya segera diberi rejeki penghasilan, aamiin.    

Pertimbangan terakhir dalam membeli domain adalah perhatikan betul dana yang digunakan untuk membeli domain adalah dana berlebih atau yang memang dianggarkan. Jangan sampai menggunakan dana konsumsi, bisa-bisa puasa setahun gara-gara beli domain, hahaha. Eh, tapi domainnya sedang promo kan? Jadi, lumayan uang kembalian makan siang bisa buat beli domain, hehehe.



 
Artikel Terkait
123456789101112131415

1 comment:

  1. Iya kadang promo hanya satu tahun, tahun berikutnya udah full dan harganya jauh banget

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, :-)

~~falkhi~~