Custom Search

2011-09-29

GAGAL

Setelah seharian tak menemukan ide, tiba-tiba setelah mendekati seperempat malam ada pijar rencana di otakku. Yes! akhirnya....aku menemukan ide. Untuk pengajaran esok pagi. Senang bukan kepalang saat itu. 
Aku pun menyiapkan segala keperluan. Komplit, lengkap, dengan segala harapan yang sangat memuaskan.

Hari pelaksanaan. Tes gladi bersih. Sukses. Berjalan sesuai rencana. Beberapa kepala melongok di pintu. Sebentar lagi tiba waktunya aku mewujudkan rencana. 


Glek! bunyi sekring di dekatku bersamaan dengan turunnya tombol menyala. Wah! ada apa ini. Aku tarik kembali tuas untuk menghidupkan. Tidak ada reaksi. Biasanya juga seperti. Menunggu beberapa detik. Ku lakukan kembali. Masih tidak ada reaksi. Seorang teman membantu, hasilnya tetap sama. Dengan mempertimbangkan waktu, terpaksa hanya separuh kelas yang menyala. Tidak apa-apa, masih bisa melanjutkan rencana.

Setelah mempresentasikan materi, saatnya uji coba. Modem pertama, berhasil di instal. Tapi...tidak ada pengaturan jaringan. Jaringan tidak ada. Lho??? kenapa bisa begitu. Tak putus asa, modem kedua di coba. Terinstal, jaringan terdeteksi tapi tanpa atribut APN. Owh...kenapa juga dengan yang satu ini. Rencana ketiga pun dijalankan. Menggunakan jaringan LAN. Semua mencoba. Server berjalan. Satu anak melaporkan berhasil. Berhasil! Berhasil! aku berteriak dalam hati. 

Namun, beberapa yang lain mengeluh tidak bisa. Aku ikut membantu...hasilnya program dan alat untuk koneksi tidak ada. Haduuuh...bagaimana ini. Pantas saja otak atik tak menghasilkan apa-apa. Jadilah langkah terakhir di luar rencana, yang terealisasi. Apa itu? Tugas! Satu-satunya hal yang masih bisa ku lakukan. Huft!





BT, 290911, 4:16 PM
 
   

Artikel Terkait
123456789101112131415