Custom Search

2013-12-30

XL, INTERNET TERCEPAT!


Slogan “XL, Internet Tercepat bukan isapan jempol belaka. Performa koneksi layanan internet yang cepat, minim buffering, dan berbasis 3G benar-benar dapat dinikmati penulis ketika mengikuti uji jaringan (Drive Test) pada acara penutupan modernisasi jaringan XL di Kota Semarang. Rute uji jaringan dimulai dari Gumaya Hotel Tower melintasi titik-titik penting Kota Semarang antara lain Simpang Lima, Pasar Johar, Stasiun Kereta Tawang, Gereja Bleduk, Kantor Pos Besar Indonesia, Bunderan Tugu Muda dan kembali ke Gumaya Hotel Tower. Sepanjang perjalanan para peserta yang terdiri dari wartawan dan beberapa komunitas blogger Kota Semarang dimanjakan dengan kestabilan kecepatan koneksi layanan data XL yang dapat dilihat melalui rekam jaringan dan tampilan video youtube di layar TV bus. Bahkan disaat operator pembanding mulai menunjukkan tanda garis merah untuk batas paling rendah jaringan 3G dibeberapa tempat tertentu, jaringan XL masih tetap stabil dengan tanda garis hijau. Warna tertinggi indikator kecepatan jaringan setelah warna merah dan kuning. Hal ini membuktikan bahwa XL adalah layanan internet tercepat dan berkualitas.
Suasana saat drive test (Kok malah foto kursinya yang gede? *salah fokus. Hehehe)


Koneksi layanan data yang stabil dan cepat di Kota Semarang merupakan hasil dari modernisasi jaringan yang dilakukan XL sejak April hingga Desember 2013. Menurut Agus Simorangkir selaku Vice President Project Management Officer XL, modernisasi jaringan yang dilakukan mencakup perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimisasi jaringan. Penggantian perangkat dilakukan terhadap 750 RBS (Radio Base Station) 2G eksisting serta mengganti 1080 RBS 3G lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya. Sedangkan optimasi jaringan dilakukan melalui penerapan teknologi penggabungan beberapa perangkat RBS (Radio Base Station) menjadi satu atau dikenal dengan istilah ”Single RAN”. 
Penjelasan kekuatan sinyal XL di wilayah Kota Semarang
Secara sederhana RBS adalah stasiun pusat pengontrol jaringan sistem komunikasi mobile yang menerima dan mengirim sinyal. Fungsi RBS untuk memfasilitasi komunikasi antara peralatan pelanggan (hp, ipad, dll) dengan jaringan. Biasanya dalam satu operator RBS terdiri dari beragam kabinet yaitu untuk teknologi 2G, GSM, CDMA, 3G dan lain-lain. Sehingga seringkali membutuhkan ruangan yang besar. Kini dengan penerapan Single RANpihak operator tidak perlu lagi memusingkan untuk memperluas ruangan. Sebab teknologi-teknologi tersebut dapat digabungkan dalam satu kabinet. Selain dapat menghemat ruangan dan mempermudah pengoperasian, penerapan teknologi Single RANjuga dapat menghemat listrik hingga 70% dan memiliki banyak feature yang lebih canggih.
Pemotongan tumpeng sebagai simbol penutupan kegiatan modernisasi jaringan XL
Program modernisasi ini merupakan antisipasi pihak XL terhadap peningkatan akses layanan dari pelanggan. Terutama untuk layanan data, dimana kebutuhan utama pelanggan adalah pada kecepatan transfer data dan  sinyal yang stabil. Langkah modernisasi jaringan juga sebagai realisasi atas komitmen XL untuk menghadirkan layanan yang berkualitas bagi pelanggannya. Jadi, mari kita sambut “XL, Internet Tercepat!” bukan sekedar isapan jempol belaka.
Artikel Terkait
123456789101112131415