Custom Search

2011-12-01

ANDA SUKA BEGADANG? BERHATI-HATILAH!


Adakah orang yang tidak pernah merasakan begadang? Hmm…mungkin sedikit sekali. Faktanya mayoritas dari kita pernah merasakan begadang. Begadang adalah berjaga tidak tidur sampai larut malam bahkan sampai pagi. Ada beberapa alasan yang sering digunakan untuk begadang antara lain profesi, pasangan yang memiliki bayi, atau tumpukan pekerjaan yang menghampiri tenggat deadline.
Profesi petugas keamanan dan petugas kesehatan merupakan profesi yang memang membutuhkan jam kerja 24 jam dengan pembagian tugas bergantian. Kegiatan lain yang juga membutuhkan tenaga ekstra untuk begadang adalah adanya bayi. Seringkali pasangan yang baru dikaruniai anak pertama merasa kerepotan dengan jam bangun bayi yang tidak menentu. Pagi, siang, sore bahkan tengah malam seorang bayi bisa menangis. Baik karena lapar, buang air, atau cuaca yang kepanasan. Begadang juga sering dilakukan orang-orang yang memiliki tumpukan pekerjaan atau tugas dengan waktu yang sempit. Agar bisa selesai tepat waktu, begadang adalah salah satu solusi selain meminta bantuan orang lain.

Selain alasan di atas, ada juga yang begadang hanya untuk sekedar kongkow-kongkow, ngobrol, nonton TV atau main game. Kalau untuk alasan ini, kita harus ingat  lagu “Begadang Jangan Begadang” -nya Rhoma Irama. Jangan begadang jika tak ada artinya. Bukan tanpa alasan Rhoma Irama mengingatkan kita, sebab begadang bisa mengacaukan proses ekskresi dalam tubuh. Berikut jadwal proses ekskresi dalam tubuh.
Jam
Keterangan
21.00-23.00
Masa pembuangan zat tidak berguna di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening).
Selama durasi waktu ini disarankan dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik.
23.00-01.00
Masa untuk proses detoksifikasi di bagian hati.
Disarankan dalam keadaan tertidur pulas sehingga proses detoksifikasi berjalan lancar.
01.00-03.00
Proses detoksinasi di bagian empedu.
Disarankan juga berlangsung dalam kondisi tidur
03.00-05.00
Proses detoksifikasi di bagian paru-paru.
Inilah penyebab penderita batuk akan mengalami batuk hebat saat dini hari. Karena proses pembersihan kotoran telah mencapai saluran pernafasan. Agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran secara alami, penderita disarankan tidak perlu minum obat batuk saat proses ini.
24.00-04.00
Sumsum tulang belakang memproduksi darah
05.00-07.00
Pembersihan di bagian usus besar.
Disarankan untuk buang air.

Jika pada jam-jam di atas tubuh masih terjaga dan beraktifitas, maka proses detoksifikasi tak akan berjalan sempurna. Kerja hati dan empedu pun akan semakin berat sehingga dapat menyebabkan stamina tubuh menurun.
Salah satu penelitian yang dipublikasikan dalam The Lancet Oncology juga menyatakan begadang bisa memacu kanker. Seorang ahli kanker, Steve Richards melakukan penelitian yang berlangsung dari tahun 1987. Richards menunjukkan korelasi antara kerja malam dan kemungkinan menderita kanker. Orang yang memiliki jam kerja malam hingga pagi hari memiliki ketidakseimbangan hormon. Hal ini mempengaruhi sistem keseimbangan tubuh. Terutama pada perkembangan sel-sel rusak yang seharusnya dihancurkan oleh sel imun.
Pada jam kerja pagi-sore, siklus metabolisme dalam tubuh meningkat pada pagi hari dan terus menurun pada malam hari. Saat memaksakan untuk terjaga di malam hari, tubuh akan memompa darah sebanyak mungkin dan mendorong sistem imun untuk meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh seperti sel T dan CD4.  Bila hal ini menjadi kebiasaan, siklus tubuh yang diatur oleh jam biologis otak (circadian time clock) akan berubah dari default (pagi-sore) menjadi sore-pagi. Akibatnya kekebalan tubuh akan menurun di pagi hari, dimana bibit penyakit dan bahan-bahan karsinogenik bertebaran di udara akibat perubahan suhu dan angin. Jadi, masihkah anda suka begadang?


                                                                                                   -Qudsi, 011211, 00.20 AM-

Sumber :

Artikel Terkait
123456789101112131415