Custom Search

2017-12-05

MERASA GUNDAH? LAKUKAN 6 HAL INI

Pernah merasa gundah? Duh, garing banget pertanyaannya ya? Hahaha. Iya lah. Karena pastinya setiap manusia pernah merasakan gundah. Entah karena cinta, keluarga, karier, pekerjaan, dan masalah kehidupan yang lain. Lalu, bagaimana cara mengatasi gundah? Kalau saya yang rasanya sering sekali merasa gundah melakukan 6 hal berikut ini untuk mengatasinya.




Berdoa
Gundah biasanya datang saat harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Maunya A ternyata yang terjadi adalah B, inginnya B yang terwujud malah C. Bingung kan? Karena bingung akhirnya si gundah datang. 

Hal pertama yang harus dilakukan kalau gundah datang adalah berdoa. Berdoa semoga yang terjadi bukan yang sebenarnya. Semoga yang dilihat adalah imajinasi belaka. Lalu tutup mata sejenak. Setelah mata kembali terbuka, pastikan kondisi sekeliling. Apakah peristiwa ini benar atau hanya mimpi? Jika hanya mimpi, bersyukurlah. Tetapi jika benar, mau tidak mau harus berdoa untuk menguatkan hati. Lebih utama jika kita langsung mengambil wudhu dan mendirikan sholat. Setelah sholat, bacalah istighfar dan doa penenang sebanyak-banyaknya hingga hati terasa lapang.    

Menangis
Perempuan dekat sekali dengan yang namanya air mata. Tidak heran, jika ada masalah perempuan seringkali menangis. Jangankan masalah, nonton film aja bisa bikin sesenggukan. Hahaha.
Nah, ketika gundah pastinya air mata tidak mungkin bisa ditahan. Lepas saja. Jangan menyembunyikan tangis. Sebab tangis adalah salah satu cara mengeluarkan emosi. Jika emosi sudah keluar, hati bisa tenang kembali. Goncangan-goncangan jiwa pun mulai normal. Tapi menangisnya ingat tempat juga ya, jangan sampai menangis di pinggir jalan dengan teriak-teriak. Nanti disangka orang gila, bahaya kan? Hehehe.

Tidur
Setelah berdo’a dan menangis, badan akan merasa lelah dan obat lelah yang paling mujarab menurut saya adalah tidur. Ya, salah satu langkah ketika kita sudah berdoa dan mengeluarkan emosi dengan menangis, tetapi gundah masih saja bergelayut dalam jiwa maka bersegera tidur adalah pilihan solusi yang tepat. Mengapa?  

Tidur adalah proses pemulihan kondisi tubuh secara alami. Baik fisik maupun psikis, dengan catatan tidur yang dilakukan cukup antara 6-8 jam bagi orang dewasa. Membiarkan tubuh untuk tidur ketika gundah bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang akibat emosi sehingga otak dapat berpikir lebih jernih. Ketika otak berfikir lebih jernih, kita akan lebih mampu untuk mencari solusi agar keluar dari rasa gundah.

Mendengarkan musik
Ada beberapa musik yang efeknya dapat menenangkan jiwa. Nah, saat gundah datang waktunya musik jenis tersebut untuk muncul ke permukaan. Buat satu playlist baru dan dengarkan untuk mengalihkan pikiran dari hati gundah. Jangan sebaliknya, sedang gundah karena patah hati eh musik yang didengarkan adalah musik melow yang menceritakan patah hati. Hyaaa, bisa-bisa kamarmu banjir dengan air mata tuh.

Nonton Film
Merasa insomnia karena gundah? Coba habiskan waktu dengan menonton film. Eits, ingat film yang ditonton jangan sampai film yang bikin kamu baper. Carilah film-film bergenre aksi. Film detektif atau film horor. Menonton film tersebut akan membuat kamu hilang ingatan tentang gundahmu. Atau tontonlah film yang dapat menggugah motivasi, sehingga kamu bisa menemukan solusi atas gundah yang hinggap di hati.

Mengobrol
Gundah itu datang kadang saat kita merasa sendiri. So, salah satu solusi ketika kamu gundah adalah mengobrol dengan orang lain. Hal ini dilakukan agar kamu tidak merasa sendiri. Sapalah orang-orang di sekitarmu atau orang-orang yang ada di friend-listmu. Curhat pada mereka atau bertanyalah tentang kabar dan aktivitas mereka, mungkin saja cerita-cerita itu bisa membuatmu menghilangkan gundah atau menemukan solusi mengatasi gundah.

Itulah 6 hal yang saya lakukan ketika merasa gundah. Dengan melakukan 6 hal tersebut, rasa gundah saya biasanya berkurang bahkan menghilang. Emosi saya kembali normal dan semangat hidup kembali bersinar. Bagaimana dengan anda? Adakah hal lain yang dilakukan untuk mengatasi gundah? Boleh lah berbagi dengan saya, hehehe.

    
Artikel Terkait
123456789101112131415