Custom Search

2015-09-13

PROSEDUR EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah alat yang digunakan untuk mengimplementasikan program peningkatan mutu pendidikan. Adapun prosedur yang dilakukan dalam melaksanakan evaluasi diri sekolah meliputi tahap pelatihan, pelaksanaan proses evaluasi diri sekolah, perencanaan pengembangan sekolah, dan pelaporan temuan.


 a.    Tahap pelatihan
Pelatihan ditujukan untuk mempersiapkan sekolah melaksanakan evaluasi secara transparan, untuk menjamin validitas dan mempergunakan informasi yang dikumpulkan untuk memberikan masukan terhadap perencanaan pengembangan sekolah.

b.  Pelaksanaan  Proses Evaluasi  Diri Sekolah
Setelah pelaksanaan pelatihan, kepala sekolah dengan dukungan  pengawas sekolah pembina melaksanakan EDS bersama Tim TPS/ EDS yang terdiri dari perwakilan guru,   komite sekolah, orang tua, dan perwakilan lain dari kelompok masyarakat yang memang dipandang layak untuk  diikutsertakan. Tim ini akan mempergunakan instrumen yang disediakan untuk menetapkan profil kinerja sekolah berdasarkan indikator pencapaian. Informasi yang didapatkan kemudian dianalisa dan dipergunakan oleh TPS/ EDS  untuk mengidentifikasi kelebihan dan bidang perbaikan yang dibutuhkan, serta merencanakan program tahunan sekolah.
c.  Perencanaan Pengembangan Sekolah
TPS/Tim EDS menganalisis informasi yang dikumpulkan dan mempergunakannya untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan bidang yang membutuhkan perhatian, yang kemudian akan menjadi dasar bagi rencana pengembangan sekolah. Proses ini kemudian akan berkontribusi untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah yang menyatakan bahwa sekolah harus menyusun rencana pengembangan sekolah. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, rencana pengembangan sekolah akan berisikan prioritas perbaikan dalam jumlah kecil dan dapat dikelola oleh sekolah dengan hasil yang telah ditentukan dan berfokus pada peningkatan  dan pencapaian hasil pembelajaran. Kesemuanya ini harus dapat diobservasi dan diukur sejauh mungkin. Rencana pengembangan sekolah berisikan tanggung jawab untuk pengimplementasiannya, dilengkapi dengan kerangka waktu, tenggang waktu dan ukuran keberhasilan. Sekolah akan didorong untuk mencari solusi dan membuat perubahan dengan cara melakukan upaya yang bersumber dari kekuatan mereka, dan hal ini bergantung pada pengembangan kemampuan strategis kepala sekolah dan pengawas sekolah.
d.  Pelaporan Temuan
Sekolah akan menghasilkan sebuah laporan EDS dalam format terpisah untuk dijadikan bahan pengisian Laporan Monitoring Sekolah oleh Pemerintah Daerah (MSPD). Pengawas akan mengolah lebih lanjut untuk kepentingan kantor Diknas kabupaten/kota bagi penusunan perencanaan pendidikan Kab/Kota  dan bahan pengembangan sistem informasi pendidikan. Laporan EDS  akan divalidasi secara internal oleh pengawas sesuai sekolah binaannya, dan divalidasikan secara eksternal oleh Kelompok Kerja Pengawas Sekolah  dan Koordinator Pengawas.  Siklus tahunan EDS berjalan berdampingan dengan siklus lima tahun akreditasi sekolah yang memungkinkan validasi laporan sekolah. Validasi dapat dilaksanakan lebih sering bagi sekolah yang dianggap memang memerlukan perhatian khusus, baik dikarenakan keraguan keandalan data, atau dikarenakan kinerja sekolah itu sendiri.

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. & Jabar, Cepi. S.A. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi aksara.
Depdiknas. 2005. Kinerja Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. (online) (educatededucator.files.wordpress.com/2012/03/kinerja-sekolah.doc‎, di akses tanggal 05 September 2013).
Dirjen PMPTK Kementerian Pendidikan Nasional.2010. Panduan TeknisEvaluasi Diri Sekolah dan Madrasah (EDS/M).Jakarta: KementerianPendidikan Nasional
Putra, Sitiatava. Rizema. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Jogjakarta: DIVA Press
Widoyoko, Eko. Putro. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

















Artikel Terkait
123456789101112131415