Custom Search

2016-12-30

SERUNYA BELAJAR SAINS

Banyak orang bilang, sains alias ilmu alam khususnya fisika itu sulit, bikin bete, bikin mual dan macam-macam komentar negatif lainnya. Padahal, sains sebenarnya menyenangkan. Apalagi belajarnya dengan membuat proyek-proyek sederhana. Bakalan seru dan bikin ketagihan deh belajar Sainsnya. Gak percaya? Coba tanya sama adik-adik yang kemarin ikut Funtastic Science di Perpusda Kabupaten Probolinggo. (Promosi dikit yah, hehehe). 
 
Foto bersama peserta Funtastic science
Hari Selasa, 27 Desember 2016 kemarin, Perpusda Kabupaten Probolinggo mengadakan kegiatan serunya belajar sains dengan tema Funtastic Science. Kegiatan tersebut diadakan untuk mengisi hari libur adik-adik di tingkat Sekolah Dasar. Peserta awal dibatasi sebanyak 20 orang. Namun, pada saat kegiatan peserta bertambah menjadi 28 orang.  Wah, peminatnya banyak juga ya? Eits, saya gak boleh geer dulu nih. Sebab, kegiatan Funtastic Science juga diramaikan oleh kehadiran Cosplay. Cosplay yang ikut hadir adalah Kakashi Sensei dari serial Naruto. 


Para tim pemenang lomba balap mobil balon
Kehadiran kakashi sensei membuat adik-adik yang belajar sains semakin gembira. Apalagi Kakashi Sensei mau bergabung melakukan proyek sains. Bahkan mengajukan diri untuk menjadi peserta dalam acara balap mobil balon. Balap mobil balon adalah acara penutup dalam kegiatan Funtastic Science.

Ada enam proyek yang disajikan dalam kegiatan serunya belajar sains, yaitu kismis menari, saus si penyelam, kaleng meloncat, gelombang laut, gelas bernyanyi, dan mobil balon. Proyek-proyek sains tersebut adalah proyek sederhana dengan alat dan bahan yang mudah didapatkan. Selain itu, mampu dikerjakan oleh siswa kelas 3 hingga kelas 6 Sekolah Dasar.

Contoh proyek sains yang dibuat dalam Funtastic Science
Wah, proyek apa yang dilihat adik-adik ya?
Setelah mengerjakan proyek, adik-adik diberi pertanyaan menarik. 

                                        "Mengapa hal itu bisa terjadi?"

Awalnya, mereka masih malu-malu menjawab. Tetapi, setelah proyek kedua dan selanjutnya, adik-adik semakin antusias menjawab. Apalagi ada hadiah yang didapat jika berani menjawab. Walaupun, hadiahnya hanya sebungkus snack. Hehehe.

Snacknya banyak gara-gara rajin menjawab, hehehe
Pembahasan dalam setiap proyek perlu diberikan untuk memuaskan keingintahuan mereka. Dengan demikian, adik-adik akan ketagihan untuk belajar sains. Jika sudah ketagihan, maka tidak ada lagi komentar negatif tentang susahnya belajar sains. Sebab, pada dasarnya sains adalah pelajaran yang seru dan menyenangkan. Benar, kan? (maksa ya.. hahaha).

Kakashi Sensei ikut belajar sains lho
Semoga kegiatan Funtastic Science bermanfaat buat adik-adik yang bersedia bergabung untuk belajar. Buat teman-teman yang penasaran dengan proyek sains yang dikerjakan kemarin, tongkrongin halaman proyek sains ya. Sedikit demi sedikit akan saya bahas di halaman tersebut. Karena, sepertinya saya jadi ketagihan untuk membuat proyek-proyek sains lagi, hehehe.
Artikel Terkait
123456789101112131415