Custom Search

2018-09-16

MENGHILANGKAN STRESS DENGAN MENGACAK ILUSI

Bagi saya, stress adalah tekanan mental yang menyerang pikiran manusia. Tekanan yang kemudian menyebabkan ilusi dan imajinasi terkait suatu peristiwa yang mungkin bahkan tidak akan terjadi. Ketakutan, keresahan, dan kekhawatiran kemudian berlanjut pada runtuhnya kekuatan mental. Serangan itulah yang kemudian diberi nama stress alias depresi. Menghilangkan atau mengobatinya? Tentu dengan serangan yang setimpal, yakni penciptaan ilusi untuk mengacak ilusi yang sebelumnya membuat depresi. Itu menurut saya, hehehe.

Sumber : iconfinder.com

Seorang berkarakter melankolis sempurna seperti saya sangat rentan terhadap adanya depresi. Ya, dengan emosi labil yang ditunjang perilaku introvert, saya dapat mengalami depresi berkali-kali lebih banyak dibandingkan seseorang berkarakter plegmatis, koleris, atau sanguinis. Bagaimana tidak, ketika ada satu masalah saya harus berpikir, akan menghadapinya atau tidak, berdiskusi dengan orang lain atau tidak, bersifat penting atau tidak, dll yang akhirnya sampai pada ilusi berbagai macam kondisi yang akan terjadi.

Kondisi-kondisi itu muncul silih berganti sebagai ilusi yang mengacak pemikiran. Nah, bisa dibayangkan bagaimana kondisi jiwa ketika tiba-tiba ada banyak tumpukan peristiwa yang harus dihadapi. Tidak bisa dibayangkan? Coba berandai-andai sedang berada di tengah lautan manusia yang masing-masing dari mereka berjalan ke arah yang berbeda. Bisa pusing kan kitanya, maksudnya saya, hehehe.

Cara menghilangkan stress ala falkhi adalah dengan mengacak ilusi. Buku, film, youtube, dan wattpad adalah perpaduan yang sempurna untuk menciptakan ilusi. Peristiwa yang hanya ada dalam tataran imajinasi. Namun, efeknya dapat membuat hidup terobsesi. Sebab, ilusi bermuara pada pengendali si manusia itu sendiri. Otak.

Adanya ilusi baru yang bersifat imajinasi akan bercampur dengan ilusi yang bersumber dari depresi. Ilusi-ilusi tersebut akan membuat simpul-simpul baru yang diharapkan nantinya akan memunculkan solusi dalam kondisi yang dihadapi. Solusi yang kreatif dan mampu melemahkan depresi. Dengan demikian, stress yang dihadapi akan memudar berganti dengan semangat diri dalam menghadapi segala kondisi.


Aku membutuhkan imajinasi
Liar
Nakal.

Imajinasi pencegah depresi
Vulgar
Masuk akal.

Depresi yang membuat ilusi
Terbakar
Gagal.

Sekadar catatan diri pada hari minggu yang dipenuhi cahaya mentari sehingga membuat hati berseri dan ingin berbagi walau bukan hal yang penting untuk diketahui. Terima kasih. Salam.
Artikel Terkait
123456789101112131415