MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

GARA-GARA BAZAR, AKU PANDAI MEMBUAT KUE

GARA-GARA BAZAR, AKU PANDAI MEMBUAT KUE
Add Comments
2023-04-18

Apa kegiatan bulan ramadan di sekolah kalian? Kalau disekolah saya ada kegiatan bazar ramadan yang diselenggarakan oleh tim double track. Bazar dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 10 hingga 12 April 2023. Saya sendiri sebagai siswa peserta double track tata boga merasa senang dengan adanya bazar ramadan. Sebab saya harus membuat kue untuk kepentingan bazar. Alhasil saya yang awalnya tidak bisa membuat kue akhirnya bisa pandai dalam membuat kue-kue persiapan lebaran.

Pose dulu sebelum kue dijual

Persiapan bazar dimulai sejak hari Jum’at tanggal 31 Maret 2023. Saya beserta peserta lain di tim tata boga membuat kue semprit dan nastar. Untuk hari Jum’at kami hanya bertugas menyangrai tepung sagu dan membuat selai nanas. Pembuatan kue selanjutnya akan diselesaikan pada hari Sabtu. Sebenarnya saya malas mendengar kabar tersebut sebab saya yang seharusnya libur menjadi tidak jadi libur di hari sabtu. Akan tetapi jiwa semangat saya untuk belajar membuat kue mengalahkan rasa malas itu.

Pada hari Sabtu tanggal 1 April 2023 saya berangkat ke sekolah dengan senang hati. Kami dibagi menjadi dua kelompok yaitu semprit dan nastar. Kelompok saya mendapat bagian untuk membuat kue semprit. Pembuatan adonan kue semprit ternyata mudah. Hanya saja saat mencetak harus butuh ketelatenan.

Semprit yang baru keluar dari oven


Setelah kue selesai dicetak kue pun dipanggang di oven. Kalian tahu tidak? Mencium aroma kue yang lezat saat puasa dengan cuaca yang panas sangatlah menggoda iman. Untuk menghindari aroma kue yang sedang di oven, saya beserta teman-teman memilih keluar ruangan. Kami kemudian melihat peserta tata rias yang berada di ruangan sebelah. Mereka ternyata sedang belajar make up. Hasil make up nya ternyata lumayan untuk kategori pemula seperti mereka. Mungkin nanti saya juga akan menggunakan jasa mereka saat ada acara yang berhubungan dengan rias.

Ketika kue matang, kami membungkus kue kedalam toples untuk dijual. Menurut saya hasil kuenya sangat memuaskan. Rasanya enak dan renyah. Tentu saja saya mencicipi kue tersebut setelah jam berbuka puasa tiba.

Kegiatan pembuatan kue dilanjutkan pada hari Sabtu tanggal 8 April 2023. Pada hari itu kami bertugas untuk membuat kue bawang dan telur gabus. Pembuatannya juga cukup mudah. Adonan disiapkan lalu dibentuk sesuai selera. Selanjutnya digoreng dan siap dijual.

Kue bawang dan telur gabus siap dijual


Hari Senin tanggal 10 April 2023 Bazar Ramadhan SMAN 1 Sukapura dibuka. Bazar ditempatkan di depan UKS sekolah. Bazar yang digelar menyediakan berbagai keperluan serta pernak pernik Idulfitri serta kebutuhan ramadan. Seperti kue, makanan siap saji dan minuman. Selain menyediakan kebutuhan ramadan dengan harga terjangkau bagi keluarga besar SMAN 1 Sukapura, bazar juga menjadi ajang pemasaran produk yang dikelola oleh siswa double track dan para guru pembimbing.

Bazar hari pertama berlangsung sepi. Mungkin karena pelaksanaannya siang hari bukan sore hari. Kalian pasti tahu bahwa pada siang hari siswa-siswi dan juga masyarakat sedang berpuasa jadi kemungkinan kecil mereka untuk membeli makanan yang siap saji.

Sabar menunggu pembeli

Pada hari ke dua dan ketiga bazar dipindahkan di depan gerbang untuk menarik pembeli. Karena kebetulan di depan sekolah terdapat TK dan SD. Ternyata rencana berjalan dengan lancar. Banyak anak SD dan SMP yang mampir dan membeli. Beberapa ibu-ibu yang lewat depan sekolah juga melihat dan tertarik untuk membeli kue.

Pengunjung baza ramadan yang membeli beberapa produk double track


Kue bawang dan telur gabus yang kami buat laris manis. Sedangkan untuk kue nastar dan semprit tersisa beberapa toples. Mungkin karena harganya yang agak tinggi sehingga nastar dan semprit yang kami buat tidak terjual habis. Walaupun tidak terjual habis, saya merasa senang karena adanya bazar ramadan membuat saya terampil dalam membuat kue persiapan lebaran. Selain itu saya mendapat pembelajaran dalam membuka usaha yaitu harga produk yang dijual harus disesuaikan dengan daya beli konsumen. Dengan demikian produk yang saya bisa laris manis di pasaran.  

Menuliskan pengalaman selama mengikuti bazar ramadan


 

 

 

 

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com

  1. Apakah open PO hampers lebaran bu guru?

    ReplyDelete
  2. Kegiatan yang positif, semoga bisa memberi manfaat bukan hanya buat diri sendiri namun juga buat orang orang di sekitarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, untuk wilayah sekitar sini, pemberian keterampilan mendukung siswa untuk hidup mandiri saat lepas dari sekolah.

      Delete