Custom Search

2016-02-23

MENGATASI BAD MOOD DI PAGI HARI

Siapa yang pernah merasa bete di pagi hari?

Sumber : previews.123rf.com
Awal hari yang seharusnya disambut dengan senyum dan semangat ini tiba-tiba kita ganti dengan wajah merengut dan intonasi suara tinggi. Sampai-sampai orang-orang di sekitar kita menjadi terganggu. Jika kondisi bad mood ini terus berlanjut ke tempat kerja, sekolah, atau kuliah bisa bahaya nih. Siapa tahu saat itu kita dipanggil atasan, lalu gara-gara bad mood, kita menghadapi atasan dengan jutek dan sinis. Kalau atasan kita tidak toleran, peristiwa ini bisa berakhir dengan surat peneguran, peringatan, bahkan pemecatan. Nah, bahaya, kan?


Mengapa bisa terserang bad mood di pagi hari?

Sumber : vectortoons.com

Berdasarkan pengalaman, ada banyak hal yang dapat menyebabkan bad mood di pagi hari. Tetapi, hal yang paling sering membuat saya bad mood di pagi hari adalah rasa kantuk. Hehehe. Biasanya setelah begadang semalaman atau baru tertidur saat dini hari dapat menyebabkan kantuk yang teramat sangat di pagi hari. Rasa kantuk dapat membuat fokus kita untuk beraktivitas berkurang. Akibatnya, sedikit gangguan dapat membuat kita merasa bete, kesal, dan jutek. 

Selain kantuk, hal yang dapat membuat bad mood pagi hari adalah kabar buruk. Misalnya, saat kita bangun tidur ada telpon yang mengabarkan teman kita tidak bisa masuk kerja dan kita harus menyelesaikan setumpuk tugas, yang sialnya siang ini deadline terakhir. Bete gak tuh kalau kondisinya seperti itu? Saya sih, mungkin akan teriak dan bersungut-sungut gak jelas. Hwahwahwa.

Bagaimana cara mengatasi bad mood di pagi hari?

Pertama, pastikan penyebab bad mood. Karena kantuk, tekanan hidup, atau mendapat kabar buruk? Setelah memastikan penyebabnya, kita dapat mencari cara menanggulangi. Saya sendiri melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi bad mood di pagi hari.

1. Menonton film
Ketika kantuk menyerang di pagi hari dan membuat bad mood, saya segera menonton film. Film yang saya pilih adalah film lucu atau film action. Dua genre film ini biasanya dapat membangunkan otak yang sedang tertidur. Setelah perasaan saya berhasil hanyut dalam film tersebut, saya segera mengakhiri aktivitas menonton film. Membiarkan otak menerka-nerka dan berfantasi tentang film yang saya tonton. Kesibukan otak yang menerka dan berfantasi dapat membuat bad mood saya menghilang di pagi hari.

2. Mendengarkan musik
Bagi saya, musik dapat menghipnotis pikiran. Contoh, saat mendengarkan lagu melow, saya akan merasa sedih dan galau. Sebaliknya, mendengarkan musik keras dengan ketukan nada cepat dapat membuat tubuh saya segar dan pikiran bersemangat. Oleh sebab itu, ketika merasa bad mood di pagi hari saya segera mengklik playlist lagu-lagu keras dan cepat. Mendengarkan musik sambil mengerjakan aktivitas harian bersih-bersih rumah akan sukses membuat bad mood saya menghilang. 
 
3. Olahraga
Saat bangun tidur, tiba-tiba teringat berbagai macam tekanan dan permasalahan yang sedang kita hadapi. Ingatan ini dapat membuat pagi hari kita suram. Hilang semangat dan bermalas-malasan untuk beraktivitas. Dalam kondisi demikian, biasanya saya menghabiskan energi tubuh dengan melakukan olahraga. Lari-lari kecil mengelilingi halaman rumah atau meloncat-loncat hingga kehabisan energi. Setelah semua energi terkuras habis, saya akan merasa plong. Lega. Ketika rasa lega ini muncul, semua beban yang menyebabkan bad mood menghilang. Saya pun merasa bersemangat kembali menjalani aktivitas di pagi hari.

4. Berdoa
Membaca doa dan beribadah dapat mengobati rasa bete yang sedang berkunjung. Doa dapat membuat hati terasa teduh dan nyaman. Untuk itu, ketika pagi hari kita tiba-tiba merasa bad mood perbanyaklah berdoa. Meminta ketenangan hati agar dapat menyelesaikan aktivitas harian yang sudah menunggu.
     
Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam mengatasi bad mood. Menonton film, mendengarkan musik, olahraga, dan berdoa adalah cara saya menanggulangi bad mood yang menyerang di pagi hari. Bad mood di pagi hari dapat menghambat aktivitas yang sudah direncanakan, oleh sebab itu bad mood yang datang harus segera diatasi agar tidak mengganggu. Setuju?
 

 
Artikel Terkait
123456789101112131415