Custom Search

2018-03-26

MENCARI WEB HOSTING MURAH TAPI HANDAL

Berapa usia blogmu? Kalau usia blog Falkhi sudah mencapai angka 11. Eits, jangan kagum dulu. Walaupun usia Falkhi sudah 11 tetapi pengetahuan saya masih nol tentang seluk beluk blog. Saya tahunya hanya menulis. Itu pun angin-anginan, kadang bisa mengalir dengan sepoi kadang bertiup kencang seperti tornado. Kalau sedang angin sepoi, bisa lama banget updatenya. Tetapi, kalau sedang tornado bisa update berkali-kali dalam sebulan. Sebulan lho bukan sehari, hahaha.    
 
Berbicara tentang blog, saat ini banyak blog yang saya kunjungi sudah berubah nama dari yang awalnya blogspot atau wordpress menjadi .com, .net, .id, dan lain sebagainya. Awalnya sih saya cuek-cuek saja hingga suatu hari ada seorang teman yang bertanya. Berapa domain dan hosting untuk falkhi? Beli dimana? Apakah hostingnya handal? 

Sumber : hostcoupondeals.com


Barulah saya melongo. Jujur, saat itu saya tidak paham masalah domain dan hosting. Padahal blog Falkhi sudah beralih dari blogspot menjadi .com sejak 2012 lalu. Kok bisa?

Ada seorang teman yang memberikan saya pengalihan tersebut dan saya tidak tahu kalau yang namanya .com itu adalah domain. Saya asal pakai saja, karena kelihatannya keren kalau pakai akhiran .com. Lelet banget ya? Hahaha. Mau cari informasi juga bingung. Sebab saat itu, dunia blogger belum sekeren saat ini sehingga saya jarang melihat informasi tentang domain dan hosting di lini masa media sosial.

Setelah teman tersebut bertanya, barulah saya browsing dan baru tahu kalau pembayaran yang saya lakukan tiap tahun itu untuk domain. Lalu hosting? Makanan enak apalagi tuh? *maklum, blogger oot. Hahaha.

Ada banyak pengertian hosting yang saya temukan, tetapi banyak yang menggunakan bahasa ilmiah alih-alih bahasa alay. Duh, otak saya kan cetek, mana paham istilah IT. *hiks, nangis di pojokan.

Setelah membaca, merangkum, dan mencerna akhirnya saya bisa memahami pengertian hosting. Hosting menurut otak saya yang cetek ini adalah tempat penyimpanan seluruh data blog seperti gambar, video, dan tulisan. Sama fungsinya seperti kulkas. Kok kulkas sih? Iya biar adem, kalau pilih wajan ntar datanya panas dan hangus, hahaha.

Berbicara tentang hosting, saya jadi tertarik untuk memiliki kulkas sendiri. Biar bisa bebas menyimpan apa saja. Kalau numpang kan sering ada aturan tuh, misal gak boleh taruh buah durian, meletakkan daging harus dengan wadah tertutup. Belum lagi risiko hilang, siapa tahu ada kucing lewat waktu kulkasnya buka trus ambil daging yang saya simpan. Hyaaa... Walaupun blog Falkhi bukan blog bisnis yang amat sangat penting, tetapi saya juga ingin blog Falkhi terlihat profesional. Setidaknya buat yang setia membaca tulisan erroriah saya, hehehe.

Keinginan memiliki hosting semakin kuat ketika lini masa media sosial sering membahas layanan web hosting yang murah meriah. Bahkan, sponsor di instagram saya berubah menjadi sponsor hosting dari yang awalnya sponsor wisata atau travel. Sengaja kali ya, biar saya beli hosting, hihihi.

Berbekal keinginan yang kuat, mulailah saya mencari informasi web hosting murah tapi handal. Saya pun berkunjung ke niagahoster. Maksudnya ke situsnya ya, bukan ke kantornya, hehehe. Kenapa niagahoster? Sebab niagahoster sering muncul dalam perbincangan penyedia layanan web hosting murah. Asumsi saya, brand yang sering diperbincangkan memiliki kriteria pelayanan yang handal. Jadi, sesuai dengan niat saya untuk mencari hosting yang murah tapi handal.

Halaman awal niagahoster membuat saya menelan ludah. Ada diskon web hosting murah. Kenapa pakai kata diskon sih, bikin mata saya meleleh nih. *Hiks.

Sumber : niagahoster.co.id

Katanya, hidup yang bahagia itu adalah hidup yang pas-pasan. Sama kayak kondisi saya sekarang nih. Pas lagi butuh hosting, eh pas ada diskon hosting sampai 40% bahkan dimulai dari harga Rp 19.800,- per bulan. Murah kan? pas banget deh timing antara keinginan dan keadaan. Makanya, hidup yang pas-pasan itu pasti bikin bahagia, hehehe.
   
Penasaran dengan diskon yang diberikan, saya tanpa ragu memilih tulisan "mulai sekarang". Halaman selanjutnya menampilkan paket web hosting yang disediakan. Ada 4 paket web hosting yang ditawarkan niagahoster, yaitu paket bayi, pelajar, personal, dan bisnis. Setiap paket yang ditawarkan pada bulan ketiga 2018 ini mendapat potongan diskon yang berbeda-beda. Diskon paling tinggi diberikan pada kategori bisnis.



Apa perbedaan masing-masing paket web hosting?

Paket web hosting pertama adalah paket bayi. Sesuai dengan namanya, paket ini diperuntukkan untuk pemula yang baru belajar membuat website. Namanya pemula, biasanya masih sering melakukan kesalahan. Oleh sebab itu, harga yang ditawarkan cukup murah sehingga risiko kerugian yang ditimbulkan jika ada masalah masih dapat ditolerir oleh si pengguna.

Paket pelajar diperuntukkan bagi yang serius membuat web toko online atau adsense. Paket personal sangat sesuai untuk web bisnis dengan performa tinggi. Paket personal ini memiliki peminat yang cukup tinggi di niagahoster. Sedangkan paket bisnis adalah paket shared hosting yang bertujuan untuk menyediakan hosting bagi pengguna yang mendambakan prioritas support dan performa yang hebat.

Setelah melihat semua paket, sepertinya paket bayi yang cocok buat saya karena masih kategori pemula dalam dunia hosting. Harga paket bayi juga murah dan risiko kerugiannya masih bisa saya tanggung. Aman kan? Tapi, blog falkhi juga memakai adsense. Agar bisa maksimal, harusnya pakai paket pelajar bukan bayi. Namun, jika tiba-tiba pengunjung falkhi naik drastis, maka paket yang paling bisa diandalkan adalah paket personal. Nah lho, jadi pilih mana nih? *mikir*

   


Ternyata semakin banyak paket yang ditawarkan, bisa membuat kita semakin bingung. Apalagi setiap paket memiliki kelebihan masing-masing. Apa saya coba satu-satu aja? toh niagahoster memberikan garansi 30 hari uang kembali. Tawarannya keren lho. Jadi, sebelum 30 hari saya bilang saja gak cocok dan minta pindah paket lain. Namanya juga sedang dalam masa pencarian web hosting murah tapi handal, dimaklumi kan?  *lariii, takut diomelin para admin niagahoster. Hehehe* 

Solusi paling tepat sepertinya adalah bersemedi. Siapa tahu tahu nanti dapat wangsit paket web hosting mana yang cocok buat saya. Apakah paket bayi, pelajar, personal, atau bahkan membeli paket bisnis yang mendapat layanan prioritas. Tetapi, semoga saja selama saya berpikir, diskonnya masih tetap berlaku atau mungkin diturunkan sehingga saya bisa mendapat harga web hosting yang murah tetapi juga handal buat blog falkhi (ngarep banget ini, hehehe).

Doakan ya teman-teman, semedi saya berhasil dan blog falkhi bisa semakin terlihat keren dan profesional dengan hosting baru. Aamiin.
Artikel Terkait
123456789101112131415