Custom Search

2015-06-29

KHAWATIR TELAT SAHUR? INI TIPSNYA!


Ramadhan tanpa berkumpul dengan keluarga? Sudah biasa. Tapi melewati Ramadhan tanpa siapa-siapa... baru kali ini saya alami. Rasanya? Deg-degan, apalagi menjelang sahur. Rasa was-was selalu datang. Bisa bangun gak ya? Telat sahur gak ya? Apa makan malam saja? Hm, bingung bin rempong kan? Untuk itu, saya punya tips-tips ampuh agar tidak telat makan sahur.
 
Sumber : apptekno.com
1.    Tidur lebih awal
Rasa was-was karena tidak ingin telat sahur membuat saya mengurangi jatah jam tidur malam. Saya berusaha tidur lebih awal, sebelum pukul 22.00 wib. Alasannya, tentu saja agar tidak telat bangun sahur. Pernah suatu kali karena terlalu asyik, saya baru sadar ketika jam menunjukkan pukul 23.00 wib. Saya pun tergesa-gesa untuk tidur. Setelah itu, saya terbangun kembali 5 menit sebelum imsak diumumkan. Wow! Padahal saya sudah membayangkan makan sahur dengan nikmat tanpa harus tergesa-gesa. Hiks... Kejadian ini membuat saya akhirnya berusaha untuk disiplin menerapkan jam tidur malam, apapun yang terjadi. Hehehe...

2.    Pakai alarm lebih dari satu
Bagi orang-orang yang mudah terbangun tidur, bunyi alarm sekecil apapun akan membuatnya membuka mata. Tapi kalau yang punya gaya tidur ala kebo gimana dong? Bahkan terkadang alarm yang terdengar sampai telinga tetangga pun tidak akan membuatnya terbangun. Nah, tidur saya nih hampir sama dengan setengah kebo. Setengah lho ya, tidak sepenuhnya. Hehehe. Karena itulah, saya menggunakan lebih dari satu alarm dengan jarak bunyi yang berdekatan. Jadi, jika alarm pertama tidak berhasil membangunkan saya, masih ada cadangan alarm yang lain. Bunyinya pun saya gunakan musik-musik dengan aliran keras, sebab kalau menggunakan lagu sendu saya bisa semakin tidur nyenyak. Bahaya kan? Hahaha...  

3.    Minta tolong orang lain
Cara ketiga adalah minta tolong orang lain untuk membangunkan. Bagi yang tinggal sendirian seperti saya, bisa minta tolong tetangga sebelah untuk menggedor-gedor pintu waktu jam makan sahur. Bisa juga minta tolong keluarga, teman, atau pasangan untuk menelpon di waktu jam makan sahur. Saya sendiri belum pernah melakukan cara ini untuk bangun sahur, tapi tidak ada salahnya dicoba. Siapa tahu, cara ini ampuh buat orang lain agar tidak telat bangun sahur.  
 
Sumber : wanprabu.files.wordpress.com
4.    Berdoa
     Jika cara pertama sampai ketiga sudah dilakukan, terakhir adalah berdoa. Berdoa yang tulus agar bisa bangun ketika jam makan sahur. Jangan lupa juga berniat untuk makan sahur. Ketika sudah berdoa dan berniat, biasanya kita akan terbangun sendiri saat jam makan sahur.   

Itu dia empat tips ala saya untuk mengatasi telat makan sahur saat bulan Ramadhan. Semoga Ramadhan kali ini kita bisa melaksanakan ibadah puasa lebih baik daripada sebelumnya. Aamiin. Selamat berpuasa!
Artikel Terkait
123456789101112131415